CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Viral, Sopir Ambulans Menangis Karena Tidak Diberi Jalan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5df73bff337f93107d6489c5/viral-sopir-ambulans-menangis-karena-tidak-diberi-jalan

Viral, Sopir Ambulans Menangis Karena Tidak Diberi Jalan

Viral, Sopir Ambulans Menangis Karena Tidak Diberi Jalan


Quote:


Jakarta, IDN Times - Sikap tak acuh pengguna jalan saat mendengar suara sirene ambulans masih sering terjadi. Laju ambulans terkadang terpaksa berhenti, karena pengguna jalan lain tidak memberikan jalan.

Ternyata situasi tersebut membuat seorang sopir ambulans menangis, akibat terlambat mengantar pasien ke rumah sakit hingga pasien tersebut meninggal dunia dalam perjalanan.

1. Curhat sopir ambulans yang menangis viral di media sosial
Curahan hati sang sopir ambulans yang tidak diketahui namanya tersebut viral, setelah pemilik akun Facebook bernama Yuri Novianto mengunggah percakapan seorang sopir ambulans di grup Apa Kabar Tuban pada 7 Desember lalu.

Dalam unggahan tangkapan layar itu tertulis ungkapan seorang sopir ambulans yang tengah menangis saat membawa pasien gawat menuju rumah sakit.

2. Pengendara tidak memberi jalan sampai pasien meninggal dunia
Dalam bahasa Indonesia bercampur bahasa Jawa, sopir ambulans itu menceritakan saat membawa pasien sudah menyalakan sirene ambulans, namun pengendara di depannya tak memberikan jalan. Pasien akhirnya meninggal dunia sebelum sampai IGD.

"Curhat sitik... dino iki aku nangis gowo pasien gawat. Sirene ambulans ku nyala. Tapi pengendara di depan ku tidak mau buka jalan dan akhirnya sebelum sampai IGD meninggal," ungkap sang sang sopir.

3. Sopir ambulans mengkritik pengendara yang lebih mudah membuka jalan untuk kendaraan polisi
Sopir tersebut merasa kecewa dan bertanya mengapa pengguna jalan kerap mendengar sirene ambulans tidak memberi jalan, namun bila mereka mendengar sirene polisi segera membuka jalan.

"Np, y pengendara entah motor/mobil kalau denger sirine ambulan malah gak langsung minggir, tapi klo sirine polisi langsung minggir #curhatsitik, atine rodok gonduk alias jengkel," tulis sopir itu.

4. Kesadaran pengendara masih kurang untuk memberikan jalan pada ambulans
Sementara, akun Yuri Novianto menuliskan caption yang berharap pengguna jalan bisa membuka mata dan memberikan jalan pada ambulans. Menurut dia kesadaran masyarakat pada masalah ini masih kurang.

"Nyoh.......
Iki lho curhate driver ambulance.......
Ben podo melek kbeh matane......
Bantu buka jalan kanggo ambulance ditilang.... Kesadaran masyarakat wae jih kurang.....
Kudune matur nuwun wis ono relawan....
GRATIS bantuan buka jalur ambulance dri relawan..... Dan tidak birokratif," tulis Yuri.

5. Bayangkan jika hal tersebut menimpa keluarga kita
Unggahan tersebut pun menuai berbagai komentar dari warganet. Tidak sedikit yang mengakui masyarakat masih banyak belum sadar, untuk memberi jalan pada ambulans yang membawa pasien.

Seperti akun @damuri yang menulis komentar, "Aku setuju ats keluhan sopir ambulan kalo sirine nyala artinya darurat seharusnya pengendara lain sadar dong toh hidup kita ndak tau suatu saat ada yg bth ambulanc juga," kata dia.

Unggahan tersebut juga diamini pemilik akun Ronnyiman Syah, "Dan hanya di negara Indonesia yang warganya kurang toleransi sma ambulance," tulis dia di kolom komentar.

Ada juga pemilik akun bernama Irwan Suhadu yang meminta kesadaran pengguna jalan dan membayangkan jika hal tersebut menimpa keluarga kita.

"Orang kita itu egois..coba keluarganya yg gk mau minggir yg dibawa pak sopir ambulan..gmn perasaanya..lihat dong di luar negeri sana kl ada ambulan lewat semua kasih jalan.sabar geh pak sopir tugasmu sungguh mulia...," komentar dia.

Sementara pemilik akun Mamimimi berharap unggahan tersebut membuat pembaca sadar akan pentingnya memberikan jalan pada ambulans. "Kurang simpati di sekelilingnya semoga dengan kejadian ini org2 yg membaca tulisan bpknya sadar semua ?," tulis dia.

6. Ambulans kendaraan yang mendapat hak utama untuk didahulukan
Merujuk Pasal 134 dan 135 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) menyatakan, ada tujuh kendaraan yang mendapat hak utama untuk didahulukan di jalanan, yakni:

1. Kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas.
2. Ambulans yang mengangkut orang sakit, kendaraan untuk memberikan pertolongan pada kecelakaan lalu lintas.
3. Kendaraan pimpinan dan lembaga negara Republik Indonesia, salah satunya Presiden RI.
4. Kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing.
5. Kendaraan lembaga internasional yang menjadi tamu negara.
6. Iring-iringan pengantar jenazah.
7. Konvoi atau kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia.

SUMBER

Miris.
emoticon-norose
profile-picture
profile-picture
profile-picture
terranrex dan 44 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 13
kalau ane lebih baik segera menyingkir, daripada berisik di kuping emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adenya.torres dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Sama gan, kasih jalan.
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
biasanya denger sirine di belakang malah bikin org jd panik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
adenya.torres dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
ini kejadian dimana sih.

di tempat ane. bgtu denger suara ambulan langsung pada minggir kok malah smp supir angkot supir dump truk dan supir2 yg biasa ugal2an pasti minggir....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kucing.bingung dan 12 lainnya memberi reputasi
rasanya sih jarang yg dablek gak ngasi jalan, kebanyakannya emang krn jalanan berhenti krn macet

yg bikin panas tuh, banyak yg aji mumpung ngikutin ambulan di belakang supaya dapet jalan
ini yg bikin rusak citra ambulan, krn dianggapnya dikasi jalan malah bikin tambah macet

emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sendhaljepit dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
karena masyarakat sudah bosan dengan sirine. kalau mau selamatkan nyawa, cabut semua sirine & rotator mobil jenazah karena nggak ada urgensinya sampai cepat2 ke kuburan atau rumah duka, nggak mengubah apa2. jadi masyarakat tau kalau ada bunyi sirine maka itu pasti ambulans yang akan urusi orang sakit gawat darurat.
tapi ambulan pun harus disertifikasi untuk bisa pasang sirine & rotator, nggak sembarang orang bisa klaim kendaraannya adalah ambulan. harus ada peralatan memadai + SDM yang bertugas di dalamnya.
selain itu, bagusnya nggak ada lagi patwal, yang boleh pakai sirine cukup presiden/wapres aja + kepala negara yang sedang bertamu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
krammer dan 51 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
manusia negara berflower ga ngerti buat apa sirine mobil ambulans
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tutubiextension dan 3 lainnya memberi reputasi
ane rasa sih banyak yg kasi jalan ... cuman masalahnya itu kan macet terus gimana mau kasih jalan ?

klo di JKT itu kan infrastruktur ude jelas dipotong tapi kendaraan tumbuh pesat .... akhirnya macet dimana mana .... sering ambulan susah jalan walo ude nguing 2x .... kenapa ? wong didepan macet, trus kendaraan didepan harus nubrukin depannya ?

ada polkis jg percuma, bukan nya pas ada ambulan lsg turun tangan bantu ngebuka jalan, eh malah diem diem an mikirin tilang .... emoticon-DP

yah klo di jakarta lebih baik pakai helikopter, jujur ajah klo menurut ane itu memang yg tercepat .....

gubenur nya ajah ude motong jalan, tapi kendaraan makin tumbuh .... emoticon-DP
profile-picture
profile-picture
profile-picture
irfansaputra17 dan 13 lainnya memberi reputasi
karena ambulance keseringan bunyi tanpa ada pasien, makanya masy. antipati
profile-picture
profile-picture
profile-picture
irawan37 dan 19 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
turut prihatin... emoticon-Turut Berduka
Balasan post winehsuka
mungkin lagi menuju ke lokasi pasien berada. Ya harus cepat juga la.
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan fr4nk3nst3in memberi reputasi
kalo bawa orang sekarat gak masalah, malah kalo bisa dibantu nyisir jalan.

tapi kalo bawa iring2an jenazah; sorry to say, gak perlu arogan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
krammer dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Saya mah klo denger sirene dr jauh di belakang juga auto nepi, mau itu ambulan kek, pemadam kek, polis kek ato sirene mobil abal-abal OKB.
emoticon-Cool
Artinya pendengaran saya msh bagus, beda ama pengendara yg acuh telinganya bermasalah kali emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
keybrot dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
selama berpapasan dgn ambulance, sepenglihatan ane tuh sbnernya pd ngasih jalan koq, kecuali kl macet parah ya gmn bs kasih jalan juga.. kl ditol cukup bnyk space untuk minggir2, kl dijalan arteri yg bnyk motorndan sempit..? sulit sekali apalagi kl sdh bicara pertigaan atau perempatan..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 2 lainnya memberi reputasi
kalo tempat ane masih nyingkir kok. apalagi supir truk gandeng.
profile-picture
junnov memberi reputasi
Diubah oleh line.blue
harus ada poto jalanny juga sih
yang susah itu kalo macetnya stuck ga jalan, mau ambulance mau presiden juga tetep kagak bakalan bisa kasih jalan
Balasan post winehsuka
Ambulan pakai sirene, tapi kosong??...
Tetap Kita yg waras harus kasih prioritas buat lewat lebih dulu......
Krn banyak sekali kemungkinannya....mau jemput pasien, membawa kebutuhan media atau yg lainnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kucing.bingung dan 10 lainnya memberi reputasi
Balasan post winehsuka
kalo kosong, ya berarti jemput pasien. antipati kok sama ambulan, goblok tenan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 10 lainnya memberi reputasi
emang kacau orang jkt. dulu jelas2 mau masuk ke rs, eh masih aja ga mau kasih jalan. sekali ada yg mau ketabrak eh malah malangin jalan sambil ngomel2. emang ga pakai ambulan sih. tp itu jelas pintu masuk ke rs. parah bgt dah....
profile-picture
balineseryuu memberi reputasi
Halaman 1 dari 13


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di