CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Nadiem Makarim Didukung Finlandia Untuk Menghapus Ujian Nasional
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5df90fc18d9b1778e32c739f/nadiem-makarim-didukung-finlandia-untuk-menghapus-ujian-nasional

Nadiem Makarim Didukung Finlandia Untuk Menghapus Ujian Nasional

Nadiem Makarim Didukung Finlandia Untuk Menghapus Ujian Nasional

Nadiem Makarim Didukung Finlandia Untuk Menghapus Ujian Nasional
Nadiem Makarim Didukung Finlandia Untuk Menghapus Ujian Nasional
Nadiem Makarim Didukung Finlandia Untuk Menghapus Ujian Nasional

Nadiem Makarim Didukung Finlandia Untuk Menghapus Ujian Nasional

Siapa yang tak kenal dengan negara bernama Finlandia? Dahulu, negara ini pernah menjadi negara yang sangat terkenal karena disinilah ponsel legendaris terlahir. Ya, dialah Nokia.

Negara Finlandia juga dinyatakan sebagai negara yang paling membuat warga negaranya bahagia. Bagaimana tidak? Sejak tahun 2017, setiap warga negaranya mendapatkan subsidi uang bulanan sebesar 560 Euro atau setara dengan 8,8 juta rupiah sebulan. Dan itupun saat ini akan ditingkatkan menjadi 12 juta per bulan!

Banyak hal yang membuat Finlandia bisa menjadi tolak ukur kemajuan sebuah negara atau sebuah bangsa. Dan salah satunya adalah bidang pendidikan.

Finlandia adalah negara terbaik di dunia yang mengelola pendidikan. Andai banyak yang dijadikan acuan untuk menentukan ranking pendidikan di dunia serta lembaga yang mengeluarkan hasil peringkat pendidikan, minimal Finlandia tak pernah bergeser dari 10 besar dunia. Lalu dimana posisi Indonesia? Jauh dibawah Hongkong, Singapura, Malaysia, bahkan Thailand.

Baru-baru ini Kementerian Pendidikan Indonesia melalui Menterinya yang terkenal dipanggil Mas Menteri, Nadiem Makarim, mengeluarkan kebijakan yang populer dimata seluruh siswa dan orangtua murid se Indonesia, namun tidak populer dimata sebagian orang, termasuk Jusuf Kalla, mantan Wakil Presiden Indonesia.

Ujian Nasional akan dihapus! Ya. Keputusan ini sudah final. Mulai tahun 2021, Indonesia menghapus Ujian Nasional dan akan diganti dengan format ujian baru, tapi wajahnya tak sama dengan Ujian Nasional (UN).

Nadiem Makarim Didukung Finlandia Untuk Menghapus Ujian Nasional

Nadiem Makarim nampaknya mendapat tugas berat dari Presiden Jokowi untuk membentuk wajah baru dunia pendidikan Indonesia menyambut revolusi industri 4.0.
Yang membuat bangga, seorang Nadiem Makarim ternyata bisa diterima oleh kalangan terpelajar Indonesia seperti Guru Besar, Dosen, baik itu Profesor ataupun Doktor. Mereka memberi support besar bagi Mas Menteri untuk mencari formula tepat membentuk dunia pendidikan yang baku. Bahkan PGRI mendukung penuh langkah Nadiem Makarim. Mereka menganggap bahwa UN membebani murid dan guru.

Kita harus tahun, bahwa untuk sebuah UN, pemerintah Indonesia harus mengeluarkan dana tidak kurang dari 500 milyar.

Mengingat besarnya dana tersebut, wajar jika ada sebagian pihak yang tidak setuju UN dihapus. Mungkin takut bisnisnya yang berhubungan dengan UN hilang dalam sekejap. Dan jika UN dihapus, maka hampir bisa dipastikan, lembaga-lembaga bimbingan belajar akan tutup buku, tak akan pernah lagi mengadakan kelas persiapan UN.

Kembali kepada Finlandia yang mendukung langkah Nadiem Makarim, disana tak ada yamg namanya ujian nasional. Siswa dibebaskan untuk belajar mengembangkan diri. Pemerintah Finlandia mengandalkan para guru mereka. Bagi Finladia, ujian-ujian yang membebani murid justru memberi efek buruk bagi murid. Mereka hanya akan fokus pada ujian yang akan mereka hadapi suatu saat sehingga mereka akan melupakan diri mereka sendiri untuk mengembangkan potensi masing-masing.

Yang jadi pertanyaan, seberapa mampu guru-guru di Indonesia membimbing para murid untuk mengembangkan potensi diri? Sebagaimana kita ketahui, masih terlalu banyak guru hanya terbatas sebagai pengajar, bukan pendidik. Padahal pengajar dan pendidik adalah 2 hal yang berbeda.

Nah, ditunggu saja langkah besar Mas Menteri. Dan hasil dari penghapusan UN ini pastinya tak akan busa cepat dirasakan, tetapi mungkin kita akan melihat wajah-wajah cerah para murid dari SD hingga SMA atau SMK, wajah yang sulit kita temui saat akan berlangsungnya UN hingga selesai.

Maju Terus Pendidikan Indonesia!

Nadiem Makarim Didukung Finlandia Untuk Menghapus Ujian Nasional
Isi thread disusun oleh TS.
Sumber :
disini
Semua gambar diambil dari Google, milik pihak ketiga.
Nadiem Makarim Didukung Finlandia Untuk Menghapus Ujian Nasional
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan 35 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh i.am.legend.
Halaman 1 dari 9
de bes education country in the world

emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mulivw dan 6 lainnya memberi reputasi
finland emoticon-Cool
profile-picture
tikusil memberi reputasi
Dengan kebijakan baru yg dibuat mas Menteri, kualitas pendidikan Indonesia mudah2n lebih bagus lg... Jadi bisa berlanjut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh feliia
Finlandia, sekolah cuman 5 jam, tanpa PR dan UN, negaranya maju.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
tiru aja finlandia maju koq pendidikan disana
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rocus777 dan 4 lainnya memberi reputasi
Indonesia kok dibandingin sama finlan.
Disana pendidikan agama gak penting.
Cuma sebatas sejarah dan mitologi.
Disini, agama bisa diatas segalanya.
Hapus UN bisa aja, tapi ga menjamin pendidikan indonesia bakal spt finlan.
Bukan merendahkan, tapi mental kita masih banyak yg begitu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan 29 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
apakah bisa disebut antek asing ya akhi emoticon-Maaf Agan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
mampus... ngerih kali bekingan nya 😂
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 3 lainnya memberi reputasi
Good luck mas menteri untuk terobosan terbarukannya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Quote:


Ga bisa lah, indonesia mental tempe, makin kemari makin oarah kalo ane liat, cth kecil aja, ane pernah liat salah satu sekolahan di jkt pusat, begitu bubaran sekolah tuh anak2 pada ngerokok di dpn sekolahan masih pake baju seragam, gurunya cuek bebek, mau maju?? Mimpi !!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan 14 lainnya memberi reputasi
kong gua comment ya ...
kudu di bales ...

1. mau hapus atau gak tetep aja tiap ganti menteri ganti proyek

2. secara ga sadar kasian sekolah-sekolah yang di siapkan buat uanbk akhirnya cuma di pakai 2 tahun

3. emang uan bukan standard ideal menentukan kemampuan seorang siswa. tapi itu sebuah gol dan achievement setiap sekolah dalam menentukan kualitas sekolah selain olimpiade dan lomba

4. uan terlalu menuntut enggak sih tapi skema belajar dari sekolah indonesia yang terlalu banyak. dan terlalu banyak perubahan yang membuat tenaga pengajar akhirnya bingung harusnya jangan sistemnya dirubah dulu tapi tenaga pengajarnya di beri penyuluhan dan beberapa tahun kemudian ketika tenaganya siap baru dirubah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
boyotelo dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Quote:


Anak ngerokok salahnya dimana ?
profile-picture
profile-picture
cloudstrife1987 dan kolollolok memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Mantull.. emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rheirhei dan 4 lainnya memberi reputasi
Quote:


Salahnya dilakukan di lingkungan sekolah, dan ada guru yg liat tapi tidak ditindak, ini uda mencerminkan guru ga peduli sama muridnya, gimana mau ubah sistem pendidikan, hal sepele aja ga bisa diterapin kok, udah jelas kan dilarang merokok di tempat umum, ini berlaku untuk semua masyarakat indo, cuman emang dasar manusianya yg ga mau berubah, bnyk kalo mau di jabarin mah, kelakuan bangsa ini yg bikin geleng2 kepala, ini ane cuma sebut yg sehari2 ketemu di jalanan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raafirastania26 dan 13 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Zenkitto
bila tidak dihapus, kita ditimpuki ponsel N***a segede gaban emoticon-Mad

eh bukan begitu ya emoticon-Peace
profile-picture
kolollolok memberi reputasi
Diubah oleh EnzoMan
Semoga berhasil mas menteri emoticon-Recommended Seller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:




Iya makanya, di indo mah agama di atas segalanya, wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
klo UN dihapus yg paling diuntungkan tentu saja bibit² kadrun...pasti suka bgt, biar gobloknya tetep murni.
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
boyotelo dan 4 lainnya memberi reputasi
td malam seru beut d mata najwa denger anggota dewan dari gerindaemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 3 lainnya memberi reputasi
dasar antek asiinngg!!!.













emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
Halaman 1 dari 9


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di