CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
5 Tempat Inspirasi Bangsa, Yang Menjadi 'Saksi Bisu' Kemerdekaan NKRI.
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5de817c26df231105b562456/5-tempat-inspirasi-bangsa-yang-menjadi-saksi-bisu-kemerdekaan-nkri

5 Tempat Inspirasi Bangsa, Yang Menjadi 'Saksi Bisu' Kemerdekaan NKRI.

5 Tempat Inspirasi Bangsa, Yang Menjadi 'Saksi Bisu' Kemerdekaan NKRI.
5 Tempat Inspirasi Bangsa, Yang Menjadi 'Saksi Bisu' Kemerdekaan NKRI.

Pada event MLDSPOTKONTENHUNT dan KASKUSXMLDSPOT season 3kali ini kreator KasKus mendapatkan kesempatan mengungkapkan salah satu dari INSPIRING PEOPLE/PRODUCT/PLACE/COMMUNITY.

Ungkapan ekspresi tentang suatu inspirasi tersebut dituangkan ke dalam bentuk sebuah tulisan, dan hal itu adalah sebuah misi dalam MLDSPOTKONTENHUNT dan KASKUSXMLDSPOT season 3 kali ini.

Gw sebagai salah satu kreator dari KasKus ingin menerima tantangan tersebut dan akan menulis sebuah inspirasi TASTETHELOCAL tentang 5 Tempat terinspirasi menurut gw, karna tempat-tempat tersebut menjadi saksi bisu dari kemerdekaan Indonesia.

Penasaran dengan tempat-tempat tersebut? Dan bagaimana kisah sejarah dibalik tempat tersebut?
Tetap scroll kebawah ya GanSist?
emoticon-Jempol


Quote:


Tempat yang menjadi saksi bisudalam kemerdekaan Indonesia yang pertama adalah Istana Maimun, yaitu istana dari Sultan Mahmud Al-Rasyid yang ada di Medan, Sumatera Utara.

Istana Sultan Mahmud Al-Rasyid atau biasa dipanggil Sultan Deli ini sudah ada jauh sebelum Indonesia merdeka dari penjajahan, dan yang lebih menariknya lagi pembangunan Istana tersebut memakan waktu sampai 11 tahun lamanya loh. Wow!!

Pantesan bangunannya masih berdiri kokoh sampai sekarang, padahal umur dari bangunan itu sendiri sudah melewati masa 1 abad GanSist. Wohoho, ga nyangka banget kan kalau bangunan yang masih kinclong layaknya emas tersebut sudah berusia lebih dari 1 abad.

Selain bangunan istana, ada satu lagi benda yang juga merupakan saksi bisu dari kemerdekaan Indonesia, yaitu meriam buntung. Bahkan senjata legendaris itu juga ikut berjuang dalam masa pengusiran penjajah Belanda pada masa itu.

Gimana? Sangat inspiratif bukan sejarah dibalik kedua benda peninggalan sejarah tersebut?!
Dan tentunya kedua benda itu juga menjadi bagian dari sebuah kemerdekaan yang diraih oleh Nusantara ini.
emoticon-Angel


Quote:


Taman Sari yang ada di istana Kraton Yogja merupakan bangunan atau tempat yang ikut ambil bagian dari saksi bisu kemerdekaan Indonesia selanjutnya, pasalnya tempat yang menjadi bagian dari kerajaan istana kraton Yogja tersebut sudah ada jauh sebelum Indonesia Merdeka.

Bahkan Taman Sari tersebut lebih dulu ada ketimbang Istananya Sultan Deli, karena taman tersebut merupakan bekas taman istana kraton yogja ketika Sultan Hamengku Buwono I berkuasa.

Selain itu, taman sari tersebut akan berubah fungsinya menjadi sebuah Benteng kokoh ketika ada musuh atau penjajah yang menyerang istana. Wah, multifungsi ternyata!

Benar-benar sebuah ide kreasi yang luar biasa dari Sultan pertama kraton tersebut, dan juga bekas taman sari kerajaan tersebut masih ada sampai sekarang, dan berubah fungsinya menjadi objek wisata. Terimakasih untuk peninggalan sejarah hebatnya Kek.
emoticon-Peluk


Quote:


Meskipun Jam Gadangadalah sebuah hadiah bangunan dari Ratu Belanda kepada Sekretaris Kota Bukit Tinggi pada masa itu, yaitu Rook Maker.

Namun tempat atau bangunan tersebut sudah ada sebelum Indonesia merdeka dan juga menjadi saksi bisu dari sebuah kemerdekaan yang diraih Nusantara pada kemudian hari.

Kira-kira jasa apa yang sudah dilakukan oleh Agan Rook Maker ya? Sampai-sampai nyonya Ratu Belanda menghadiahinya dengan sebuah bangunan Jam Gadang?
Hmm.. pasti sesuatu yang besar dan inspiratif pernah dilakukannya.
emoticon-cystg


Quote:


"Nanggroe Aceh nyoe, tanoeh lon sayang. Tanoeh keuneubah, endatu moyang."
Ada yang tau lirik tersebut? Ga ada ya?!
Yasudahlah, kita lanjut aja lagi.
emoticon-Betty
Mesjid Raya Baiturrahman, merupakan tempat suci kebanggan rakyat Aceh. Karena selain usianya yang sudah berabad-abad lamanya, Mesjid tersebut juga merupakan peninggalan sejarah dari Kesultanan Aceh, yaitu Sultan Iskandar Muda.

Mesjid Raya Baiturrahman juga pasti menjadi salah satu saksi bisu kemerdekaan Indonesia, dan juga menjadi saksi gigihnya perjuangan rakyat Aceh dalam mempertahankan wilayahnya dari kekuasaan Belanda.

Karena Belanda ingin menguasai 'daerah terakhir' yang ada di ujung pulau Nusantara ini, dan sempat pernah menguasai Mesjid tempat kebanggan rakyat Aceh tersebut dengan menyerang wilayah pesisir Aceh kala itu, dan membawa ribuan pasukannya.

Namun kekuasaan Belanda tak berlangsung lama diwilayah tersebut, karena rakyat Aceh melawan balik dan menolak untuk dikuasai. Akhirnya terjadi peperangan, dengan kemenangan dipihak rakyat Aceh.

Dan Belanda? Mengalami banyak korban pasukan, 4 orang Jendralnya ikut hilang kepala. Rakyat Aceh pun mengambil kembali apa yang sudah diambil oleh penjajah Belanda pada masa itu.

Tiap kali gw melihat bangunan Mesjid Raya Baiturrahman yang ada di Banda Aceh tersebut, darah gw mendidih karna mengingat akan sejarah tersebut. Karna tempat tersebut merupakan inspirasi terbesar gw dalam hal "perjuangan".
emoticon-Coblos


Quote:


Karena gedung tersebut merupakan sebuah karya orang belanda, maka secara otomatis menempatkannya kedalam salah satu tempat yang menjadi saksi bisu kemerdekaan Indonesia.

Yang unik dari sebuah tempat atau bangunan ini adalah, dulu didirikan oleh penjajah Belanda dan setelah kemerdekaan diraih tempat tersebut pun menjadi milik Negara Indonesia.

Namun semua itu bukanlah sebuah kebanggaan, yang menjadi kebanggan kita adalah perjuangan para pahlawan dalam meraih kemerdekaan. Inspirasi perjuangan tokoh pahlawan mengalir daram darah nadi anak bangsa. MERDEKA!!


5 Tempat Inspirasi Bangsa, Yang Menjadi 'Saksi Bisu' Kemerdekaan NKRI.

Sebuah tempat sejarah sangat bernilai harganya, untuk itu mari sama-sama kita menjaga, merawat, dan memelihara tempat-tempat peninggalan para tokoh perjuangan bangsa Indonesia pada jaman kemerdekaan.

TERIMAKASIH kepada generasi terdahuluku, yang sudah meninggalkan jejak inspirasi perjuangan kepada kami generasi sekarang. Dan akan kami sampaikan kepada generasi dimasa depan, betapa gagahnya engkau berjuang dalam merebut kemerdekaan.
emoticon-I Love Indonesia

5 Tempat Inspirasi Bangsa, Yang Menjadi 'Saksi Bisu' Kemerdekaan NKRI.

Narasi: Opini pribadi.
Referensi dan gambar: gotravelly.com

5 Tempat Inspirasi Bangsa, Yang Menjadi 'Saksi Bisu' Kemerdekaan NKRI.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rampratamadhan dan 6 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Wahh bagus bagus ya gan, gedung sate emang pantes sih masuk list ini salah satunya karena peristiwa bandung lautan api pas agresi militer belanda, nais info gan
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
Quote:


Yihaaaa
Horeee
Dirapel langsung
profile-picture
yaaha21 memberi reputasi
Quote:

Sekali merdeka, tetap merdeka!
emoticon-I Love Indonesia
Quote:

Merdekaa!!
emoticon-I Love Indonesia
Quote:

Yup. emoticon-Jempol
Quote:

Makasih juga gan udah mau mampir.
emoticon-Shakehand2
Quote:

emoticon-Ngakak
Quote:

emoticon-Hammer2
Quote:

Mudah2an.
emoticon-Leh Uga
Quote:

Ternyata, faktanya adalah sebuah hadiah ye?
emoticon-Hammer2
Quote:

Setuju.
emoticon-Recommended Seller
Quote:

Legendary.
emoticon-Cool
Quote:

Gasken gan.
emoticon-Ngacir2
Quote:

Jangan donk. Karna hanya orang hutan yang menganut budaya "siapa kuat, dia berkuasa".
Ya ga?
emoticon-Recommended Seller
Quote:

Raja Viking mah kite nye.
Jenglot aje digoreng. Ular dibuat tali lompat sama anak2.
emoticon-Leh Uga
Quote:

Reapect!
emoticon-Recommended Seller
Quote:

Kite digenerasi sekarang harus merawat, dan menjaganya untuk generasi dimasa mendatang gan.
emoticon-Shakehand2
Quote:

Nice info gan.
Makasih buat info tambahannya.
emoticon-Shakehand2
Quote:

Cuma mesjid raya yg pernah gw datengin.
emoticon-Mewek
Quote:

Yup, mari gan.
emoticon-Shakehand2
Quote:

Iye.
emoticon-Leh Uga
Quote:

Gw juga pengen ksono bre.
emoticon-Mewek
Quote:

emoticon-Recommended Seller
Quote:

Selamat.
emoticon-Selamat
Quote:

Wow, nice secret.
emoticon-Wow thanks gan.
Quote:

Berarti persepsi agan ga suka nyamperin tempat mewah kali. Senasib gan.
emoticon-Shakehand2
Quote:

emoticon-Recommended Seller
Quote:

Gw malah ngebet pengen ksno.
emoticon-Mewek
Quote:

Makasih bre.
emoticon-Shakehand2
Quote:

emoticon-Wow emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
akutenshi dan tiada.tara memberi reputasi
profile-picture
yaaha21 memberi reputasi
Dah sering ane ke istana maimun emoticon-Cool
Sekarang didalam org jualan semua emoticon-Cape d...

Ke jam gadang baru sekali waktu kecil
profile-picture
yaaha21 memberi reputasi
Diubah oleh ffsuperteam
mantap djiwa nih info nya emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol
profile-picture
yaaha21 memberi reputasi
Baru pernahnya ke gedung sate doang gan
profile-picture
yaaha21 memberi reputasi
istana maimun bagus
profile-picture
yaaha21 memberi reputasi
Quote:


Deket lohh gann
Hanya di bandung
profile-picture
yaaha21 memberi reputasi
Quote:


Wkkwkwkkw
Poto jaman smp masukin ig bae
profile-picture
yaaha21 memberi reputasi
Mantap
profile-picture
yaaha21 memberi reputasi
ane orang Medan tapi belum pernah ke istana Maimoon dan serasa ogah, apa mungkin karena gak tahu sejarah perlawanan mereka terhadap penjajah atau karena gimmick orang Deli yang tidak enak dipandang. entahlah
profile-picture
yaaha21 memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
udah pernah kesana semuanya kecuali ke Mesjid Raya Baiturrahman..
profile-picture
yaaha21 memberi reputasi
tamansari , disana ada terowongan gan dibawah pemukiman desa tapi ditutup karna dah tua dan rawan
profile-picture
yaaha21 memberi reputasi
wah kota ane gedung sate masuk.... emoticon-2 Jempols
profile-picture
yaaha21 memberi reputasi
profile-picture
yaaha21 memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
haha. ,kpn2 klo k sna mampir dateng + foto2 ah.. terutama jam gadang padang kerenn.. lol.. emoticon-Rate 5 Star yg d jKt saKsi bisu ny bosen y gan ndak ad d thread..
profile-picture
yaaha21 memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di