CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Tips Menjaga Keamanan Rumah dari Ular Kobra
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5df0856c6cc648068675d292/tips-menjaga-keamanan-rumah-dari-ular-kobra

Tips Menjaga Keamanan Rumah dari Ular Kobra

Tips Menjaga Keamanan Rumah dari Ular Kobra

Ilustrasi. (Screengrap)





Warga Citayam Bogor sempat dihebohkan dengan ditemukannya 26 ekor anak ular kobra yang berkeliaran di wilayah perumahan mereka. Pada sepekan terakhir, anak ular kobra diketahui bersarang di semak, selokan, tumpukan puing, bahkan dalam rumah dan Mushola.

Terkait hal ini, Ahli Herpetologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Amir Hamidy mengatakan bahwa peristiwa munculnya ular kobra yang ditemukan berkeliaran di perumahan warga adalah wajar di musim hujan.

Musim hujan sendiri diketahui sebagai musim di mana anak ular kobra sering kali lahir. Ular kobra juga menyukai tempat yang lembap.

Merangkum laman CNNIndonesia.com, Amir mengungkap sejumlah tips khusus pada masyarakat supaya lingkungan rumah mereka aman dari kehadiran ular kobra dan jenis ular lainnya, terutama saat memasuki musim hujan.

Langkah pertama, Amir mengimbau warga agar tidak membiarkan ada tumpukan barang seperti kardus, kain, daun, dan apapun yang memicu suasana lembap di wilayah rumah.

Kedua, warga dianjurkan untuk rutin membersihkan rumah setiap hari dengan menyapu dan mengepel menggunakan pewangi. Gunakan juga kapur barus di sudut-sudut rumah. Amir menambahkan bahwa aroma yang dihasilkan pembersih lantai umumnya tidak disukai ular.

Ketiga, Amir meminta agar rumah warga bebas dari tikus. Hal ini dikarenakan ular sangat menyukai tikus sebagai santapan. Dalam rantai makanan, ular sendiri memiliki kegunaan untuk mengendalikan populasi tikus yang tersebar di alam.

Langkah keempat, warga harus memerhatikan tumpukan sampah yang terdapat di dalam rumah. Sampah rumah sehari-hari baiknya dikumpulkan dan ditaruh di tempat khusus yang terletak di luar ruangan.

Kelima, Amir juga memberikan imbauan khusus bagi mereka yang memiliki rumah dekat sawah atau kebun agar lebih berhati-hati dengan membangun pagar khusus untuk mengamankan rumah.

Terakhir, warga harus hati-hati saat ular berhasil masuk ke dalam rumah. Jaga jarak dan panggil tenaga profesional, tetangga, atau tenaga keamanan yang ada di sekitar untuk membantu membuat ular terusir.



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di