CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Women’s Health /
5 Tips Mendorong Kesuburan Wanita di Usia 30-an
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5de7866fb8408864337786d3/5-tips-mendorong-kesuburan-wanita-di-usia-30-an

5 Tips Mendorong Kesuburan Wanita di Usia 30-an

5 Tips Mendorong Kesuburan Wanita di Usia 30-an

Ilustrasi. (Pixabay)





Mengandung dan memiliki anak merupakan impian bagi sebagian banyak wanita. Hanya saja, tingkat kesuburan wanita biasanya akan mengalami penurunan seiring bertambahnya usia. Kondisi ini tentu saja membuat wanita yang tak lagi muda akan mengalami kesulitan untuk hamil.

Melansir Parents, rata-rata seorang wanita yang menginjak usia 30-an hanya memiliki peluang 15 hingga 20 persen untuk hamil tiap bulannya. Tingkat kesuburan pun menurun secara bertahap dalam periode ini, terutama di atas 35.

Menurut American Society for Reproductive Medicine, ketika wanita mencapai usia pertengahan hingga akhir 30-an, kemungkinan hamil akan sangat kecil. Jika hamil, peristiwa keguguran kerap terjadi. Hal ini disebabkan oleh kualitas dan kuantitas sel telur yang menurun.

Namun terdapat sejumlah pilihan gaya hidup yang bisa diterapkan untuk mengatasi hal ini. Merujuk CNNIndonesia.com dari NetDoctor, berikut sejumlah tips bagi wanita di usia 30-an yang hendak meningkatkan kesuburan dan memiliki kemungkinan tinggi untuk mengandung bayi sehat.

1.      Konsumsi makanan sehat

Memiliki berat badan berlebih dapat memengaruhi peluang untuk hamil. Wanita dengan BMI lebih dari 30 diketahui dapat memiliki masalah pada kehamilan.

Untuk itu, menjaga kesehatan dan keseimbangan berat badan sangat penting dilakukan. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran dapat meningkatkan peluang hamil dengan janin yang berpotensi sehat.

2.      Vitamin

National Health Service (NHS) merekomendasikan vitamin D dan asam folat untuk mendorong perkembangan janin yang sehat, khususnya pada jalur saraf.

Terutama bagi wanita yang menjalankan gaya hidup vegan atau vegetarian, vitamin B12 dan zat besi juga sangat dibutuhkan. Pasalnya, kedua nutrisi ini tak mudah dijumpai dalam gaya hidup tersebut.

3.      Hindari minuman keras

Sebagian besar wanita paham bahwa menghentikan konsumsi alkohol saat hamil merupakan hal yang sangat penting untuk diterapkan. Hal ini disebabkan kandungan alkohol yang mampu menghambat peluang wanita untuk hamil.

Studi yang dilakukan American Society for Reproductive Medicine mengungkap bahwa minum tiga gelas anggur (wine) dalam seminggu saja bisa berefek buruk dalam keberhasilan wanita untuk memiliki janin yang sehat.

4.      Singkirkan rokok

Bahaya merokok rasanya sudah umum diketahui oleh banyak orang, terutama pada kesehatan janin. Tak sampai situ, tembakau juga memiliki efek bahaya pada kelahiran secara umum.

Bagi wanita yang memiliki rencana untuk hamil, perlu diingat bahwa mereka yang merokok secara aktif bisa mencapai menopause rata-rata dua tahun lebih awal dibanding mereka yang tidak merokok.

5.      Hindari olahraga berat yang berlebihan

Olahraga dengan intensitas sedang memang sangat bermanfaat untuk dilakukan saat mengandung, namun olahraga berat yang berlebihan bisa mengakibatkan masalah pada siklus menstruasi.

Studi yang dilakukan pada penari balet menemukan bahwa olahraga fisik yang berat dapat menjadi pemicu kemunduran siklus menstruasi. Hal ini dapat menjadi pedoman bagi para wanita yang hendak mengandung untuk menyadari berbagai faktor penentu di tubuh mereka.

profile-picture
profile-picture
adnanami dan darmawati040 memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
sering2 ngewss gann. kalo ga kimpoi ya gmn mau bunting wkwkqkemoticon-Betty
ane nyimak ya, meski belum berusia 30 an 😊
nice thread


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di