CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Nadiem Makarim Unjuk Gigi, Ujian Nasional Dihapus Tahun 2021
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5df2169510d29527fe101883/nadiem-makarim-unjuk-gigi-ujian-nasional-dihapus-tahun-2021

Nadiem Makarim Unjuk Gigi, Ujian Nasional Dihapus Tahun 2021


12 Desember 2019 

Nadiem Makarim Unjuk Gigi, Ujian Nasional Dihapus Tahun 2021

Dalam Rapat Koordinasi Mendikbud dengan Kepala Dinas Pendidikan se-Indonesia, Nadiem Makarim mengatakan bahwa ujian nasional dihapus pada tahun 2021. (Foto:tangkapan video Antaranews)

GenPI.coMenteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mulai merombak sistem pendidikan di Indonesia. Pada 2121 mendatang, siswa sekolah tidak akan lagi dipusingkan dengan ujian nasional


Nadiem mengatakan itu dalam Rapat Koordinasi Mendikbud dengan Kepala Dinas Pendidikan se-Indonesia di Jakarta, Rabu (11/12). Sebagai gantinya, Nadiem akan menerapkan sistem asesmen kompetisi dan survey karakter




“Ujian nasional hanya dapat mengukir aspek kongnitif murid, tetapi belum menyentuh aspek karakternya secara holistik,” terang Nadiem.


Menteri 35 tahun ini juga menilai ujian nasional terlalu padat sehingga memberatkan murid. Ujian tersebut hanya berfokus pada penghafalan materi dan bukan kompetensi.


Terkait pelaksanaan asesmen kompetensi dan survei karakter, Kemendikbud akan bekerja sama dengan beberapa organisasi pendidikan di dalam dan luar negeri.


Penyelenggaraannya pun di lakukan di tengah jenjang pendidikan, bukan di akhir jenjang seperti pada pelaksanaan ujian nasional.



“Kalau dilakukan di tengah jenjang, bisa memberi waktu untuk sekolah dan guru untuk melakukan perbaikan sebelum murid lulus pada jenjang tersebut,” terang Nadiem.

Alasan lain, menurutnya, proses asesmen kompetensi dan survei karakter tidak digunakan sebagai alat seleksi siswa.

"Dengan begitu, siswa tidak merasa stres" tandasnya. (*)


Redaktur : Paskalis Yuri Alfred

Spoiler for Simak video pilihan redaksi berikut ini::



Halaman 1 dari 2
Dapat restu juga dari Presiden
Quote:


Nadiem kenapa ga jadi menteri aja waktu ane sekolah di Tahun 1999...ujian ane jeblok, kini ga bisa kuliah krn IPK jelek...akhirnya ane lebih milih kerja dari pada belajar lg
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


emoticon-Matabelo
nnti jg ada lg,klo ganti menteri
emoticon-Cape deeehh
profile-picture
agusdwikarna memberi reputasi
"Makase ya om nadim.
Sekarang ade bisa bolos dengan tenang"


Nadiem Makarim Unjuk Gigi, Ujian Nasional Dihapus Tahun 2021
menunggu komentar pedas netizen yg rima nya "dulu waktu gw masih sekolah,UN itu gini gini gini"
derita lu goblog emoticon-Ultah
Diubah oleh suramonly
Makanya negara ini gak maju2, generasinya emang di rusak dari awal. Setiap ganti mentri ganti cara pendidikan, gak ada roadmap yg jelas mau di buat apa.
Lihat 2 balasan
Baru hafalan begitu ngeluh.

Belum tahu beratnya hafalan mahasiswa kedokteran dan mahasiswa hukum.

Mungkin mereka lebih suka menghafal buku telpon ketimbang menghafal nama-nama tulang, otot, enzim, molekul, dan pasal-pasal
Balasan post maya.asar
Quote:


Agree with u...
emoticon-Shakehand2

Jika Ujian Nasional tersebut dihapus, apa yang harus dibuat untuk menjadi sebuah standar sebuah kelulusan seorang pelajar??

Materinya saja yang direvisi, mana bidang study yang perlu UN dan mana yang tidak perlu.. Bidang study seperti Math, Physic, Biology, Chemistry dan English perlu diuji secara nasional sementara pelajaran seperti Bahasa Indonesia sudah tidak perlu dijadikan bahan UN...

Jika ada daerah (provinsi) yang standar kelulusannya jelek, tinggal dievaluasi saja untuk dilakukan improvement oleh Departement Pendidikan... Bisa perbaikan infrastruktur, quality guru, laboratorium, fasilitas olah raga dan sebagainya...

emoticon-Angkat Beer
Diubah oleh dishfire
Balasan post maya.asar
Quote:


Orang Indonesia masih mencoba-coba mencari pendidikan yang paling tepat buat siswa-siswa nya.

Nanti kalau pendidikan makin ancur karena nggak ada UN, 5 tahun lagi juga bakalan diganti lagi kurikulumnya.



Ane takutnya yang mengeluh nanti dari pihak universitas, karena universitas lebih suka calon mahasiswa yang berwawasan luas, bukan berwawasan sempit meski mendalam. Untuk mendalami itu di universitas, bukan di sekolah.
Mempercayakan guru di tiap sekolah masing-masing yang memberi penilaiain ke murid, seperti mempercayakan polisi menjadi pengawas koruptor.

Dulu guru ane malah yang membocorkan sendiri jawaban soal ujiannya supaya muridnya mendapat nilai 90+ semua.

Rasanya beda mendapat nilai 90 di rapor karena kecurangan dengan mendapat nilai 90 di rapor karena usaha sendiri. Mendapat nilai 90 di rapor kalau semua teman kita juga mendapat 90 itu nggak hebat, mendapat nilai 90 di rapor kalau semua teman kita mendapat 60 itu rasa bangga nya di hati luar biasa. Silakan coba sendiri bagaimana rasanya di hati, ente akan terkenal dan menjadi pusat perhatian (termasuk sama cewek-cewek kece), ane sudah pernah merasakan menjadi orang terkenal di small community (sekolah).

Sudah bagus dulu UNBK nggak bisa dihack.
Diubah oleh kampret.strez
nunggu kurikulum sekolah tanpa PR...
Lihat 2 balasan
Ngapa bukan pas ane sekolahh emoticon-Frown
Quote:


Dengan kata lain...

Siswa Bisa Lulus kapan saja...
emoticon-Angkat Beer
Atau Malah gak Pernah Lulus sama sekali...
Balasan post nevertalk
Taun 99 emang ada UN?
Balasan post angga_nero
Di swasta udah ada tuh
Kaga ada pr, tapi full day
profile-picture
angga_nero memberi reputasi
Balasan post mupengx
Quote:


Nggak ada PR malah bagus. Di rumah waktunya istirahat dan berkumpul bersama keluarga, bukan buat belajar lagi.

Tapi kalau nggak ada ujian terstandarisasi, bagaimana kita tahu si murid benar-benar paham atau cuma bengong saja nggak ngerti apa-apa di kelas?

Lihat banyak lulusan SMA nggak ngerti apa-apa tentang Bahasa Inggris. Rugi banget kalau nggak ngerti Bahasa Inggris, karena 50+% konten internet dan youtube itu berbahasa Inggris. Dan ada kenikmatan lebih kalau nonton film nggak diganggu dengan dikit-dikit membaca subtitle di bawah.

Nggak usah percaya ujian dari guru di sekolah masing-masing deh, ane sudah nggak percaya.
profile-picture
angga_nero memberi reputasi
Diubah oleh kampret.strez
ane cuma ngarep ada standarisasi yang jelas akan kemampuan siswa biar ga cuma asal asal lulus saja sehingga pas kuliah nanti bukan belajar dari 0 lagi tapi mempertajam kemampuan
profile-picture
angga_nero memberi reputasi
Gk ragu sama visi misinya, yg meragukan realisasinya. Bisakah ngadepi protes wali yg jadul tua & bangka "nanti anaku gk bs ini itu", ap lg mpret "yg pntg kontra"
profile-picture
angga_nero memberi reputasi
Quote:


Moga2 Standarisasi itu tujuannya menguji kualitas sistem pendidikan secara keseluruhan...

jangan semata2 buat penentuan kelulusan aja


emoticon-Shakehand2
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di