CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
2021 UN Dihapus? Selamat Tinggal Sistem Pendidikan Primitif
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5df211cfb840882b35391e11/2021-un-dihapus-selamat-tinggal-sistem-pendidikan-primitif

2021 UN Dihapus? Selamat Tinggal Sistem Pendidikan Primitif

2021 UN Dihapus? Selamat Tinggal Sistem Pendidikan Primitif
Sumber gambar: radarbogor.id

Kabar inovasi datang dari dunia pendidikan.

Baru-baru ini Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Bapak Nadiem Makarim, menyatakan kebijakan barunya untuk menghapus Ujian Nasional mulai tahun 2021 mendatang.

Ane kira gebrakan Pak Nadiem ini cukup berani, tetapi sekaligus inovatif.

2021 UN Dihapus? Selamat Tinggal Sistem Pendidikan Primitif
Sumber gambar: merdeka.com


Pasalnya, adanya ujian nasional yang dilaksanakan sebagai penanda kelulusan seorang siswa selama ini sepertinya hanya sedikit membantu meningkatkan kualitas siswa dari aspek pengembangan kemampuan, minat, bakat, moral, serta karakter.

Ujian Nasional membuat para siswa berusaha mendapatkan nilai terbaik agar dinyatakan lulus, meski dari segi kemampuan memahami teori terkadang sangat kurang.

Ujian Nasional selama ini dijadikan sebagai barometer keberhasilan sebuah pendidikan, sehingga siswa berbondong-bondong melakukan beragam upaya agar dapat menjawab soal yang disediakan dalam ujian dengan benar, meski terkadang tidak mengerti maksud dari soal tersebut.

Alhasil, Ujian Nasional selama ini juga terkesan mengubur kemampuan nalar para siswa.

Keberhasilan siswa dalam menempuh pendidikan selama 3 tahun, seolah hanya diukur dari 3/4 mata pelajaran umum yang diujikan dalam UN selama 3/4 hari saja.

Siswa jadi sedikit tertekan, terutama mereka yang memiliki kemampuan, keahlian tertentu,, penguasaan, maupun minat di luar mata pelajaran yang diujikan tersebut.

Quote:


Pendidikan memberikan sumbangsih besar dalam menciptakan output ataupun Sumber Daya Manusia yang berkualitas. Artinya, untuk melahirkan SDM yang berkualitas, maka sistem pendidikannya pun harus berkualitas.

Sekadar mengingatkan, sistem pendidikan kita selama ini terbagi dalam pendidikan formal, nonformal, dan informal, di mana setiap pendidikan ditempuh secara berjenjang dan perlu melewati yang namanya Ujian Nasional agar bisa dinyatakan lolos dan naik ke jenjang berikutnya (terutama pendidikan formal).

Apakah sistem pendidikan kita primitif?

Jika dibandingkan dengan sistem pendidikan di negara-negara maju, boleh dikatakan demikian. Kurikulum dalam pendidikan kita selama ini lebih banyak berkutat pada pengembangan aspek kognitif, penguasaan materi, dan hafalan. Sementara pendidikan karakter, moral, penggalian bakat serta pengembangan kemampuan, seolah sekadar ada dalam materi serta wacana.

2021 UN Dihapus? Selamat Tinggal Sistem Pendidikan Primitif
Sumber gambar: merdeka.com

Sedangkan beberapa negara maju bahkan telah mendesain sistem pendidikannya dengan mengurangi jumlah ujian sebagai barometer dalam menilai kemampuan siswa, dan lebih banyak mengembangkan kemampuan pribadi, kecerdasan moral, karakter, serta bakat setiap peserta didik.

Namun, walau bagaimanapun wajah pendidikan kita selama ini, pemerintah perlu terus didukung atas upayanya terus menerus memperbaiki sistem pendidikan agar berkualitas serta memenuhi kebutuhan para peserta didik sebagai generasi penerus bangsa.


Gebrakan Bapak Mendikbud dalam menghapus UN di 2021 dan menggantinya dengan asesmen kompetensi minimum dan survei karakter, ane kira bagian dari upaya transisi secara bertahap dari sistem pendidikan primitif menuju sistem pendidikan yang lebih modern.


Sekian thread kali ini. Semoga ada faedahnya emoticon-Big Grin

Ada yang sepemikiran dengan ane? Diskusi, yuk! emoticon-Big Grin


___o0o___

Opini pribadi
Referensi: 1I
2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
raaaaud20 dan 10 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Klik gambar di bawah, guys!

2021 UN Dihapus? Selamat Tinggal Sistem Pendidikan Primitif
profile-picture
alii.hasan memberi reputasi
pendidikan adalah usaha untuk memanusiakan manusia emoticon-Big Grin
profile-picture
alii.hasan memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Prediksi ane ya
Bisa meleset bisa tepat
Paling ganti nama doang isinya seh sama

Same shit different taste

Biar kelihatan
Karajo karajo karajo



emoticon-Kaskus Radio
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
Lihat 1 balasan
yakin yang selama ini primitif gan....trus hasil selama ini apa kita berada saat sisitem pendidikan primitif ya?.....
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
Balasan post stunningchicks
itu untuk 2021,kalau dia bertahan dan masih jadi mentri pendidikan
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
efektif nggak ya kalo dihapus UN ini?
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
Quote:


Semoga prediksinya meleset, ya, Gan emoticon-Big Grin

Demi pendidikan Indonesia yang lebih baik emoticon-Wowcantik
Quote:


Primitif dalam arti yang luas emoticon-Big Grin

Bisa dikatakan demikian, jika yang kita jadikan tolak ukur adalah sistem pendidikan internasional emoticon-Big Grin
Quote:


Enggak bisa memastikan, sih, Kak. Cuma berharap bisa membawa pendidikan Indonesia ke arah yang lebih baik dan berkualitas.

Ceilah, bahasa gue kayak sok pakar aje emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
Quote:


Hahhaa gpp sesekali mari kita diskusi serius jangan becanda mulu wkwkwk
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
Semoga saja itu yang terbaik untuk pendidikan di Indonesia. Sebagai calon guru, eak. Aku sendiri merasa prihatin sih sama pendidikan sekarang ini.
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
Quote:


Jadi bagaimana, apakah kakak sepemikiran denganku?

emoticon-Goyangemoticon-Goyangemoticon-Goyang
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
Quote:


Ciee ... Bu guru, nih emoticon-Kiss (S)
profile-picture
adivaazzahra memberi reputasi
Quote:


Baru calon.
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan mbak.far memberi reputasi
Quote:


Aku mau dong jadi muridnya 😋
profile-picture
adivaazzahra memberi reputasi
Quote:


Jujur aja UN adalah momok yg paling mengerikan? Dulu aja aku belajar mati-matian emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
adivaazzahra dan mbak.far memberi reputasi
Quote:


Tunggu aku jadi guru dulu😁
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
Quote:


Iya aku juga dan nilaiku tetap zonk di bawah standar
profile-picture
Richy211 memberi reputasi
Quote:


Bener, Kak. Dan kadang jadi tertekan karena kita terpaksa belajar pelajaran yang bukan passion kita emoticon-Cape d... (S)
profile-picture
adivaazzahra memberi reputasi
Quote:


Nah, semangat aja.
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di