CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Viral Gigitan Bisa Ular Kobra Dapat Disembuhkan Dengan Bawang Merah, Benarkah?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dfa700365b24d536c10d795/viral-gigitan-bisa-ular-kobra-dapat-disembuhkan-dengan-bawang-merah-benarkah

Viral Gigitan Bisa Ular Kobra Dapat Disembuhkan Dengan Bawang Merah, Benarkah?

Viral Gigitan Bisa Ular Kobra Dapat Disembuhkan Dengan Bawang Merah, Benarkah?

Sejumlah daerah di Indonesia pada awal musim penghujan ini dihebohkan dengan banyaknya penemuan anakan ular kobra yang tentu saja menimbulkan keresahan bagi warga, karena seperti yang diketahui ular kobra walaupun masih berupa anakan sudah memiliki bisa yang juga mematikan bila orang yang terkena bisanya tidak segera ditangani dengan benar.

Ramai tentang pemberitaan penemuan ular kobra ini diikuti juga dengan ramainya postingan di media sosial tentang bagaimana cara penanganannya, termasuk juga tentang bagaimana cara menangani orang yang terkena gigitan bisa ular kobra secara medis maupun non medis atau tradisional.

Menggunakan bawang merah untuk mengobati orang yang terkena bisa ular kobra menjadi viral setelah seseorang melalui postingannya di Facebook mengatakan bahwa bawang merah beserta kulitnya yang dikunyah sampai halus kemudian ditempelkan pada bekas luka gigitan ular kobra akan bisa membuat bengkak akibat gigitan itu menjadi kempes. Orang tersebut juga mengatakan bahwa ini adalah berdasar dari pengalaman pribadinya.

Viral Gigitan Bisa Ular Kobra Dapat Disembuhkan Dengan Bawang Merah, Benarkah?

Menanggapi hal ini kepada kompas.com Ahli Toksonologi dan Bisa Ular, Dr. dr. Tri Maharani, M.Si.SE.SP.EM mengatakan bahwa postingan tersebut adalah hoax. Beliau menghimbau agar masyarakat tidak menggunakan cara seperti itu ataupun pergi ke dukun. Jangan pula mengeluarkan darah, menghisap atau menyedot racun ular, memijat, mengikat dan menggunakan obat herbal pada bekas gigitan ular. Bahaya!

Langkah yang paling benar adalah segera ke tempat pelayanan kesehatan terdekat untuk medapatkan tindakan medis. Korban gigitan ular untuk pertolongan pertama sebelum mendapat perawatan medis diharapkan untuk tenang dan tidak banyak bergerak guna mencegah penyebaran bisa di dalam tubuh atau bisa juga dengan memasang bidai di area gigitan ular sebagai antisipasi pergerakan.

Viral Gigitan Bisa Ular Kobra Dapat Disembuhkan Dengan Bawang Merah, Benarkah?

Well musim penghujan begini memang waktu yang ideal buat telur-telur ular kobra itu menetas karena telur ular membutuhkan suhu yang lembab beda halnya dengan telur ayam yang harus hangat. Waspada saja dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan seluruh area tempat tinggal kita masing-masing. Bila menemukan ular kobra ataupun telurnya kalau tidak paham segera hubungi ahlinya atau Damkar di nomor 113 atau 1131.

Sekali lagi mohon diingat apabila kita apes terkena gigitan bisa ular kobra ataupun melihat orang lain yang terkena segera larikan ke tempat pelayanan kesehatan terdekat dengan pertolongan pertama seperti yang sudah disampaikan di atas.
•••

Kalau agan dan sista punya pendapat lain silahkan dibagikan pada kolom komentar. Mohon maaf dan dikoreksi apabila ada kesalahan.

Terimakasih.



Sumber ini
Gambar 1 2 3
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adjesent dan 27 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6
reserved
profile-picture
Surobledhek746 memberi reputasi
Pengunggah videonya harus diproses hukum.
emoticon-Ngamuk
Menyebarkan informasi salah yang bisa membahayakan nyawa orang lain.
emoticon-Ngamuk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sagutumbuk dan 11 lainnya memberi reputasi
Bawang merah emang gitu sih, jahat. beda dwngan bawang putih yang baik hati
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eghy dan 5 lainnya memberi reputasi
Kalau yg dimaksud si pengunggah itu bawang putih, gue masih sedikit percaya, cause B` putih, mmg terkenal sebagai anti virus - anti bakteri - anti oksidan - anti jamur, dll sbg, 2 kandungan senyawa sulfur dlm B` putih mmg GG sangat, tapi sampai detik ini belum terdengar tu B` putih atau B` merah sebagai anti toksin. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riezazura dan 4 lainnya memberi reputasi
digigit hewan berbisa ada obatnya
didgigit nganu gak ada obatnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sagutumbuk dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:

Mungkim just sharing maksudnya itu, tapi ga tau lah gan emoticon-Belo

Quote:

Lu kate dongeng bre emoticon-Big Grin

Quote:

B putih emang bisaan gan, dulu banget nih bawang juga dipercaya bisa ngilangin merah merah dileher emoticon-Big Grinemoticon-Malu

Quote:

Nganu itu tolong di teranselet donk...emoticon-Malu
Kata si panji
Kalau mau kobra ga masuk rumah, pelihara kucing
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
bisanya tetep beredar didarah.. biar bisanya ilang, sedot semua darahnya saring, bis gitu alirin lg darahnya, terbukti koq... mokat orangnya...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riezazura dan 6 lainnya memberi reputasi
Quote:

Wah boleh di coba tuh
Quote:

Mbelll.... emoticon-Blue Guy Bata (L): emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
profile-picture
meooong memberi reputasi
uler pada masuk pemukiman warga ini karena ekosistemnya sudah ga bener. salah siapa nih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
manusia sendiri sedari kecil sudah memelihara ular di tubuhnya,semasa kecil ular ini sangat imut dan tidak berbisa,semakin besar ular ini semakin susah dikontrol,mengembang di pagi hari dan kuncup di siang hari .
profile-picture
profile-picture
profile-picture
keenandra2910 dan 4 lainnya memberi reputasi
Quote:


Semua manusia kah gan? emoticon-Belo
profile-picture
kolollolok memberi reputasi
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Disedot sebetulnya bisa untuk pertolongan pertama,
tapi pakai alat.

Itu pun bukan di bekas gigitannya. Tapi bikin sayatan baru, darah dari sayatan itu yang disedot.


emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
keenandra2910 dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Wah bisa gitu juga ya gan, ada pengalaman kah? emoticon-Smilie
profile-picture
kolollolok memberi reputasi
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Quote:

Pengalaman nonton panci sang petualang di yutub
emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan I.W.a.K memberi reputasi
Quote:


Hahay... Oke oke, intinya kalo ga paham lebih baik langsung kasi ke medis emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan eja2112 memberi reputasi
Quote:


Tidak semua gan karrna ada juga manusia yg memelihara kerang di tubuhnya

Ular suka tinggal di goa semvit yg gelap,air sedikit,banyak rumputnya .
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan I.W.a.K memberi reputasi
Quote:


Jadi ini ilmu baru ya gan emoticon-Ngakak
profile-picture
kolollolok memberi reputasi
bawang merah banyak manfaatnya
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan I.W.a.K memberi reputasi
Quote:


Contohnya?
profile-picture
MrJeffBezos memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di