CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Nasib Guru Honorer Tahun 2020
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5df4b7d09a972e349b1eb2f4/nasib-guru-honorer-tahun-2020

Nasib Guru Honorer Tahun 2020

Nasib Guru Honorer Tahun 2020

Dunia pendidikan tidak lepas dari yang namnya Guru, baik itu PNS atau Honorer. Pada hakikatnya guru bekerja mendidik generasi muda untuk kemajuan bangsa.

Namun dari tugas mendidik tersebut banyak kendala yang dihadapi oleh guru Honorer terutama masalah kesejahtraan/Gaji. Sekarang ini gaji guru honorer sangat jauh dari kata pantas. Karena tidak sebanding dengan tugas mereka sebagi pendidik untuk mencerdaskan anak bangsa.


Selama ini guru honoler hanya dibayar dengan alokasi dana Bantuan Oprasional Sekolah (BOS) yang di keluarkan oleh  pemerintah pusat. Dengan alokasi dana 30% dari total dana BOS di terima sekolah, itu lah yang di gunakan untuk mengaji para guru honorer tersebut.

Kalo di alokasikan sangat miris sekali karena dalam sebulannya guru honorer cuma mendapat gaji mulai dari Rp. 200.000,- bahkan ada yang di bawah dari angka tersebut. Sangat jauh dari kata Sejahtra bahkan tidak pantas untuk mendapakatkan haknya sebagi pendidik.

Guru honorer tugasnya sama dengan guru PNS, bahkan jauh lebih berat tugasnya dibanding guru PNS tersebut.

Namun di tahun 2020 ada harapan yang sangat luar biasa untuk para guru honorer. Dimana kesejahtraan guru honorer akan di samakan dengan guru PNS. Itu kata Muhadjir Effendy Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Gaji guru honorer SD, SMP akan di bayar sesuai dengan upah minimum kabupaten/kota (UMK) sedangkan untuk umpahgaji guru honorer SMA akan dibayar sesuai dengan upah minumun provinsi (UMP).

“(Jika disetujui) diambil dari DAU (dana alokasi umum). Pembayaran gaji guru honorer diupayakan tidak lagi menggunakan dana BOS mulai tahun 2020. Sumber dana untuk membayar gaji guru honorer akan sama dengan sumber gaji untuk guru PNS, ”kata Muhadjir di Jakarta, Kamis, 10 Oktober 2019.

Mudah-mudahan ini menjadi kabar baik untuk para guru honorer yang ada di Indonesia, dan bisa terlaksanakan ditahun 2020 mendatang. Bukan hanya iming-iming dan ocehan pemerintah saja, mereka juga guru honorer perlu di perhatikan karena tugasnya sangat mulia. Semua yang di kerjakan oleh guru honorer termuat dalam amanat Undang-Undang Dasar 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Harapan para guru honorer cukup sederhana, mereka perlu diperhatikan kesejahtraan oleh pemerintah.
Namun selama ini pemerintah kurang bahkan cenderung tidak memperhatikan nasib Guru Honorer.

profile-picture
betiatina memberi reputasi
Guru honorer di daerah ane malah gajinya lebih gede dari guru PNS golongan 3a
profile-picture
jajakaapes memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Kalo SD/SMP/SMA jelas langsung ke diknas.
La kalo MI/MTS/MA ato malah yang ngajar TK gimana
Kalo lewat diknas lebih gampang
La kalo lewat depag itu yang paling ribet
Apalagi guru sekolah negeri kemungkinan terangkat jadi ASN itu paling besar la kalo sekolah swasta gimana?
Nasip nasip
Mangkanya semiris-mirisnya tenaga honorer kalo sekolahnya negeri itu lebih enak
Kalo tenaga honorer di sekolah swasta / yayasan yang ada di pelosok itu yang lebih susah. Palagi BOS/BOP sekarang banyak yng di proyek oleh dinas pendidikan/agama, hadeh

Tenaga pendidikan honorer ngelus dada
Diubah oleh ilmi098
Lihat 1 balasan
Horeee
profile-picture
jajakaapes memberi reputasi
gitu ya?
profile-picture
jajakaapes memberi reputasi
Lihat 1 balasan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di