CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Dubes Sebut Tiga Syarat Agar Rizieq Shihab Bisa Cepat Pulang
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5df064fbc9518b3202777f7a/dubes-sebut-tiga-syarat-agar-rizieq-shihab-bisa-cepat-pulang

Dubes Sebut Tiga Syarat Agar Rizieq Shihab Bisa Cepat Pulang

Dubes Sebut Tiga Syarat Agar Rizieq Shihab Bisa Cepat Pulang Dubes RI untuk Arab Saudi dan Wakil Tetap di OKI, Agus Maftuh Abegebriel (Foto: Mardi Rahmat/20 detik)

Jakarta - Duta Besar RI untuk Kerajaan Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel menegaskan sejauh ini tidak pernah ada negosiasi khusus antara Indonesia dan Arab Saudi terkait nasib Muhammad Rizieq Shihab (MRS). Meskipun demikian bila memang pentolan Front Pembela Islam (FPI) itu ingin kembali ke tanah air, sebagai diplomat dia akan membantunya dengan sepenuh hati.

Syaratnya, Rizieq bersikap kooperatif dengan perwakilan RI di Arab Saudi. Dia dapat menyampaikan laporan terkait berbagai masalah yang dihadapinya ke kantor perwakilan RI terdekat.

"Saya harus tegaskan saudara MRS ini tidak pernah melapor soal keberadaannya maupun permasalahannya secara resmi ke perwakilan KBRI," kata Agus kepada Tim Blak blakan detik.com.

Tapi dia mengakui bahwa Rizieq pernah berkomunikasi melalui telepon, salah satunya ketika dia berada di Qatar dua tahun lalu. Komunikasi via telepon itu dilakukan Rizieq melalui orang lain dan percakapan lebih sekedar basa-basi.

"Jadi, ada orang lain yang menelepon saya lalu dia ikut berbicara. 'Pak dubes apa kabar kapan kita ngopi?'," ujar Agus mengulang percakapannya dengan Rizieq.
Terkait pernyataan Rizieq yang disiarkan dalam reuni 212 di Monas, Senin (2/12) bahwa dirinya mengutus staf KBRI dari BIN, Agus menepisnya. Ia menegaskan dirinya tidak pernah memberi perintah maupun advice baik lisan apalagi tertulis kepada stafnya untuk menemui Rizieq.

Kedua, Agus menyarankan agar Rizieq mencabut pernyataan yang menyebut Jokowi sebagai presiden illegal. Padahal faktanya Raja Salman maupun putra mahkota Muhammad bin Salman (MBS) menjalin persahabatn yang erat dan sangat menghormati Presiden Jokowi.

"Pernyataan semacam itu sensitif di Arab Saudi. Kalau warga negara yang tidak mengakui kepala negaranya ini muskillah, udahlah cabut. Ini kan urusan dignity, soal NKRI," saran Agus.

Selain itu, Agus juga menyarankan agar Rizieq mencabut sumpahnya yang tidak akan meminta tolong kepada pemerintah karena menilai pemerintah sebagai rezim zalim. "Saya yakin itu kitab-kitab yang menjadi background, backdrop ketika dia ceramah, ada satu bab tentang kitab sumpah dan nazar dan bagaimana menggagalkan sumpah itu ada. Dicari saja," ujar dosen Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga itu.

Terlepas dari itu, Agus menyarankan agar Rizieq segera mendatangi perwakilan Indonesia terdekat dan menceritakan persoalan yang tengah dihadapi. Sebab cuma dengan kelengkapan data yang formal pihaknya dapat berkomunikasi dengan Kementerian Luar Negeri Arab Saudi. "Bila tidak, ya nanti ditertawakan oleh Kemenlu Arab Saudi," ujarnya.

Meskipun demikian, dia mengaku secara informal terus menjalin komunikasi dengan pihak-pihak terkait yang berwenang di negeri itu untuk mencari tahu persoalan sebenarnya terkait Rizieq Shihab. Karena semula lembaga formal tak memiliki informasi akurat, ada kemungkinan yang menangani adalah lembaga lain yang lebih tinggi dan bertanggung jawab langsung kepada Raja Salman.

"Karena ini kejadian yang pertama kali selama hampir 4 tahun saya bertugas. Jawaban dari kolega kami, kalau yang mencekal ini lembaga superbody berati ada masalah super serius, permasalahan hukum," ujar diplomat kelahiran Semarang, 1 Oktober 1965 itu.

Apapun yang terjadi, KBRI akan terus memantau kasus ini dan siap memberikan pendampingan terhadap Rizieq Shihab meskipun yang bersangkutan menyatakan tak mau dibantu. "Selama masih memegang paspor RI, KBRI akan lakukan pendampingan dan berikan hak-hak kekonsuleran," ujar bapak empat anak tersebut.

Pada bagian lain, Agus menceritakan soal banyaknya WNI maupun warga dari negara yang overstay di Arab Saudi tapi tidak serta-merta dideportasi ke negara asal. Pendeportasian hanya dilakukan bila terjadi razia massal di jalanan.

SUMBER


Saran ane.. bibib ato kadrun kalo mau nego paket kepulangan.. bisa menghubungi alamat berikut.. emoticon-Malu (S)

https://www.gip.gov.sa/

Dubes Sebut Tiga Syarat Agar Rizieq Shihab Bisa Cepat Pulang

note : no 985 itu maksudnya pilihan.. mau potongan berapa ??.. emoticon-Shutup


emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Moses tambunan dan 47 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh valkyr7
Halaman 1 dari 10
Dubes Sebut Tiga Syarat Agar Rizieq Shihab Bisa Cepat Pulang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zoelroxas dan 65 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Kebenaran akan terungkap sabarlah guru...
Setiap hari banyak saudara2 muslim seluruh dunia menjengukmu semua begitu menghargaimu namun anehnya kenapa rejim ini terkesan takut sehingga tidak mau membantu kepulanganmu?
Apa perlu 7juta ummat dikumpulkan lagi agar pemerintah mau membantu kepulangan guru?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MemeCute dan 140 lainnya memberi reputasi
Lihat 25 balasan
Balasan post trirestya
Quote:


Pada ziarah ya ?.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
exshine dan 31 lainnya memberi reputasi
semoga kadrun yang sempet baca pada paham, kalo junjungan lu itu sudah gagal sebagai pemimpin emoticon-Leh Uga

1. kalah perang
2. ketahuan menipu bawahan
3. kabur dan ga berani pulang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
deviay21 dan 24 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Yg cekal lembaga Superbody dekat dengan Raja emoticon-Takut

Udah Jick jangan banyak bacot, ntar di cash o Gie kan, kelar idup Lo.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kucing.bingung dan 8 lainnya memberi reputasi
Quote:


Negara takut sama bibib rijik turunan nabi seorang... emoticon-Wow


Bata aje om emoticon-raining
profile-picture
profile-picture
profile-picture
longneversee dan 30 lainnya memberi reputasi
Balasan post trirestya
Lo nggak baca yee... Yg cekal Guru Lo itu lembaga superbody Arab Saudi yg langsung dibawah Raja.

Ati2 aja Gan, Elo nggak kepengin nasib guru Lo kayak Jurnalis yg almarhum tak berbekas itu yee kan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bear_brand dan 18 lainnya memberi reputasi
Quote:


Kapan? Seluruh dunia kapan njenguk? Dunia kampret kali?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agest1529 dan 14 lainnya memberi reputasi
Bijiek buka tarif aja buat kadrun yg mau kunjungan ke tempat dia, mayan buat nyambung hidup
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agest1529 dan 6 lainnya memberi reputasi
Balasan post loekirasiapa
Quote:


wah setau ane cuma gegara:
1.ulama mengajarkan chat porno
2.tidak mengakui pemerintah sah negara Indonesia.
3.Pengibaran bendera hitam (asli kocak ini meme nya)

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agest1529 dan 16 lainnya memberi reputasi
Biarin aja beliau di tanah suci
Kapan lg bs tinggal disono seumur hidup tanpa hrs pusing urus visa segala
Secara pemerintah arab saudi yg kaga bolehin keluar dr negaranya

Harusnya senang dong, tidak semua org bs tinggal di arab bertaon taon tanpa hrs perpanjang visa dan tdk di sentuh aparat setempat

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
deviay21 dan 12 lainnya memberi reputasi
Quote:


Halah jembud bray emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
VanillaDark dan 8 lainnya memberi reputasi
Quote:


Salah sendiri nyuruh kadrun di indo kibarin bendera HTI yg di aku sbg bendera Al raya al liwa..

Terus ada org iseng pasang tuh bendera di gubug eh salah kandang onta belio.. jadi deh aparat saudi datengin..

Yakin tuh bendera Al Raya Al liwa? Kalo yakin kenapa Arab Saudi gerah? Arab saudi udh jadi Islamphobia kah?

Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riezazura dan 11 lainnya memberi reputasi

emoticon-Imlek mau tahu kenapa rijik cabul dicekal Kerajaan Saudi? ...ya krn salah satunya video ini, udah byk yg ngeshare ke official akun medsos KSA maupun badan intelijennya...termasuk gue ikut ngeshare...ape lo ape lo? emoticon-Imlek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
deviay21 dan 34 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh tukangbeling7
Lihat 4 balasan
Lapor ke petugas yang berwenang saja kagak pernah kok minta dicabut cekalnya.

Sebenernya niat pulang nggak sih? Kalau nggak mau pulang juga nggak apa-apa kok, kita nggak memaksa. Yang maksa pulang itu kadrun, abaikan saja.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kampret.strez
katanya udah bahagia di arab ?
udah gak pengen pulang ?
& gak bakal ngemis2 minta pulang ??

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 4 lainnya memberi reputasi
Ayo bibib ane dukung ente tegakan khilafah disana..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 4 lainnya memberi reputasi
tamu kehormatan emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 4 lainnya memberi reputasi
Balasan post trirestya
Apa perlu 7juta ummat dikumpulkan lagi agar pemerintah mau membantu kepulangan guru?

Guru elu aja bersumpah gak mau ditolong sama pemerintah, katanya rezim ini itulah.
Kalo dia selama ini minta agar dia gak dicekal dan pendukungnya minta dia dipulangkan oleh pemerintah.. itu sama aja melabeli dia sebagai munaafik.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 9 lainnya memberi reputasi
Saran yang baik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darwinsilb dan 3 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 10


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di