CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
Galau: Gelisah antara Lanjut atau Udahan. Bijak Memutuskan, Tetap Tinggal atau Pergi?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5def7fe465b24d44572909af/galau-gelisah-antara-lanjut-atau-udahan-bijak-memutuskan-tetap-tinggal-atau-pergi

Galau: Gelisah antara Lanjut atau Udahan. Bijak Memutuskan, Tetap Tinggal atau Pergi?

Bagaimana kamu memutuskan untuk tetap tinggal, atau pergi; penjelasan hubungan antara toxic relationshipdengan fight or flight response; serta bagaimana memilih untuk menetap ketika kamu ingin pergi

Galau: Gelisah antara Lanjut atau Udahan. Bijak Memutuskan, Tetap Tinggal atau Pergi?

Mempertahankan eksistensi yang bahagia dengan manusia lain memiliki tantangan, bahkan dengan seseorang yang sangat kamu pedulikan. Seperti semua di dunia ini, hubungan berubah seiring waktu dan pasti memiliki setidaknya beberapa masalah.

Hubungan dan Dorongan Fight or Flight Response

Apa itu Fight or Flight Response?
Galau: Gelisah antara Lanjut atau Udahan. Bijak Memutuskan, Tetap Tinggal atau Pergi?

Pada keadaan dengan pernyataan: "Aku mencintainya tanpa syarat meskipun dia sering menyakiti hatiku" atau "Sikapnya membuatku tidak bisa memaafkannya lagi" terlihat sebagai keputusan yang cukup jelas. Tetap tinggal, atau pergi. Namun, di antara keputusan itu, ada area abu-abu tempat dari semua alasanmu untuk tetap tinggal meskipun terkadang tidak bahagia, dan semua alasan yang harus kamu tinggalkan meskipun terkadang bahagia.

Orang yang memilih meninggalkan suatu hubungan setelah melewati segala perdebatan di atas, mungkin akan mengalami fobia komitmen atau lazim disebut relationship anxiety. "Penyebab fobia komitmen sama beragamnya dengan orang yang menderita itu," tulis John Grohol, Psy.D. Dia telah menemukan bahwa banyak orang dengan fobia komitmen enggan untuk berkomitmen pada hubungan romantis kembali karena pengalaman buruk mereka sebelumnya, atau yang telah mereka saksikan, seperti perceraian orang tua.

Penyebab umum lainnya termasuk: takut hubungan berakhir tanpa ada tanda-tanda, ketidakmampuan untuk menentukan dan memercayai bahwa ini adalah hubungan yang "benar", hubungan yang tidak sehat sebelumnya (pengabaian, perselingkuhan, pelecehan, dll.), atau trauma masa kecil seperti besar dan tumbuh di tengah keluarga yang rusak.

Orang-orang dengan fobia komitmen biasanya ingin berada dalam hubungan jangka panjang, tetapi kecemasan mereka mengalahkan keinginan itu. Pada beberapa kasus, ada yang benar-benar mencegah dirinya terlibat hubungan romantis sama sekali. Sebagian lagi mungkin berkomitmen pada awalnya, tetapi hanya tinggal dalam hubungan jangka pendek, selama hitungan hari atau minggu saja. (Grohol, 2015)

Galau: Gelisah antara Lanjut atau Udahan. Bijak Memutuskan, Tetap Tinggal atau Pergi?

Ketika suatu hubungan menjadi sulit, kamu sering tergoda untuk menyalahkan diri sendiri, pasangan, atau keduanya. Sibuk menyalahkan itu membuat kamu tidak lagi melakukan hal yang diperlukan oleh hubungan, tulis penulis buku percintaan, Linda dan Charlie Bloom. Sebagian orang ada yang memulai hubungan baru sambil berharap kali ini akan berubah atau berbeda, atau menghindari hubungan sama sekali.

Namun, apa pun yang dipilih, kamu sedang melakukan hal untuk: menerima tanggung jawab atas kebahagiaanmu sendiri, meminta pertanggungjawaban diri sendiri, mengakui kemampuanmu untuk melakukan perubahan, melepaskan pikiran bahwa orang lain bertanggung jawab atas perasaanmu, mengampuni mereka yang telah mengecewakanmu, dan memaafkan diri sendiri atas kesalahan dan pilihanmu yang buruk, menjadi lebih membuka hati sambil memberikan keamanan dan kenyamanan diri sendiri, membuat dan menjaga komitmen untuk integritas diri sendiri, mengakui nilai-nilai dirimu dan menjalankan apa yang kamu pikir penting. (Bloom & Bloom, 2012)

Pertimbangan untuk Menetap Ketika Kamu Ingin Pergi

Sejumlah mitos salah tentang relationship telah membuat sebuah hubungan yang kuat sekalipun menjadi sulit dipertahankan--bahkan tidak mungkin. Seperti beberapa hal umum ini:

Hubungan yang baik berarti kamu tidak perlu mengusahakannya
Galau: Gelisah antara Lanjut atau Udahan. Bijak Memutuskan, Tetap Tinggal atau Pergi?

Hubungan yang baik mungkin tampak mudah, tetapi tetap saja membutuhkan perhatian. Lisa Blum, Psy.D, menjelaskan bahwa selama kedua pasangan berusaha dan melihat perubahan positif sedang dibuat, itu pertanda baik. Masalah muncul ketika kamu tidak bahagia karena tidak mendapatkan kadar kebahagiaan yang kamu standarkan, atau ketika hanya satu pasangan saja yang melakukan upaya.

Baca juga: Dia Memandangmu Pasangan atau Selingkuhan? Kenali Tanda-tandanya

Dia harus tahu bagaimana perasaanku

Galau: Gelisah antara Lanjut atau Udahan. Bijak Memutuskan, Tetap Tinggal atau Pergi?

Tidak adil dan tidak realistis jika mengharapkan pasanganmu menjadi pembaca pikiran. Namun, apakah pasanganmu benar-benar mendengarkan kata-katamu saat kamu menyampaikan perasaan, sebaiknya itu yang dijadikan ukuran.

Jika keduanya benar-benar jatuh cinta, gairah tidak akan pernah pudar

Galau: Gelisah antara Lanjut atau Udahan. Bijak Memutuskan, Tetap Tinggal atau Pergi?

Gairah surut dan mengalir dan belum tentu merupakan indikasi bahwa hubunganmu sedang dalam masalah. Blum mengatakan bahwa rutinitas harian dapat menjadi biang keladinya dan menyarankan pasangan menemukan cara untuk menciptakan waktu bagi satu sama lain.

Pertengkaran merusak hubungan

Galau: Gelisah antara Lanjut atau Udahan. Bijak Memutuskan, Tetap Tinggal atau Pergi?

Sesuatu yang meruntuhkan hubungan justru jika memilih tidak menyelesaikan pertengkaran kalian. "Pertengkaran bisa benar-benar sehat, dan merupakan bentuk komunikasi yang penting dan membersihkan suasana," kata Blum. Pertengkaran juga bentuk dari usaha bagaimana kalian melawan masalah. Menunjukkan penghinaan pada pasangan melalui superioritas, kritik, tuduhan, atau penghinaan adalah tidak produktif. Argumen yang produktif termasuk keputusan bersama tentang bagaimana mengelola perselisihan. (Tartakovsky, Blum, 2016)

Terapi pasangan hanya untuk hubungan yang bermasalah

Galau: Gelisah antara Lanjut atau Udahan. Bijak Memutuskan, Tetap Tinggal atau Pergi?

Sementara orang sering menunggu sampai mereka menderita untuk waktu yang lama sebelum mencoba terapi, terapi bisa lebih bekerja efektif pada saat tanda-tanda pertama konflik. Lebih mudah untuk mengatasi apa yang terjadi dan mengembangkan masalah sejak dini, sebelum pola negatif tertanam dan lebih sulit untuk berubah.

Referensi: mariadroste | Ilustrasi: google
profile-picture
profile-picture
profile-picture
danymarta dan 26 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh elvici
Halaman 1 dari 9
reserve for index
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Sesuatu yang meruntuhkan hubungan justru jika memilih tidak menyelesaikan pertengkaran
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh elvici
semoga kita bisa jaga pasangan sampai akhir hayat. aamiin.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
hmmm rempong kalo hubungan asmara itu ... pasti ada berantem berantemnya deh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
nah kalo.ini aku banget.
ekekeke.. kadang dulu pengen udahan tapi hati masih sayank.. gimana dong
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan elvici memberi reputasi
Saling memahami, memaafkan dan pengertian itu kuncinya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Aamiin, Mbak 😊
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan nofivinovie memberi reputasi
Quote:


Share pengalaman, bun
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan anna1812 memberi reputasi
Quote:


Nah itu, ada penjelasannya di atas
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan anna1812 memberi reputasi
Quote:


Berantem bumbu awetnya hubungan.
*Katanya
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan adnanami memberi reputasi
Yup, berantem atau beradu argumen setiap pasangan lumrah terjadi. kuncinya ya saling menahan diri. bila pasanganmu sedang emosi baiknya menghindar/diam agar pertengkaran tidak semakin menjadi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 2 lainnya memberi reputasi
Hm ... Mencintai orang yang tidak mengerti perasaan kita memang sakit, terus harus bagaimana? Apa yang harus dilakukan?

Kembali kepada orang yang menjalani, mau mencoba mencari yang lain (dengan hasil random) atau tetap dengan yang sekarang (toxic relationship)?

Tentu keduanya memiliki resiko yang berbeda beda, semisal bertahan ya tau sendiri akan seperti apa!

Sedangkan mencoba hal random?
Kita biss mendapatkan yang lebih baik atau bahkan lebih buruk, hm ... Tapi setidaknya ada harapan untuk bisa bahagia.

Jadi mau pilih yang mana? emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 5 lainnya memberi reputasi
Quote:


Saya banget ini. Sukanya menghindari pertengkaran trus diam
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan syafira87 memberi reputasi
Quote:


Insya Allah emoticon-Angel
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 2 lainnya memberi reputasi
bumbu percintaan. Pasti ada pasang surut dalam asmara. Semoga bisa menjaga komitmen dan kejujuran sampai akhir hayat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 2 lainnya memberi reputasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Ane pun sering gitu, diam, pura-pura tidur. Kalau ane sedang emosi Paksunya pergi, dia tau ane kalau lagi marahan suka nyeracau gak jelas.
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan elvici memberi reputasi
Quote:


Hihihihihi. Maaciiih
emoticon-Kiss
Intinya, agar tidak tercipta toxic relationship, harus ada timbal balik yang nggak melulu diusahakan ya. Jd, jangan 1 pihak aja yang berjuang. Bener, kan?

Hohoho. Sekali lagi, makasih ya untuk tulisannya. I'd love it 😘😘😘
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ajang.dee dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Melengkapi thread. Terima kasih, Gan 👍😊
Halaman 1 dari 9


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di