CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
Saat Tak Bisa Menepati Janji Kepada Anak, Lakukan 5 Hal Berikut!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5df10c4f28c99108d51c14d1/saat-tak-bisa-menepati-janji-kepada-anak-lakukan-5-hal-berikut

Saat Tak Bisa Menepati Janji Kepada Anak, Lakukan 5 Hal Berikut!

Saat Tak Bisa Menepati Janji Kepada Anak, Lakukan 5 Hal Berikut!


Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh

Hallo semua, apa kabar?

ketemu lagi di thread sederhana saya.


Sepertinya saat ini sedang masa ujian bagi anak-anak sekolah ya. Para orang tua pasti udah jauh-jauh hari mengingatkan mereka untuk lebih baik dan rajin lagi belajarnya menjelang ujian. Berbagai upaya dan bahkan janji, terkadang kita ucapkan kepada anak-anak sebagai motivasi agar mereka bisa meraih hasil yang terbaik.


Senang bukan rasanya, ketika kita sebagai orang tua atau guru melihat anak-anak termotivasi dengan ucapan dan usaha kita. Pasti dalam benak mereka adalah, bagaimana caranya agar mereka mendapatkan hasil yang terbaik demi sesuatu yang mungkin saja, secara sadar atau tidak, telah kita ucapkan kepada mereka.


Namun, kadang adakalanya, karena sesuatu hal, kita sebagai orang tua yang memberi janji, tidak bisa menepati janji tersebut.


Tentu sebagai contoh bagi anak-anak, kita tidak bisa berpura-pura lupa atau tiba-tiba ingkar janji. Bagaimana pun juga anak kecil adalah calon orang dewasa yang baik buruknya tergantung bagaimana orang tua mewarnainya. Dan sangat wajar jika mereka juga memiliki rasa kecewa dan sedih seperti kita sebagai orang tuanya.


Berikut ada Lima cara untuk para orang tua mengantisipasi kekecewaan anak;


1. Minta Maaf

Saat Tak Bisa Menepati Janji Kepada Anak, Lakukan 5 Hal Berikut!

Kita semua pasti paham, meski kita tidak memiliki niat untuk membuat orang lain apalagi anak-anak kecewa, kita sebagai sih pembuat janji tetap kudu yang namanya minta maaf. Minta maaf karena bukan 100% kesalahan kita, serta merta tidak akan membuat kita menjadi orang yang buruk di mata mereka. Malah sebaliknya, secara tidak langsung kita memberikan contoh yang baik kepada mereka.


2. Berikan Penjelasan


Saat Tak Bisa Menepati Janji Kepada Anak, Lakukan 5 Hal Berikut!

Meski pemahaman anak-anak belum sematang kita sebagai orang tua, bukan berarti mereka tidak paham dengan ucapan atau penjelasan dari kita. Hanya saja, kosa kata mereka belum se-kaya kita, jadi harus gunakan bahasa yang mereka pahami atau bahasa sehari-hari mereka.

3. Berikan Pengganti Reward yang Kita Janjikan

Saat Tak Bisa Menepati Janji Kepada Anak, Lakukan 5 Hal Berikut!

Saat kita sudah menjelaskan alasan ketidakbisaan kita untuk menepati janji, dan anak-anak terlihat menerima. Bukan berarti di dalam hati mereka langsung plong dan langsung memaklumi. Yang namanya anak-anak, tidak hanya kemampuan motoriknya saja yang sedang berkembang, tapi kemampuan untuk mengelola emosi dan kemampuan untuk menerima takdir pun juga sedang berproses.

Berikan Pengganti atas janji atau reward kita sebelumnya. Tak harus sama persis, tapi setidaknya bisa mengobati kekecewaan mereka.

4. Berikan Pujian


Saat Tak Bisa Menepati Janji Kepada Anak, Lakukan 5 Hal Berikut!
Memaklumi sesuatu yang tidak kita inginkan, tentu tidak semua orang dewasa bisa. Anak-anak pun demikian, maka tak ada salahnya, saat mereka mulai sedikit bisa menerima alasan kita, berikan pujian atas sikap lapang dada mereka.

5. Ucapkan Terima Kasih

Saat Tak Bisa Menepati Janji Kepada Anak, Lakukan 5 Hal Berikut!

Mengucapkan terima kasih tidak hanya karena kita menerima bantuan atau kebaikan dari orang lain. Tapi saat anak-anak bisa bersikap dewasa dan mampu memaklumi keterbatasan kita sebagai orang tua, maka tak ada salahnya ucapan terima kasih kita haturkan kepada mereka yang diiringi dengan pelukan hangat.

Quote:

Sekian thread sederhana saya, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu berkarya!

Minangkabau, 11 Desember 2019


Sumber : Opini Pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ilafit dan 24 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh fitrijunita
Halaman 1 dari 5
semoga bermanfaat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
salam dan peluk untuk anak-anak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Anak-anak emang seharusnya dididik jujur dari kecil and nice thread.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Betul banget, kebiasaan dari kecil akan terbawa hingga dewasa emoticon-Toastemoticon-Pelukemoticon-Blue Guy Cendol (L)
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan ajang.dee memberi reputasi
Sebelum berjanji sebaiknya pikirkan dulu apakah kita sanggup menepatinya.
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan fitrijunita memberi reputasi
Quote:


Sepakat emoticon-Shakehand2 tapi terkadang, ada hal2 di luar batas kendali kita yg menyebabkan kita jadi tidak bisa menepati janji emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Ngacir2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
makanya jangan main janji2 aja kalo belum yakin bisa ditepatin. sama aja kek buat janji sm wanita, bakal diinget2 trs smpe ditepatin emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Balasan post daisy90
yes.. Janji is janji
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan daisy90 memberi reputasi
Janji adalah Hutang
Hutang adalah Kewajiban
Kewajiban suami memberi nafkah lahir bathin ke istri
Jadi kalo yg LDR an pas ketemu harus di rapel hutangnya

kalo sama anak
gpp janjiin sesuatu
tapi ada proses jika dia gimana
misal kalo nilainy bagus2 ntar dibelikan sepatu baru/sepeda baru/tas baru dll
jangan anak dengan mudah mendapatkan apa yang dia inginkan
tanpa dia melakukan suatu usaha...walaupun kita sebagai orangtua mampu beliin

terutama buat anak laki2......
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Hahaha betul. Tapi kadang hidup tak selalu sesuai keinginan kita. Adakalanya, ada hal2 yang di luar kendali kita yg menyebabkan kita tak bisa menepati janji.
Tapi apa pun itu, semoga kita semua tergolong ke dalam orng2 yang selalu menepati janji emoticon-Pelukemoticon-Shakehand2
profile-picture
ajang.dee memberi reputasi
Quote:


Sepakat kita emoticon-Shakehand2emoticon-Toast
profile-picture
ajang.dee memberi reputasi
Quote:


Bermanfaat sekali bukan hanya sebagai bahan bacaan tapi ilmu
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan fitrijunita memberi reputasi
janji harusnya ditepati
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan fitrijunita memberi reputasi
Alhamdulillah, kami nerapin itu sama anak-anak. Hasilnya, anak-anak jadi jauh lebih menghargai orang tuanya.

Jangan sekali-kali ngasih janji palsu sama anak, gaes. Anak-anak itu daya ingatnya kuat. Walaupun misalnya dia gak menagih janji karna kita udah keseringan ngeles, bukan berarti mereka ikhlas, bisa jadi mereka udah males nagih.
Ujung2nya, mereka gak percaya lagi sama orang tua nya. Gak mau kan sampe begitu emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan fitrijunita memberi reputasi
Inspiratif
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan fitrijunita memberi reputasi
Balasan post daisy90
Quote:


Saat Tak Bisa Menepati Janji Kepada Anak, Lakukan 5 Hal Berikut!

Saat Tak Bisa Menepati Janji Kepada Anak, Lakukan 5 Hal Berikut!

Saat Tak Bisa Menepati Janji Kepada Anak, Lakukan 5 Hal Berikut!

Saat Tak Bisa Menepati Janji Kepada Anak, Lakukan 5 Hal Berikut!

Saat Tak Bisa Menepati Janji Kepada Anak, Lakukan 5 Hal Berikut!

Saat Tak Bisa Menepati Janji Kepada Anak, Lakukan 5 Hal Berikut!

emoticon-Kiss
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan fitrijunita memberi reputasi
Quote:


Makasih emoticon-Shakehand2emoticon-Toast
profile-picture
ajang.dee memberi reputasi
Quote:


Harus, karena janji adalah hutang, yang bisa ditagih sampai mati. Tapi, terkadang dalam hidup, ada hal2 yg di luar kendali kita sebagai manusia untuk bisa menepati janji. emoticon-Peluk
profile-picture
ajang.dee memberi reputasi
Quote:


Betul banget, Bang.
Klo anak udah ngga percaya lagi ama orang tuanya sendiri, justru itu yang bahaya. Anak akan mencari orang lain untuk tempat ia percayai
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan ajang.dee memberi reputasi
Quote:


Makasih emoticon-Toastemoticon-Shakehand2
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di