CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Agan Sista Pemalu? Lakukan Ini Supaya PeDe Mengutarakan Pendapat di Depan Umum!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5df324ebc9518b662c523bc5/agan-sista-pemalu-lakukan-ini-supaya-pede-mengutarakan-pendapat-di-depan-umum

Agan Sista Pemalu? Lakukan Ini Supaya PeDe Mengutarakan Pendapat di Depan Umum!

Hallo Agan Sista, pernah gak merasa kagum dengan orang-orang yang mampu bicara di depan umum secara lugas, runut dan berani? Sedangkan kita sendiri seperti kesulitan mengutarakan pendapat di depan umum.

Quote:


Agan Sista Pemalu? Lakukan Ini Supaya PeDe Mengutarakan Pendapat di Depan Umum!

Kemampuan seseorang berbicara di depan umum dengan baik, tentu akan mempengaruhi persepsi orang lain terhadap orang tersebut, dan tentu sangat membantu yang bersangkutan untuk mengembangkan karirnya dengan cepat.

Setiap orang pasti memiliki ide dan pendapat yang tersimpan dalam kepalanya, hanya saja tertahan di ujung lidah, karena satu hal, tidak percaya diri! Sayang sekali bukan? Padahal bisa jadi ide orang tersebut merupakan ide yang unik dan baik, yang secara ironis gagal tersampaikan ke publik.

Dalam Tulisan kali ini, ane ingin sedikit berbagi cerita dan tips yang ane dapat dan praktekkan ke diri ane sendiri pada saat masih gagap ketika bicara di depan umum.

Tips Melatih Public Speaking Bagi Si Pemalu


Agan Sista Pemalu? Lakukan Ini Supaya PeDe Mengutarakan Pendapat di Depan Umum!



1. Menonton YouTube, dan Menirukan Gaya dan Nada Bicara Orang Lain di Depan Cermin


Agan Sista Pemalu? Lakukan Ini Supaya PeDe Mengutarakan Pendapat di Depan Umum!




Dulu sekali, tentu YouTube tak se-exist sekarang. Sesungguhnya pada jaman ane dulu, ane lebih banyak menonton tv, dan mengamati orang lain (terutama guru) ketika beliau-beliau berbicara. Mengamati ekspresi, nada, dan pilihan bahasa mereka adalah hal yang sangat menarik bagi diri ane dulu.  Sampai di kamar, ane bakal mulai menirukan cara mereka berbicara. 

2. Rekam, Dengar, Tonton dan Evaluasi Gaya Bicara Anda

Agan Sista Pemalu? Lakukan Ini Supaya PeDe Mengutarakan Pendapat di Depan Umum!


Jaman semakin canggih, ane mulai merekam suara ane sendiri. Memutar rekaman tersebut untuk kemudian ane dengar. Berawal dari terbata-bata, terlalu cepat mengartikulasikan kata-kata, sampai mulai enak didengar. Ane melakukan ini berulang kali, di kamar, sendirian. Sebagaimana kata pepatah "Ala bisa karena terbiasa".

3. Menguasai Materi

Agan Sista Pemalu? Lakukan Ini Supaya PeDe Mengutarakan Pendapat di Depan Umum!

Sadar atau tidak, seseorang pendiam sekalipun akan lebih banyak bicara dan lebih aktif mengobrol ketika sedang membahas sesuatu yang ia benar-benar ketahui. Sebagaimana gamer di tanya tentang game terbaru, sebagaimana pecinta puisi ditanyai pendapatnya tentang makna puisi Kahlil Ghibran, begitu pula ketika mengutarakan pendapat di depan umum, seseorang pasti akan semakin percaya diri ketika dirinya menguasai materi yang ingin disampaikan.

4. Perbanyak Jam Terbang

Agan Sista Pemalu? Lakukan Ini Supaya PeDe Mengutarakan Pendapat di Depan Umum!


Tak ada yang instant untuk hasil terbaik dan bertahan lama. Berawal dari terbata-bata, kemudian mulai terbiasa, sampai nanti jago pun. Seseorang akan terus merasakan gugup DI AWAL sebelum mulai. 

Percaya atau tidak, untuk Agan Sista yang baru mau memulai berani berbicara, rasa gugup itu sebetulnya bisa kita kendalikan. Gak percaya? Silahkan di coba.


Quote:





Sumber Foto : Google
Referensi : disinidisini

profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 48 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh agungdar2494
Halaman 1 dari 8
Introvert belum tentu pemalu!
Ane Introvert, sekarang masih introvert tapi tidak lagi pemalu emoticon-Jempol

#IFYKWIM
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Be Brave!
Agan Sista pasti bisa emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 9 lainnya memberi reputasi
Kalau bagi kucingkampung yang penting adalah wawasan, dengan luasnya wawasan memudahkan kita untuk sepak sepik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mamaproduktif dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kalau di Pondok bisa karena dipaksa 😂 harus menyampaikan materi khotbah di depan teman dan Kyai ngeri-ngeri sedap pertama nyoba
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mamaproduktif dan 5 lainnya memberi reputasi
Quote:


Banyak kok orang berwawasan yang gak bisa ngomong karena gak ada mental😂
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan agungdar2494 memberi reputasi
Balasan post kucingkampung97
Quote:


Setuju gan, ada di nmr 3.

Namun ada juga beberapa orang yang memiliki wawasan, tapi memilih diam karena takut salah bicara. emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh agungdar2494
Quote:


Nah ini melatih banget, nambah jam terbang lagi.
Ane juga dulu di tmpt ngaji di latih begini, supaya berani.
Dan ane sekarang berterima kasih banget:terimakasih

Quote:


Setuju mabro!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Karena belum terbiasa, dulu ane juga begitu kalau sekarang mah jangan di tanya lagi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Iya, kalau Ente mah Ane yakin sekarang dah kagak ada mindernya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Yap, kuatkan mental dengan mendalami poin2 di thread
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 2 lainnya memberi reputasi
kalo aku ttp gabisa gan,tetep aja pemalu ga pedeemoticon-Malu emoticon-Malu emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Syukurlah Om :siapgan

Quote:


Insyaallah hahaha, tapi ane masih harus belajar banyak kalo untuk bicara non formal. Kaku banget..
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan masnukho memberi reputasi
Quote:

manusia tidak bisa lepas dari kesalahan.. jika salah ya minta maaf dan perbaiki sikap agar jadi lebih baik lagi emoticon-Cool



emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan agungdar2494 memberi reputasi
Diubah oleh kucingkampung97
Quote:


Semoga yang lain mau baca per point ya broh.
Syukur2 kalo ada tips tambahan dari kaskuser lain hihihi

Quote:


Bisa kok, coba aja terus. Semangat sist.
Jangan nyerah! Terutama pada diri sendiri, janganemoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Kok bisa malah non formal kaku?
Apa karena terlalu sering formal?
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan agungdar2494 memberi reputasi
Quote:


Ane dah baca, dan Ane pernah ngelakuin semua meski pun belum mahir banget buat bicara depan umum tapi paling gak Ane berani dan bisa 😂
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Mantap! Minta maaf hanya bisa dilakukan oleh orang2 berjiwa kesatria dan pemberani emoticon-Jempol

Quote:


Karakter bawaan kayaknya, sedikit2 ane perbaiki. Ente kan juga yg ngajarin hihihi masa lupa
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan masnukho memberi reputasi
Quote:


Emang agak susah kalau bawaan, terlihat lebih ke agak jaga wibawa dan angkuh, meski pun sebenerbya gak sama sekali😁
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan agungdar2494 memberi reputasi
Aku pemalu bang , gimana dong
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan agungdar2494 memberi reputasi
Kalau aku mau gak mau mesti bisa ngomong. Awalnya kagok, tapi seperti yang TS bilang mesti banyak berlatih
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
Halaman 1 dari 8


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di