CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Tech / Computer Stuff /
Ngaku Mahasiswa? Ini Nih Laptop yang paling cocok buat ngerjain tugas & Gaming
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5de64658337f934dd73ee090/ngaku-mahasiswa-ini-nih-laptop-yang-paling-cocok-buat-ngerjain-tugas-amp-gaming

Ngaku Mahasiswa? Ini Nih Laptop yang paling cocok buat ngerjain tugas & Gaming

Sepertinya kita sepakat yah gan, kalau dalam dunia persilatan gaming memang saat ini penetrasinya memang lebih kencang di versi mobile ketimbang PC. Tapi meskipun begitu nggak bisa ngelupain versi PC pula, soalnya beberapa game mobile awalnya memang hadir duluan untuk versi PC.  Bagi agan yang gaming hardcore, pasti akan lebih memilih memainkan game di PC ketimbang mobile, ya kan? Tanpa mendekritkan gim versi mobile, tentu permainan untuk versi PC memang memiliki beberapa kelebihan. Kali ini, ane datang lagi nih gan bakal ngomongin soal gaming, terutama adalah perangkat gaming, laptop yang mampu memenuhi kebutuhan agan akan perangkat yang mumpuni. 

Ngaku Mahasiswa? Ini Nih Laptop yang paling cocok buat ngerjain tugas & Gaming

Masih dari lineup milik Lenovo, tapi kali ini ane mau ngajak agan sista untuk meniliki Ideapad L340 Gaming. Untuk tipe ini memang terdapat embel-embel gaming, tapi apa iya nih gan.. kalau perangkat ini memang khusus untuk gaming? Yukk, dari pada penasaran sih mending kita intip langsung spesifikasi lengkap dari laptop besutan Lenovo tersebut.

Spesifikasi

Ngaku Mahasiswa? Ini Nih Laptop yang paling cocok buat ngerjain tugas & Gaming

Dari segi prosesor, otak yang ada di laptop ini sebenarnya diperkuat dalam dua pilihan nih gan, pertama yaitu penggunaan prosesor 9th Generation Intel® Core™ i5-9300H Processor (2.40Hz, up to 4.10GHz with Turbo Boost, 4 Cores, 8MB Cache) dan yang ke dua adalah 9th Generation Intel® Core™ i7-9750H Processor (2.60 Hz, up to 4.50GHz with Turbo Boost, 6 Cores, 12MB Cache). Prosesor bakal duet bareng RAM 8GB DDR4 2400MHz untuk menyuguhkan performa yang mulu. Owh ya, untuk RAM ini masih di upgrade yah gan.. masih ditambah lagi hingga RAM 16GB. Dari segi penyimpanan, dijamin aman sih bagi GanSis yang suka install banyak game.. soalnya perangkat ini dibekali dengan drive sebesar 512GB SSD M.2 NVMEyang juga menyuguhkan kecepatan dalam hal transfer data. Duh.. VGA nya apa gan? Eitss.. sabar dulu gan, untuk graphic card nantinya bakal ane bahas secara terpisah nih gan.. soalnya gaming jadi kudu dapat porsi bahasan tersendiri. Soal OS, laptop ini menggunakan sistem operasi Windows 10 Home Edition lengkap dengan Microsoft Office Home & Student 2019 yang Gan and Sis bisa dipakai seumur hidup. Lumayan banget nih gan, soalnya kalau beli agan bakal ngeluarin duit sekitar Rp1,799 juta

emoticon-Wow

Ngaku Mahasiswa? Ini Nih Laptop yang paling cocok buat ngerjain tugas & Gaming

Menyinggung soal performa, ane udah menjajal laptop ini untuk memainkan gim League of Legends, hasilnya secara gambar yang dihasilkan pun sesuai dengan kualitas layar yang dimiliki. Sementara untuk performanya sendiri, ane menjajal dengan Street Fighter Benchmark, dimana untuk FPS nya tembus 60 dengan average 60 pula.

Ngaku Mahasiswa? Ini Nih Laptop yang paling cocok buat ngerjain tugas & Gaming

 Tak kalah menarik, laptop ini pun mendapat dukungan menggunakan processor 9th Generation Intel® Core™, sehingga perangkat ini pun menjamin untuk bisa memenuhi berbagai kebutuhan pengguna akan kebutuhan performa laptop. Nggak cuman dari segi kinerja saja lho, melainkan kemudahan akses download driver dan jaminan akan replacement produk. Lalu, kalau agan beli laptop ini maka bakal dapetin 2 tahun garansi dengan Accidental Damage Protection & PremiumCare.


Desain 

Ngaku Mahasiswa? Ini Nih Laptop yang paling cocok buat ngerjain tugas & Gaming

Sekarang kita lanjut ke bagian tampilannya nih gan, secara laptop ini adalah laptop gaming.. maka dari segi tampilan pun juga meluncur dengan desain keyboard pada PC gaming lainnya. Dengan dilengkapi dengan tombol numerik berada pada bagian kanan keyboard. Laptop ini memiliki dimensi 14.3″ x 10.0″ x 0.9″/ 363 x 254.6 x 23.9 (mm) dengan berat mencapai 2.2 Kg, jadi lumayan juga nih kalau ditenteng pas lagi bawa... berasa berat! Tapi meskipun berat, tapi mampu pula kalau diajak kerja berat ..hehehehehe emoticon-Big Grin.

Ngaku Mahasiswa? Ini Nih Laptop yang paling cocok buat ngerjain tugas & Gaming

Dari desain yang diluncurkan, laptop ini mendukung konektivitas yang bermacam-macam. Hal ini dibuktikan dengan tersedianya port 2 x USB 3.1 (Gen. 1)**, USB-C, Headphone / mic combo, HDMI 2.0, RJ45. Selain itu, konektivitas pun juga makin dilengkapi dengan WiFi dan Bluetooth. Nah, nge-game pasti butuh visual yang mantul kan? Untuk layar sendiri perangkat ini memiliki layar seluas 15.6" FHD (1920 x 1080) IPS, anti-glare, 250 nits 45% color gamut, jadi tak hanya layarnya yang lapang tapi kualitas gambar pun juga nyaman di mata. Lebih mantul lagi, perangkat ini pun diperkuat dengan graphic card NVIDIA® GeForce® GTX 1050 3GB yang bakal ane singgung berikut ini. 

Graphic Card dengan NVIDIA® GeForce® GTX

Ngaku Mahasiswa? Ini Nih Laptop yang paling cocok buat ngerjain tugas & Gaming

Awalnya tipe ini merupakan kartu grafis yang sesuai budget tipis namun performa maknyus, soalnya kartu grafis seperti GTX 1050 polos pun punya performanya hampir setara dengan GTX 750 Ti dan cukup memadai untuk memainkan beberapa game berat. Graphic Card ini memiliki memory 3GB GDDR5 dengan memory bus: 96-bit. Untuk memory clock speed tembus di angka 7 Gbps, kemudian dari segi desainnya memiliki output berupa DVI; HDMI; Display Port. Memiliki 768 Cuda Core jadikannya mirip dengan tipe GTX 1050 Ti, menurut sumber dari Nvidia sendiri menyatakan bahwa kartu grafis GTX 1050 3GB mampu menjalankan gim sekitar 10 persen lebih cepat ketimbang dengan model GTX 1050 2GB. Selain itu, Lenovo Ideapad L340 Gaming ini juga tersedia varian spec juga, yaitu spesifikasi penggunaan Intel Core i7-9750H processor dengan NVIDIA GeForce GTX 1650 DDR5 4G. Nah, kalau agan sendiri.. kira-kira pilih yang spek GTX 1050 atau NVIDIA GeForce GTX 1650 DDR5 4G? Komentar yah Gan....

Dilengkapi dengan Dolby Audio®

Ngaku Mahasiswa? Ini Nih Laptop yang paling cocok buat ngerjain tugas & Gaming

Aktivitas bareng laptop seperti nonton film, nge-game, atau dengerin musik dari laptop akan lebih lengkap kalau didukung juga dengan audio yang nampol. Untuk Lenovo Ideapad L340 Gaming sendiri juga sudah bisa hasilkan suara yang baik. Soalnya dari segi hardware, perangkat ini sudah dibekali dengan 2x 1.5W speakers with Dolby Audio®, speaker terletak di bagian bawah laptop dengan Dolby Atmos Speaker System membuat tata suara pun hasilnya lebih nendang! Cocok nih gan, sistem audio bakal memuaskan agan sista yang gemar menikmati konten multimedia di laptop ini.

Ngaku Mahasiswa? Ini Nih Laptop yang paling cocok buat ngerjain tugas & Gaming

Terlepas dari spek yang sudah dibahas di atas, Lenovo Ideapad L340 juga memiliki fitur enhanced graphics dan privacy shutter. Dimana privacy shutter ini merupakan fitur yang tertanam sehingga kita bisa mematikan fungsi kamera pada laptop. Terdapat tombol seperti pada tampak pada gambar di atas, dimana lewat menu tersebut kita bisa mengaktifkan dan men-non aktifkan kamera.

Itulah dia hasil ngintip Lenovo Ideapad L340 Gaming, dimana dari segi spesifikasi yang mumpuni dan ditambah lagi dengan penggunaan Nvidia GEFORCE GTX 1050 3GB atau NVIDIA GeForce GTX 1650 DDR5 4G sehingga laptop tersebut ini cocok deh buat agan sista yang mahasiswa yang kepengin laptop powerful. Bisa buat ngerjain tugas, plus juga bisa suguhkan performa mantul saat dipake buat nge-game

Gimana nih pendapat agan sendiri soal laptop ini, yuk posting pendapat, opini, atau sanggahan dengan cara reply lewat kolom komentar. Ane Tunggu Komentarnya Gan... emoticon-Shakehand2






Halaman 1 dari 2
kalo ga pake leptop yg lu promosiin, ga boleh jadi mahasiswa gitu?
Lihat 2 balasan
harganya kantong mahasiswa apa gak emoticon-Bingung (S)
Diubah oleh akm742u
Quote:

heheh boleh atuh kang.
tetap mahasiswa emoticon-Big Grin
Quote:


secara spek dan harga sih mahasiswa lah gan, karena emang ini laptop ditujukan buat mahasiswa agar bisa bantu ngerjain tugas. plusss
juga bsia terpenuhi akan gaming yang pasti butuh spek lebih dewa ketimbang pc biasa.
hehe bagus nih..
tapii kalo untuk cewe
kayaknya lebih mementingkan berat dan dimensi leptop
kalo mau cari leptop tipis dan murah bisa seri lenovo yang S
atau cari bekas merek Vaio
emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol
Balasan post hachi.man
ngegas WKWKWK
Berat berat. Mending asus zenbook duo. Ehehe
Untuk game nantinya mulai beralih ke mobile. Game komputer mulai di tinggalkan. Alasan utama krn biaya hardware komputer gaming sangat mahal. Kenapa mahal? Krn directX butuh spek besar untuk menjalankan game dgn mulus. Itu alasan kenapa game hanya ada di PC Windows krn DirectX hanya suport OS Windows. Dan vendor GPU dan developer game lbih memilih kembangin hardware yg suport DirectX.

Tp itu dulu. Saat ini bnyak developer melirik OpenGL yg bisa di jalankan di android. Dgn spek CPU dan GPU kecil bahkan cuma 1 keping chip dan daya kecil sudah bisa jalankan game dgn resolusi fullHD dan bisa sampe 60Fps. Itulah kenapa game android dgn spek Snapdragon 665 aja udah bisa jalanin PUBG mobile dgn mulus. Yaitu OpenGL lbih efisien resouce hardware. Gak kayak DirectX. Butuh listrik 500watt, CPU dan GPU besar dan mahal untuk jalanin PUBG.

Bahkan kita bisa pilih API Vulkan sebagai API rekomendasi PUBG selain pake OpenGL. Menjadikan bermain game di hape lebih lancar dan se realistis seperti di PC dgn modal yg lbih rendah.
profile-picture
warrysangru2 memberi reputasi
Diubah oleh basuseto
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
harga mana harga gan? wkwkwkwemoticon-Bingung
i7 8GB 14jt an
i5 8GB 13jt an
mahasiswa mana nih?
emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
miikow memberi reputasi
mahasiswa mana ini? emoticon-Leh Uga

buged mahasiswa rata2 pake 3jt~7jt cma bwt nugas ama nonton film kadang ngegame

kecuali anak teknik yg pake bwt rendering gambar perlu leptop kelas menengah~tinggi
Quote:


Jgn suudzon gan. Mungkin mahasiswa dr Harvard university atau MIT. Klo mahasiswa ITB pake yg 3jtan aja.
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
Mending gw, pake Thinkpad T420 + XP. emoticon-Big Grin
klo harga 3 - 6jt mungkin bisa untuk mahasiswa sih, klo di atas bisa untuk mahasiswa luar sana emoticon-Leh Uga
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
kalo diliat dr speknya mah kaga mungkin murahh.. cocok buat mahasiswa, mahasiswa papan atas wkwk
mending ini apa zenbook ya? buat gaming udah ada pc sih, butuhnya yg tipis n ringkes, enak buat dibawa jalan2 n presentasi
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di