CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Punya Cara lain, Anies Sebut Normalisasi Tak Efektif Atasi Banjir Jakarta
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5df9d507f0bdb204245d9166/punya-cara-lain-anies-sebut-normalisasi-tak-efektif-atasi-banjir-jakarta

Punya Cara lain, Anies Sebut Normalisasi Tak Efektif Atasi Banjir Jakarta

Punya Cara lain, Anies Sebut Normalisasi Tak Efektif Atasi Banjir JakartaAnies mengecek pintu air di Jakarta. (Instagram Anies Baswedan)

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menilai program normalisasi Sungai Ciliwung tidak efektif mengatasi banjir. Sebab, dia menemukan wilayah yang sudah dilakukan normalisasi sungai tetap banjir.

"Lihat beberapa bulan yang lalu kawasan Kampung Melayu banjir, padahal di situ sudah dilakukan normalisasi. Dan justru banjirnya di kawasan yang sudah terjadi normalisasi. Kan kalau logikanya, di tempat yang sudah ada normalisasi, harusnya tidak banjir," ucap Anies kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (15/10/2019).

Bagi Anies, masalah bukan di bagian hilir sungai, melainkan di bagian hulu. Untuk itu, penanganan lebih baik dilakukan di bagian hulu.

"Kenapa masih terjadi banjir? Karena masalahnya volume air yang dari hulu itu tidak dikendalikan," kata Anies.

Bagi Anies, ada masalah di bagian hilir yang sulit diubah. Salah satu sebabnya, permukaan tanah Jakarta lebih rendah dari permukaan air laut.

"Jadi membiarkan air dari hulu datang ke kota secepatnya dikirim ke pesisir, akan bertemu dengan permukaan air laut yang lebih tinggi. Karena itu, strategi yang harus kita dorong lebih jauh adalah membangun kolam-kolam retensi di hulu. Sehingga volume air yang masuk ke Jakarta itu terkendali," kata Anies.

Anies sadar penanganan hulu tidak bisa dilakukan sendiri oleh Pemprov DKI Jakarta. Anies meminta bantuan dari pemerintah pusat, khususnya Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya berbicara juga dengan Pak Menteri PUPR, bahkan beberapa hari yang lalu dengan Bapak Presiden juga, soal percepatan bendungan-bendungan dibangun di hulu," kata Anies.

Anies berkeyakinan apa pun usaha mengatasi banjir di hilir akan percuma jika tak ada upaya penanganan di hulu. Anies pun berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane (BBWSCC).


"Karena apa pun yang kita kerjakan di hilir, apalagi dengan ada permukaan air laut yang tinggi, kecepatan air yang tinggi dengan volume besar tidak mungkin bisa dipompa dengan cepat sampai ke laut. Jadi kita dorong ke sana. Itu yang sedang kita lakukan, jangka panjangnya begitu. Dan kita bicara dengan BBWSCC untuk membereskan itu," kata Anies.

Meski begitu, Anies tidak meninggalkan pengelolaan di hilir, seperti normalisasi Ciliwung. Dia tetap akan melanjutkan program sodetan Ciliwung di Bidara Cina, Jakarta Timur.

"Sodetan di Bidara Cina, itu alhamdulillah kami tidak teruskan banding. Kemudian PUPR juga tidak teruskan banding. Tujuannya untuk mempercepat itu bisa dieksekusi agar air tidak masuk ke sisi hilir di Jakarta yang selebar apapun sungainya, akan sulit menampung volume air sebesar itu," kata Anies.


source : https://news.detik.com/berita/d-4747...AqqVEALw_wcB 

kalo ke pemerintah pusat masih banjir juga....tinggal nyalahin pemerintah pusat ya wan...??
pemikiran ente supeer sekali wan...

ada satu cara lagi wan buat menangkal banjir..
yaitu membangun waduk..

dimana waduknya??
ya di DKI JAKARTA itu sendiri ya wan...

emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 5 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Taek lah kbnyakan ngmong, kerja kagak
profile-picture
profile-picture
ekaputra19 dan simsol... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Itu kan klo banjir dari air hasil kiriman dari wilayah hulu emoticon-Cape d... (S)

Beda lagi klo lokasi hujannya sendiri di wilayah hilir
Trus wilayah hilir g bisa menampung air hujan emoticon-Ngacir Tubrukan
profile-picture
profile-picture
ekaputra19 dan simsol... memberi reputasi
lebih efektif doa lah.

kalau tidak banjir maka terbukti dikabulkan.
kalau banjir ya artinya sedang dicoba, mungkin juga akibat kafirun mengadakan acara maksiat semacam dwp.

doa itu win-win solution untuk jakartanistan nan relijies dan ramah kaum beragama.emoticon-Big Grin

yang tidak setuju = kafir ateis wahyudi glodok aseng asing asung asong remason iluminasi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Mirana11 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Kampung melayu setelah normalisasi emg masih banjir, cuma ngga separah dulu.


Minimal ada usaha.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ekaputra19 dan 2 lainnya memberi reputasi
Kan ahli tata kata toh, tinggal ganti aja nama daerah yg dipimpinnyanya jadi Waduk, maka banjir lgs hilang dalam sekejap.. Wajar toh waduk diisi air?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ekaputra19 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh RyoEdogawa
Anies memang over smart.
profile-picture
simsol... memberi reputasi
ya ngapain di pompa kelaut? masukkin ke tanah.
Balasan post bodico
ya menurur mantan gubernur tetangga kalau kemarau kan gak banjir lagi doa saja kemarau dipercepat ...
profile-picture
ekaputra19 memberi reputasi
Quote:


ya sesuai janjinya, dia siapkan kolamnya se DKI
profile-picture
ekaputra19 memberi reputasi
lho katanya naturalisasi?? kok balik lagi jadi normalisasi??
profile-picture
profile-picture
ekaputra19 dan .Orenji. memberi reputasi
jaman ahok juga kaya gitu kok...
tapi ahok gak kentara minta bantuan ke pusat.
dia pasang badan walaupun pusat yang ngerjain.

tapi otak nya juga jalan,

dia urusin masalah tanggul utara, lalu lintas air dan buka tutup pintu air. itu sangat membantu mendistribusi air. sampe dia sendiri yg ngajarin kepala kepala dinas tata air buat ngatur pintu air pas jakarta barat kebanjiran.

kemudian begitu rusun jadi langsung action gusur kampung pulo. pasang turap, bikin sodetan ke BKT, yang sayangnya di sengketakan sehingga proses terhambat.

kemudian dia nanya kota satelit, mau duit berapa dihibahkan buat bikin waduk dll.

kalo anis kayaknya masih jauh biar kaya ahok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ditonathan dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Anjir... Lihat foto Anies dipinggir pintu air jadi berasa dosa ane... Ane langsung mikir kenapa gak jatuh kelelep aja itu orang pas berdiri disitu...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rickygemblong dan 6 lainnya memberi reputasi
belom sampai puncaknya musim hujan sudah cari alasan(kesan nya siap2 banjir)..

apakah ini pertanda pemda DKI sudah menyerah mencegah datang nya banjir pada saat januari sampai febuari nanti?

hopeless kyknya...

bener kata gabener,warga banyak-banyak doa deh...kali ini cuma Tuhan yang bisa tolong kyknya...
profile-picture
profile-picture
ekaputra19 dan servesiwi memberi reputasi
Segera nyatakan Jkt adalah WADUK bukan KOTA emoticon-Wakaka
so no protes disini emoticon-Wakaka


musim ujan banjir, ya sesuai fungsinya emoticon-Wakaka
waduk
profile-picture
profile-picture
ekaputra19 dan servesiwi memberi reputasi
Balasan post SyncMaster753
Quote:


Kalau BTP sih emang paham dia, meskipun gak 100% berhasil tapi setidaknya banjir berkurang dan persiapannya matang. Lah kalau Anies piye ? Gak paham gue cara pikirnya dia emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
ditonathan dan ekaputra19 memberi reputasi
caranya : banjirnya di nasehatin, tata kata
emoticon-Leh Uga
profile-picture
EnzoMan memberi reputasi
Air mengalir sampai jauh akhirnya ke laut... itu baru efektif
Udah normal bersihin juga bangsaat
normalisasi bukan sekali itu doang ndul. tetap harus dikeruk terus secara rutin. enak aja lu.
profile-picture
ekaputra19 memberi reputasi
Quote:


Ahok masih ada kerjanya
Anies masih banyak katanya.
profile-picture
profile-picture
synthesis13 dan ekaputra19 memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di