CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Nadiem Makarim Hapus Ujian Nasional, JK : Jangan Jadikan Siswa Lembek !!!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5df498dc4601cf39cf0a1abc/nadiem-makarim-hapus-ujian-nasional-jk--jangan-jadikan-siswa-lembek

Nadiem Makarim Hapus Ujian Nasional, JK : Jangan Jadikan Siswa Lembek !!!

Nadiem Makarim Hapus Ujian Nasional, JK : Jangan Jadikan Siswa Lembek !!!

Assallam muallaikum gan-sis beberapa hari yang lalu pada tanggal 11 Desember 2019, Menteri Pendidikan & Kebudayaan (Kemendikbud) RI Nadiem Makarim telah mengumumkan bahwa akan menghapus Ujian Nasional (UN) pada 2021 mendatang. Beliau menyebut bahwa Ujian Nasional yang selama ini menjadi penentu kelulusan siswa akan di laksanakan terakhir kali pada tahun 2020.

Dalam statment nya Nadiem menyampai kan :
Quote:


Nadiem Makarim Hapus Ujian Nasional, JK : Jangan Jadikan Siswa Lembek !!!

Nadiem juga mengatakan berdasarkan survei & diskusi bersama orang tua siswa, guru, hingga kepala sekolah. Beliau menyebutkan bahwa materi yang di gunakan dalam UN cenderung padat alhasil siswa hanya berfokus pada penghafalan materi bukan kompetensi punkasnya.

Dalam pemaparan nya yang waktu itu juga sedang berlangsung nya rapat koordinasi bersama Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia di hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Nadiem mengklaim sistem tersebut kelak tidak hanya akan menilai siswa, tapi nanti nya juga bisa memetakan sekolah berdasarkan kempetensi materi yang akan di ujian kan.
Quote:


Nadiem Makarim Hapus Ujian Nasional, JK : Jangan Jadikan Siswa Lembek !!!

Namun, tidak sedikit pula yang mengkritik keputusan Nadiem tersebut. Seperti yang di katakan mantan Wakil Presiden ke-10 & ke-12 Bapak Jusuf Kalla, beliau mengkritik kebijakan penghapusan Ujian Nasional yang di sampaikan oleh Menteri Pendidikan & Kebudayan tersebut. Beliau berujar :
Quote:


Tetapi apapun yang terjadi nanti nya baik itu di berlakukan ataupun tidak sedikit nya dapat merubah sistem pendidikan di Indonesia ini menjadi jauh lebih baik lagi, kita doakan saja.

Baiklah gan-sis sekian dulu thread dari saya kali ini saya ucapkan terima kasih

emoticon-I Love Kaskus


Nadiem Makarim Hapus Ujian Nasional, JK : Jangan Jadikan Siswa Lembek !!!

Sumber foto : Google Image
Sumber Refrensi : di sini
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan novitatari memberi reputasi
Diubah oleh Dersa.afr16
Halaman 1 dari 2
bagaimana menurut agan dan sista ??
Lihat 1 balasan
almarhum bj. Habibie semasa sekolah ga pernah ngerasain UN, toh bs jd profesor yg kemampuannya diakui jerman
emoticon-Cool
profile-picture
Dersa.afr16 memberi reputasi
Bukan di hapus gan, tetapi lebih tepatny di ganti dengan sistem penilaian baru yaitu asesmen kompetensi dan survei karakter. Lebih tepatnya di ganti sistem UN nya bukan di hapus (sumber: disini )
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


permainan kata² aja

dr dulu juga kan udah ada EBTANAS (evaluasi belajar tahap akhir nasional), cuma sistemnya beda ama UN

emoticon-Cool
profile-picture
Dersa.afr16 memberi reputasi
Quote:


Ya banyak yang seperti itu gan bahkan yg cuma lulusan sd pun bisa sukses karena sukses bukan di nilai dari seberapa banyak ijazah anda melainkan seberapa banyak pengalaman dan pengetahuan kita
Quote:


Iya sih sis di ganti tapi kan ujian nasional nya di hilangkan arti nya juga di hapus kan
Wah jgn sampe dihapus bahaya neh
Proyekan kita2 bisa keganggu emoticon-Busa



emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
Dersa.afr16 memberi reputasi
Quote:


Ambyaar gan emoticon-Blue Repost
Balasan post Dersa.afr16
Quote:


Nadiem Makarim Hapus Ujian Nasional, JK : Jangan Jadikan Siswa Lembek !!!

emoticon-Cool
profile-picture
Dersa.afr16 memberi reputasi
Buat para baby boomer

Nadiem Makarim Hapus Ujian Nasional, JK : Jangan Jadikan Siswa Lembek !!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 2 lainnya memberi reputasi
orang tua.... kolot.... udah biasa

profile-picture
profile-picture
rafilham03 dan Dersa.afr16 memberi reputasi
bodo amat, gw dah lulus emoticon-Ngakak
profile-picture
Dersa.afr16 memberi reputasi
Quote:


Hihihi mungkin belum paham aja gan,
Quote:



emoticon-Cendol Gan
Uan dihapus? trus assesment kompetensinya itu pakai standar apa kah?? standar sekolah masing2??
papatah lamanyabya harus diganti juga dong, " kalau mau membasmi tikus, yaa bakar sekalian gudangnya!"
profile-picture
Dersa.afr16 memberi reputasi
Ane termasuk yang ga setuju gan un dihilangkan
UN masih banyak manfaatnya timbang mudaratnya
di jaman sodara ane yang nilai UN dah dicampur sam Ujian Sekolah
sodara ane dapet nilai 3 matematika lulus
bukan nilai 3 nya yang ane liat, tapi dia sama sekali ga belajar gan, nyantein katanya pasti lulus
jadi daya juang si siswa ini menurun gan bahkan hampir ga ada
kebawa sampai SBMPTN
profile-picture
Dersa.afr16 memberi reputasi
Quote:

Terus kenapa tidak setuju untuk di hilangkan gan? Sedang jelas sekali agan bilang kalau saudara agan tidak belajar pun tetep lulus. Berarti ga efisien dong UN tsb?
kalo disini bisa kita bilang ada salah tangkap dari pesan bapak nadiem makariem mengenai penghapusan un terhadap bapak jusuf kalla sih, sebenernya disini memang program un dihapus tapi diganti dengan program asesmen oleh pak nadiem tadi, menurut gua it's indeed just a matter of politics.
Diubah oleh lpfd.reboisasi
Pro dan kontra pasti ada. Tapi ane setuju Pak JK sih. Jangan sampe UN dihapus dan kelulusan diserahkan kepada sekolah. Nah sekolah yg gamau namanya jelek pasti ngelulusin semua muridnya.
Bukan lembek, dalam hal ini siswa malah dihadapkan dan diberikan tantangan berupa suatu hal baru dimana mereka diberikan kesempatan untuk berupaya semaksimal mungkin.
profile-picture
Dersa.afr16 memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di