CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Sejarah Tempat Inspiratif Dari Sebuah Istana Sultan Deli, Sumatera Utara.
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5de963b94601cf7cfe47f1f3/sejarah-tempat-inspiratif-dari-sebuah-istana-sultan-deli-sumatera-utara

Sejarah Tempat Inspiratif Dari Sebuah Istana Sultan Deli, Sumatera Utara.

Sejarah Tempat Inspiratif Dari Sebuah Istana Sultan Deli, Sumatera Utara.
Sejarah Tempat Inspiratif Dari Sebuah Istana Sultan Deli, Sumatera Utara.

MLDSPOTKONTENHUNT dan KASKUSXMLDSPOTseason 3 kali ini adalah event untuk mengungkapkan sebuah inspirasi hidup yang dimiliki oleh tiap-tiap kreator KasKus, inspirasi temanya adalah INSPIRING PEOPLE/PRODUCT/PLACE/COMMUNITY.

TASTETHELOCAL dari tema inspiring Place adalah sebuah tempat inspirasi menarik yang akan gw tulis pada kesempatan kali ini, dan nama dari kisah inspiratif tersebut adalah Istana Maimun dari Kesultanan Deli, Sumatera Utara.

Bagaimanakah kisah inspiratif dibalik tempat tersebut? Dan apa saja fakta sejarahnya?
Mari scroll kebawah ya gan!
emoticon-Jempol


Quote:


Istana Maimun sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu, kendati demikian istana tersebut masih berdiri dengan gagahnya dan menjadi icon kebanggaan kota Medan.

Istana Maimun dibangun sendiri oleh Sultan Deli yang memiliki nama asli Sultan Maimun Al-Rasyid merupakan penguasa pada masa Kerajaan Sumatera, dan memakan waktu sampai 10 tahun untuk pembangunannya.

Meski sudah berumur ratusan tahun, istana tersebut masih berdiri dengan megahnya dan menjadi bukti perkasanya kesultanan Deli pada masa itu.

Wow! Walau sudah berumur seabad lebih, namun bangunan tersebut masih perkasa dari dal dan kinclong dari luar gan. Sungguh ada sebuah karya yang hebat dibalik megahnya istana Sultan Deli.
emoticon-2 Jempol


Quote:


Unik dan menarik sih nama dari istana tersebut, beda dari nama istana yang lain. Namun tahukah anda? bahwa Sejarah dari nama istana tersebut memiliki 2 versi, yaitu nama dari seseorang dan kata dari bahasa Arab yang berarti "Berkah".

Jika melihat kondisi bangunannya yang masih kokoh sampai sekarang, nama yang disematkan yaitu Maimunah memang cocok gan, yakni sebuah "keberkahan".

Namun jika melihat dari versi yang lainnya, bahwa Maimunah adalah sebuah nama dari istrinya juga mengalami kecocokan, kesimpulannya adalah nama "Maimunah" berkaitan erat antara nama sang istri dan juga bahasa Arab yang berarti "berkah".

Wah, berarti bangunan tersebut memiliki fakta sejarah yang hampir sama dengan Taj Mahal yang ada di negara India.
emoticon-cystg


Quote:


Fakta sejarah lainnya yang ada pada istana Sultan Deli adalah bahwa arsitektur dari rancangan ruangannya memiliki 2 jenis khas kebudayaan, yaitu timur tengah dan melayu.

Kedua jenis nuansa tersebut dipadukan dalam satu bangunan istana Sultan Deli, hal tersebut terlihat jelas dari rancangan atap, perabotan, dan juga warna dari ruangan istana.

Dengan perpaduan dari kedua budaya tersebut, terciptalah sebuah nuansa indah dan megah pada ruangan istana. Dan hal itu sangat memanjakan mata, dan betah berlama-lama disana.
emoticon-Peluk


Quote:


Selain nuansa ruangannya yang indah, ternyata konsep dari ruangan tersebut juga memiliki satu kebudayaan tambahan, yaitu Eropa.

Istana Sultan Deli memiliki ruangan yang sangat luas, akan tetapi hanya memiliki 2 lantai saja pada bangunan bersejarah tersebut.

Dan juga, istana tersebut memiliki 3 bagian ruangan, induk, sayap kanan dan sayap kiri. Wow, kayak mau terbang aje tuh istana punya ruangan sayap.
emoticon-Leh Uga


Quote:


Nah, selain istananya yang megah dan ruangannya yang indah, disana masih menyimpan suatu benda bersejarah juga tuh, yaitu Meriam Buntung.

Menurut mitos, meriam tersebut merupakan jelmaan Putri Hijau yang cantik jelita, karena sebuah pinangan ditolaknya akhirnya terjadilah serangan ke istana, dan sang Putri pun berubah wujud menjadi sebuah meriam buntung untuk memerangi musuh yang menyerang.

Namun menurut catatan sejarah, meriam buntung tersebut digunakan oleh Sultan Deli untuk memerangi penjajah yang ingin menguasai kerajaannya.

Apapun ceritanya, kesimpulan dari meriam buntung adalah sebuah peninggalan sejarah yang dulu pernah dimiliki pada kesultanan Deli.
emoticon-Recommended Seller

Sejarah Tempat Inspiratif Dari Sebuah Istana Sultan Deli, Sumatera Utara.

Sejarah adalah sebuah inspirasi terbesar manusia untuk melakukan perubahan dalam hidupnya, entah itu sebuah benda, tempat, sosok, dan lain sebagainya.

Dengan mempelajari sebuah sejarah, maka seseorang tersebut akan mendapatkan sebuah inspirasi yang luar biasa dalam perubahan diri.

Salah satu dari orang tersebut adalah gw sendiri, yang belajar menjadi bijaksana seperti Sultan Deli, dan memiliki mental kokoh seperti bangunan istananya.


Sejarah Tempat Inspiratif Dari Sebuah Istana Sultan Deli, Sumatera Utara.

Narasi: Opini Pribadi.
Referensi Berita: (idntimes.com)
Sumber gambar: Google images.

Sejarah Tempat Inspiratif Dari Sebuah Istana Sultan Deli, Sumatera Utara.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
NadarNadz dan 2 lainnya memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di