CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Sports / Sports /
Curhatan 2 pelatih belanda selama melatih timnas indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5de86a05b8408839f17b96f3/curhatan-2-pelatih-belanda-selama-melatih-timnas-indonesia

Curhatan 2 pelatih belanda selama melatih timnas indonesia

Curhatan 2 pelatih belanda selama melatih timnas indonesia

Pelatih dari negeri kincir angin yang pernah melatih indonesia sudah cukup banyak, diantara nya wiel coerver, wim rijsbergen, foppe de haan. Pelatih pelatih ini merupakan pelatih yang top dan memiliki sejumlah prestasi.

Gue akan menyajikan curhatan pelatih pelatih tersebut khususnya wim dan foppe selama mereka melatih timnas indonesia.

1. Foppe de haan

Siapa tak kenal sosok pelatih legendaris Belanda Foppe de Haan? Sosok yang menemukan penyerang De Oranje bertalenta, Marco Van Basten, Klaas-Jan Huntelaar, hingga Ryan Babel itu sempat singgah ke Indonesia pada medipo 2000-an.

Foppe de Haan sempat menjadi pelatih kepala Timnas Indonesia U-23 saat berlaga di Asian Games 2006 Qatar. Pelatih yang sukses mengantarkan Belanda juara Piala Eropa U-21 2006 dan 2007 itu ternyata tak bertaji menangani Tim Garuda Muda.

Pelatih yang menangani SC Heerenveen selama 19 tahun (1985-2004) hanya dapat waktu empat bulan menempa para pemain yang menjalani TC di negaranya, Belanda. Ia didampingi pelatih lokal Bambang Nurdiansyah.

Sayang tempaan yang diberikan sang mentor tak membuat Timnas Indonesia U-23 yang dihuni pemain belia macam Bobby Satria serta Ahmad Bustomi jadi bulan-bulanan di penyisihan. Timnas dipermak 0-6 oleh Irak, kalah 1-4 dari Suriah, serta hanya bermain imbang 1-1 kontra Singapura.

Selepas Asian Games ia diberhentikan Ketua Umum PSSI saat itu, Nurdin Halid.

"Pemain-pemain Indonesia sudah salah urus sejak usia dini. Mereka tidak mendapat bekal latihan cukup. Di level U-23 semestinya saya sudah fokus melatih mereka memahami strategi sepak bola, tapi pada kenyataannya saya harus melatih mereka dengan teknik-teknik dasar yang semestinya sudah mereka pelajari saat berusia 15 tahun," katanya.

ia membuka kartu bahwa ada pola menitip pemain di Timnas Indonesia. "Di sana, ada kalangan yang mempertaruhkan prestise di timnas. Meski timnya lemah, mereka tidak mau tahu. Yang penting hasilnya harus bagus. Kalau tim gagal, yang lebih mudah disalahkan adalah pelatih supaya dia sendiri terhindar."

De Haan mengatakan sewaktu menangani Indonesia U-23, dirinya tidak bisa memanggil pemain sesuai strategi yang akan diterapkan.

Pria kelahiran 6 Juni 1943 tersebut mengatakan sewaktu menangani Indonesia U-23, dirinya tidak bisa memanggil pemain sesuai strategi yang akan diterapkan. Bahkan, pelatih yang pernah dua kali membawa Belanda menjuarai Euro U-21 ini menduga adanya pemain titipan dalam timnas.

"Kemungkinan ada pengaruh kolusi atau nepotisme. Sebab, belakangan kami dengar ada pemain-pemain lebih bagus yang tidak terseleksi," sambungnya.

Realitanya saat menempa Timnas Indonesia u-23, Foppe de Haan sudah disodori nama-nama pemain yang sudah diseleksi di Indonesia oleh Bambang Nurdiansyah. Ia tak bisa melakukan perubahan materi pemain.


Curhatan 2 pelatih belanda selama melatih timnas indonesia


2. Wim rijsbergen

Curhatan 2 pelatih belanda selama melatih timnas indonesia

Wim Rijsbergen datang jadi pelatih Timnas Indonesia dengan rapor karier cemerlang. Ia legenda hidup Feyenoord Rotterdam dan menjadi bagian Timnas Belanda yang menjadi runner-up pada Piala Dunia 1974 dan Piala Dunia 1978.

"Melatih di Indonesia sebuah mimpi buruk. Susah sekali berurusan dengan baik dan benar di negara tersebut," katanya.

"Banyak hal yang tahu-tahu terjadi begitu saja. Sepertinya kekuatan lama ingin mengambil kekuasan kembali. Tapi saya tidak ingin ikut campur lagi. Saya di sini untuk sepak bolanya dan bukan politik."

Ia menyebut pemain timnas bukan hasil seleksinya. Alfred Riedl yang menyusun formasi kesebelasan. "Mereka baru saling bertemu satu hari sebelum saya mulai di sini," cerita Wim.

"Waktu pertama kali butuh empat hari sampai seluruh pemain lengkap. Yang satulah tantenya meninggal, yang satu lagi ini, yang sana itu. Selalu ada sesuatu. Dan kalau saya berkomentar, mereka hanya berkata 'This is Indonesia,' lalu nyengir," sambung Wim.


Itulah beberapa curhatan dari pelatih pelatih belanda yang pernah melatih timnas indonesia, dilihat dari curhatan mereka terlihat bahwa mereka begitu kecewa dengan kondisi sepakbola indonesia, mulai dari pssi hingga ke pemain timnas itu sendiri.

Sekian dan terima kasih emoticon-Salam Kenal



Referensi:
https://m.bola.com/amp/4126603/ruud-gullit-kandidat-pelatih-timnas-indonesia-sejarah-mencatat-pelatih-belanda-selalu-gagal-total-di-tim-garuda

Sumber gambar :
Google
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Jazed dan 21 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Stephen.cau
Halaman 1 dari 6
"Pemain-pemain Indonesia sudah salah urus sejak usia dini. Mereka tidak mendapat bekal latihan cukup. Di level U-23 semestinya saya sudah fokus melatih mereka memahami strategi sepak bola, tapi pada kenyataannya saya harus melatih mereka dengan teknik-teknik dasar yang semestinya sudah mereka pelajari saat berusia 15 tahun,"

sampe timnas senoir pun passing masih grotal gratul emoticon-Ngakak (S)
ga bakalan maju emoticon-Peace
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ambarawan dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Lebih mudah melatih untuk merakit bom bunuh diri daripada sepak bola.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
IGNOTUM dan 12 lainnya memberi reputasi
pemain titipan bah
rusak kali mental manusia di Indonesia ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jazzcoustic dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
timnas bangsa t .....sry emosi...oh timnas ga boleh dihina dan dibangsa t bangsa t in gitu? cuma pssi dan kroninya? salam ngento t! emoticon-fuck
profile-picture
profile-picture
profile-picture
LittleFrozZan dan 8 lainnya memberi reputasi
"Melatih di Indonesia sebuah mimpi buruk. Susah sekali berurusan dengan baik dan benar di negara tersebut," 

emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ambarawan dan 5 lainnya memberi reputasi
ini Indonesia Misterremoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
andikaap12 dan 2 lainnya memberi reputasi
ooooo...
ternyataaa...
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
bisa gitu ya
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Quote:


mantan pelatih timnas saja sampai bilang begini dan saya sebagai penonton awam juga merasa memang ada kecenderungan seperti itu sejak lama tapi dulu hanya sebatas dugaan. karena aneh saja rasanya dari begitu banyak penduduk indonesia dan untuk mencari pemain-pemain terbaik saja begitu sulit sampai harus menggaet pemain naturalisasi yang hasilnya juga tetap kurang memuaskan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ordinaryvoice dan 2 lainnya memberi reputasi
gw gk demen sepak bola
dan gw bangga emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ordinaryvoice dan 2 lainnya memberi reputasi
Selama pembibitan usia dini masih seperti dulu2 jngan harap timnas bisa maju permainannya
profile-picture
simsol... memberi reputasi
karena itu selama masih ada pssi yg isinya kelompok itu...
sepakbola indo cmn jln d tempat sampai jepang juara dunia...
emoticon-Ngakak emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
arifkeanukalle dan simsol... memberi reputasi
wkwkwk this is indonesia emoticon-Ngakak
profile-picture
simsol... memberi reputasi
terus sok ngegalakin kirim2 talenta muda keluar negeri, ujung2nya keok juga pas jadi senior karena sistem titip2an ini. exconya nih bangke2 harus pada digantiin sama yg bener2 tulus ngurusin sepakbola indonesia
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Huahahahaha
profile-picture
simsol... memberi reputasi
IMHO, kata opa De Haan gak sepenuhnya bener juga sih
Liat aja Timnas U-22 yg di SEA games sekarang
Mainnya lumayan kan?
Yg bermasalah itu kompetisi kita
Begitu balik ke kleb, gobloknya kambuh lagi :ceyem
profile-picture
profile-picture
profile-picture
simsol... dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh MirrorBoy
sepengamatan saya sejauh ini, sebenarnya di level U-16 dan ssb kualitas pemain kita itu sebenarnya sudah bagus. mereka bermain dengan teknik-teknik yang lumayan prospektif lah istilahnya. memang entah mengapa semakin tua apalagi kalau sudah main di timnas senior, sepertinya skill-skill pemain kita jadi menurun jauh. ya itu merupakan salah satu indikasi bobroknya PSSI mungkin. PSSI masih terjebak dalam dunia mafia entah sampai kapan harus begini
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Ya gimana ya
Sepakbola yang seharusnya pemainnya punya mental siap tempur, siap menang, siap kalah, siap dipermalukan, tapi ya kenyataannya negara kita ini negara yang santuy2 asik.
profile-picture
simsol... memberi reputasi
Diubah oleh doombringer2211
Balasan post Elf.sins
Memang pokok permasalahan paling dasar dari sepakbola Indonesia yah itu... Teknik dasar bermain sepakbola bola yang masih banyak salah nya
profile-picture
profile-picture
jhendyouq dan simsol... memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di