CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Menyikapi Teror Ular Kobra Yang Sedang Viral
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5df7ce3928c991213224c330/menyikapi-teror-ular-kobra-yang-sedang-viral

Menyikapi Teror Ular Kobra Yang Sedang Viral

Menyikapi teror ular kobra yang kini sedang viral, takut gak sih? sebagai manusia normal, tabiat rasa takut pasti ada.

Kita lihat di berita-berita banyak lokasi yang mengalami 'serangan' didatangi Ular Kobra (Naja sputatrix), padahal ya naluri alami mereka itu gak akan menyerang, kecuali ular itu merasa terganggu, memang mekanisme pertahanan diri pada ular begitu, manusia juga kan, kalau diganggu spontan akan melawan?

Menyikapi Teror Ular Kobra Yang Sedang Viral
coba tebak, di gambar ini di mana berada ular kobra-nya? emoticon-thumbsup


Kenapa bisa terjadi penyebaran ular kobra secara masif sekarang ini, coba kita telaah sebentar sebab-sebabnya,

Quote:


Quote:


Quote:


Solusi

Bila seperti itu kenyataannya, lalu solusinya seperti apa?
Maka mau tidak mau kita manusia harus sebisa mungkin mengembalikan keseimbangan alam, karena bila ketidakseimbangan ini terus berlanjut, atau bahkan semakin parah, yang terjadi adalah kerusakan alam yang sering disebut sebagai Bencana Ekologi, apapula itu? Baca lagi tulisan ini dari atas sampai selesai baru setelah itu tulis di kolom komentar emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
niti.chan dan 14 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7
buat komen terbaik
profile-picture
zhipy2000 memberi reputasi
Mangkanya jangan di
Rusak habitatnya utk dijadikan pemukiman
Begitu Kobra kembali mk ga heran terjadilah
Konflik antara ular dengan manusia



emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
kuroi2325 dan astayuningrum memberi reputasi
kalo dpt kobra tangkap aja trus jual ke tukang emoticon-Big Grin
profile-picture
RHnd memberi reputasi
Lihat 1 balasan
iya harusnya kan kalo nemu ular dikembalikan ke tempatnya, tapi kebanyakan orang udah keburu parno duluan si, apalagi kalo ular kobra
Lihat 2 balasan
Ngeri juga sih..
Apalagi tempat tinggal ane banyak rumput tinggi2..


emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan fauziiaraxii memberi reputasi
bener bgt, saat keseimbangan rantai makanan hilang satu, abis lah.
bakal ada invansi.
emoticon-Ngakak
profile-picture
kolollolok memberi reputasi
Quote:


ular juga sebenernya gak cari masalah, dia cari makan seperti tikus dll
hanya saja manusia nya yang tidak bisa adil menilainya emoticon-Nohope
profile-picture
kolollolok memberi reputasi
Quote:


berani gak nangkapnya? emoticon-Big Grin
profile-picture
kolollolok memberi reputasi
bunuh. sebelum mereka bunuh manusia. Mereka itu pembunuh senyap.
Kecuali anda tinggal di deket hutan belantara. bisa lah dikembalikan ke habitat nya. Selama tinggal di kawasan perumahan, ngebuang ular ke kebon kosong hanya akan menimbulkan korban dari keluarga manusia lain nya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kokoburo dan 2 lainnya memberi reputasi
Balasan post ayokitakemanaa
Quote:


karena telah ditanamkan dalam mindset kita, kalau ketemu ular apapun itu, bunuh.
jadi ya, begitu deh, ketika ular langka, rantai makanan terganggu
profile-picture
banggreng memberi reputasi
Quote:


bersihin rumput-rumputnya
biar gak jadi sarang ular emoticon-Big Grin
Quote:


tempatmu udah ada kasus kobra masuk rumah gak?
Quote:


haruskah hanya dengan cara dibunuh?
tidak ada cara lain?
Quote:


Sekarang posisi ular udah jadi hama bre. Populasi nya akan sangat susah dikendalikan.
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post langkasenenge
Quote:


rumahmu atau kampungmu pernah diserang ular sebanyak di berita itu?
wah bahaya nih

Update

Resume edukasi tentang ular - 15 des 2019

Narasumber: Elang Erwandi ( dari KCD -Komunitas Ciliwung Depok)

Ular

- Pada prinsipnya tidak mengganggu manusia.
- Ular sebenarnya takut pada manusia
- Ular tidak mengejar
- Ular semakin banyak muncul di perumahan/pabrik karena habitat mereka sudah makin sedikit. Predator ular juga semakin sedikit. Apa predator ular? Elang, burung hantu, biawak, garangan.

- Dimana ada tikus biasanya ada ular. Karena itu bagian dari rantai makanan. Ular mencium dimana ada tikus makanya muncul.

- bulan Nov,des,jan adalah siklus ular menetas. Sekarang musim hujan, jadi sarang ular terlalu basah, ular juga tidak suka. Makanya banyak muncul ke permukaan.

- Ular suka di tempat yang lembab, banyak tumpukan barang. Mau tumpukan apapun ular suka. Kayu, ranting, kardus, seng,kain,dst.

- Ular bisa menjalar lewat ranting pohon, atau dinding rumah yg masih kasar.

- Ular berbisa tinggi cirinya jika terkena darah yang keluar sedikit tapi mematikan. Ular yang tidak berbisa,bekas gigitan mengeluarkan darah banyak.

- Ular TIDAK TAKUT pada garam / kapur ajaib / kamper.
Tapi ular tidak suka dengan BAU BAYGON/ HIT dan Ular Tidak suka melewati permukaan yang kasar seperti IJUK karena akan menyakiti kulitnya.

- Ciri ada sarang ular: ditemukan bekas sisik ular. Karena ular sekali sebulan berganti kulit / kotoran ular ( kotoran hitam padat, atau kotoran putih encer seperti kotoran burung).

- Ular suka masuk lewat lubang tikus.

- Ular Tidak takut pada suara apapun.ULAR AKAN BERGERAK KETIKA KITA BERGERAK.

- Ular berbisa keluar kapan saja ;siang dan malam.

Kalau ular tidak berbisa tinggi, biasanya keluar di sore hari mulai jam 3 sore , dan sehabis magrib.

- Jika berkemah, jangan pasang tenda di dekat tumpukan batu. Sisa makanan atau bungkus makanan,jangan ditumpuk dibiarkan karena mengundang ular untuk datang.

- Apakah api unggu bisa mencegah ular datang? Bisa ya,bisa tidak. Karena jika suhu dingin,ular malah.mencari api untuk menghangatkan diri.karena ular berdarah dingin.

🐉 Bila ketemu ular,harus apa?

1. TIDAK MELAKUKAN GERAKAN APAPUN.DIAM. Boleh berteriak, tapi sambil berdiri seperti patung.

2. AMATI KEMANA ULAR PERGI.

' Ular tidak akan mengejar. Yang penting kita diam tidak bergerak.

3. Ketika ular mulai kabur, segera hubungi satpam/ penangkap ular ( contohnya KCD).

4. Jika berani, ambil ember, lalu tutup pelan pelan si ular. Dari arah kepalanya. Pelan pelan supaya ular tidak mendetect gerakan cepat.

YANG DILAKUKAN KETIKA TERKENA GIGITAN ular kobra.

Gigitan ular kobra tidak mengeluarkan darah banyak. Tapi sensasi rasa nya terbakar,panas.

1. Posisikan bagian yg kena gigitan lebih rendah dari posisi jantung.

Misal tangan yg terkena, maka tangan arahkan turun ke bawah.

2. Bebat ( seperti orang patah tulang), kalo tidak bisa,minimal ikat tidak terlalu kencang, bagian di dekat gigitan, supaya bisa tidak beredar cepat.

4. Pastikan pasien minum air putih, susu,madu yang banyak. JANGAN SAMPAI TIDUR. Tetap harus terjaga.

5. Bisa ular bisa memancar dari jarak 2 m. Jika terkena mata,jangan dikucek,tapi basuh diair keran mengalir. Karena bisa ular.dalam.hitungan detik bisa mengkristal.

# jika ular tidak berbisa,
1. Basuh gigitan ular di air mengalir

2. Hentikan pendarahan. Misal dengan daun pisang yang dikunyah.

3. Beri minum air putih yang banyak/ susu/ madu.

4 Tetap terjaga.
5. Bawa ke RS.

Jadi, Apa yang harus dilakukan untuk mencegah?

1. Bersihkan rumah dan lingkungan dari tumpukan tumpukan.

2. Tutup lubang lubang tikus. ( lebih baik jika lubang ditelusuri lalu ditutup dari hulu nya, karena tikus suka membuat lubang yang bercabang banyak).

3. Tutup lubang air, lubang selokan, lubang kamar mandi dengan kawat baja ( jangan yang aluminium karena bs dijebol tikus), atau penutup baja model knop ( yang seperti mangkok terbalik di bawahnya).

4. Potong dahan dahan pohon. Jangan sampai menyentuh plafon
Karena ada kejadian ular menjalar,dan tinggal di atas plafon
Ketauannya ketika plafon itu runtuh karena menahan ular yang makin berat.

5. Beri bagian pintu rumah depan dan belakang dengan keset ijuk/ keset plastik yang kasar ( yang ada tulisan welcome atau sejenisnya).

6. Beri tali ijuk pada pinggir bawah jendela jendela (tali ijuk yg biasa untuk menanam anggrek di pohon),

7. Sediakan semprotan nyamuk untuk: mengetes ada ular atau ga di sudut rumah/ gudang sebelum membongkar barang, dan untuk mengusir ular.

8. Siap sedia ember untuk penutup ular.

9. Berdoa yang pasti. Semoga kita dijauhkan dari hal yang berbahaya.

Oiya kelupaan:
Biawak suka makan anak ular.
Biawak tidak menggigit. Tidak berbahaya untuk manusia.
Jadi,kalo ada biawak, jangan dibunuh..karena membantu untuk menjaga dari ular.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
han79ers dan 13 lainnya memberi reputasi
Kudu menggiatkan lagi kegiatan bersih bersih di lingkungan sekitar nih emoticon-Ngacir
profile-picture
heane memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post ayokitakemanaa
Macam bapak ane, main bunuh aja dah kalau ama ular
profile-picture
kolollolok memberi reputasi
King kobra dan kobra kasih sekali taksonominya. Tidak ada dekat ternyata kekerabatannya
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di