CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Kekoreaan /
4 Fakta Budaya "Oplas" di Korea Selatan, No 2 Ngubah Stigma
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5de9a113c0cad77fbd1f912d/4-fakta-budaya-quotoplasquot-di-korea-selatan-no-2-ngubah-stigma

4 Fakta Budaya "Oplas" di Korea Selatan, No 2 Ngubah Stigma



Apa yang langsung terlintas di pikiranmu ketika menyebut negara Korea Selatan? Pasti langsung capcus berpikir tentang K-Pop, drakor, dan praktik operasi plastik yang sudah menjadi stigma di mata orang Indonesia non pecinta K-Pop dan K-Drama. Well, sebenarnya tak patut disalahkan dan tak patut dibenarkan juga. Sebab, ketika men-judge suatu hal, haruslah melihat dari dua sisi, yakni positif dan negatif.

Operasi plastik di Korea Selatan memang bukan lagi hal yang aneh dan tabu. Bagi yang ingin tampil cantik, ganteng, dan menarik kemudian didukung dengan badget yang mumpuni, maka ditempuhlah cara instan namun beresiko yakni operasi plastik.

Berikut beberapa fakta seputar budaya operasi plastik di Korea Selatan yang udah ane rangkum, tentunya dengan memandang dari dua sisi.


1. Sejarah Singkat Operasi Plastik di Korea Selatan


Operasi plastik di Korsel mendapat pengaruh besar dari Amerika dan Eropa. Dokter asal Korea, Yoo Dae Juk ketika pulang belajar dari sana, menyadari pentingnya operasi plastik dan memperkenalkannya. Maka pada tahun 1966, didirikanlah Korean Society of Plastic Reconstuctive Surgeons. Bahkan pada tahun 1975, dibentuk kurikulum pendidikan untuk bidang operasi plastik secara profesional.

Dulu, oplas di Korsel hanya bisa dirasakan oleh orang kaya saja. Sekarang? Bahkan remaja pun bisa melakukan operasi plastik demi menunjang penampilan dan karier.

Hingga tahun 2017, tercatat sekitar 1.414 klinik operasi plastik terdaftar di Korea Selatan. Luar biasa, ya?emoticon-Smilie


2. Bukan Negara dengan Tingkat Operasi Plastik Terbanyak di Dunia


Meskipun sering di-judge sebagai negara oplas, nyatanya Korsel bukanlah negara dengan praktik oplas terbesar di dunia. Lantas, siapa?

Amerika Serikat, pelopor operasi plastik modern lah tempatnya. Dikutip travel.tribunnews.com, prosedur operasi plastik pada tahun 2017 mencapai 4 juta. AS menduduki peringkat pertama disusul Brazil di posisi kedua dan Jepang di posisi ketiga. Kaget? Ya, ane pun kaget sebenarnyaemoticon-Big Grin.

Meskipun begitu, prosedur operasi plastik Korea Selatan salah satu yang terbaik di dunia. Tingkat kesempurnaan hasilnya fantastis dan tak perlu diragukan lagi. Pusat klinik operasi plastik terbaik di sana dapat ditemukan di Gangnam Street, Kota Seoul.


3. Operasi Plastik Tuk Karier, Penampilan, dan Kebahagiaan


Bukan hoaks jika penampilan ialah hal terpenting di Korsel. Standar kecantikan orang Korsel ialah kulit putih, hidung mancung, mata besar, dan dagu runcing. Standar cantik yang turun menurun menjadi mindset sebagian besar masyarakat Korea Selatan. Hadirnya operasi plastik menjadi salah satu jalan pintas terbaik bagi mereka yang tak puas dengan bentuk wajah maupun bentuk tubuh.

Luar biasanya, operasi plastik di Korsel sering dijadikan hadiah dari orangtua ke anaknya pada hari ulang tahun ataupun ketika sang anak memperoleh nilai yang bagus di sekolah. Selain itu, perusahaan-perusahaan besar di Korea Selatan memang sangatlah memperhatikan penampilan karyawan maupun calon karyawan. Maka bagi mereka yang merasa di bawah standar, oplas jadi alternatif terbaik.

Intinya, penampilan ialah modal utama mendapatkan kebahagiaan dari berbagai aspek.


4. Punya Prosedur Oplas Paling Favorit


Terlahir dari Asia, ras mongoloid, dan memiliki satu lipatan kelopak mata alias sipit membuat masyarakat Korsel berbondong-bondong melakukan oplas pada kelopak mata mereka. Prosedurnya yakni dokter bedah memasukkan lipatan ke dalam kelopak mata sehingga mata terlihat lebih besar. Jadilah mata besar seperti orang Barat seperti standar kecantikan mereka.

Mayoritas pelanggan oplas double-eyelid ini ialah remaja karena prosedurnya yang ringan dan mudah.


Itulah beberapa fakta mengenai budaya operasi plastik di Negeri Ginseng yang selayaknya kita ketahui, tentunya dengan mempertimbangkan aspek positif dan negatifnya.

Jika disuruh memilih, lebih suka kecantikan alami yang terpancar dari hati atau kecantikan buatan? Apa pendapat Agan soal budaya "Oplas" ini? Silakan berdiskusi di kolom komentaremoticon-Smilie


Referensi : Dari berbagai sumber, Tenesia, viva.id, idntimes,
profile-picture
profile-picture
profile-picture
etaslim dan 28 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mbakendut
Halaman 1 dari 11
Amankan pejwan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 2 lainnya memberi reputasi
Selamat datang dan silakan berdiskusi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
betiatina dan 3 lainnya memberi reputasi
serem juga ,kalo pingin keturunan penampilan menarik mestinya nikah bukan lingkungannya kan masih banyak orang penampilan sangat baik secara alami emoticon-Nohope
profile-picture
profile-picture
profile-picture
.abi dan 2 lainnya memberi reputasi
disinilah pentingnya suatu rasa syukur..

hehehe
profile-picture
mbakendut memberi reputasi
Aku menerima apapun ciptaan tuhan.
emoticon-Jones
profile-picture
mbakendut memberi reputasi
Tak kebayang di hari tuanya nanti, efek samping nya seperti apa🙄
profile-picture
mbakendut memberi reputasi
Quote:


Ya, udh mindset sihemoticon-Big Grin. Cantik harus kayak di atas
Quote:


InsyaAllah gantengnya terpancar kalo pinter dan rajin ibadahemoticon-Kimpoi
Quote:


Siapemoticon-Big Kiss
kalo dewinya korea song hye kyo si janda pemes emoticon-Leh Uga
gak pake oplas2an wong udh cantik luar biasa dri janin emoticon-Cool
profile-picture
mbakendut memberi reputasi
Quote:


Bakal mengkerutemoticon-Bingung
Quote:


Ya, katanya dia gak oplas sihemoticon-Leh Uga
Lihat 4 balasan
Balasan post mbakendut
Quote:


no oplas2an mah SHK, natural cuantik emoticon-Cool
profile-picture
mbakendut memberi reputasi
Oplas aku dong biar kurus
Hiks
Ada yang bikin putih ga Gan?
profile-picture
mbakendut memberi reputasi
Lihat 1 balasan
tetep aja mau cakep kek begimana pun pas nanti kawln trus punya anak, anaknya mirip versi sebelom oplas.. emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
odysseyprime66 dan mbakendut memberi reputasi
Balasan post pertotperbaik
@pertotperbaik meding kite oplas si antociu aja gan biar mirip onta emoticon-Ngakak
profile-picture
mbakendut memberi reputasi
Balasan post qoni77
suntik vitamin C aja sis tra bisa bikin putih emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
qoni77 dan mbakendut memberi reputasi
Balasan post mbakendut
@MaryoIrawan anjir lau mampir kesini emoticon-Leh Uga
antociu mah gak usah dioplas, karna emang dri sananya kyk onta.
mungkin oplas buat dibikin kadal emoticon-Wkwkwk
profile-picture
mbakendut memberi reputasi
Balasan post pertotperbaik
@pertotperbaik ane d kacangin sama dia emoticon-Turut Berduka udh lelah dia ladenin ane gan emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
pertotperbaik dan mbakendut memberi reputasi
klo korut ada oplas juga ga?
profile-picture
mbakendut memberi reputasi
Halaman 1 dari 11


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di