CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Kekoreaan /
'Hello Bitches' hingga 'MTBD', Lagu-lagu Solo Badass dari CL
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5de636b0a2d1957e8574533e/hello-bitches-hingga-mtbd-lagu-lagu-solo-badass-dari-cl

'Hello Bitches' hingga 'MTBD', Lagu-lagu Solo Badass dari CL

'Hello Bitches' hingga 'MTBD', Lagu-lagu Solo Badass dari CL
(Foto: Instagram @chaelincl)

Debut di tahun 2009 bersama grup 2NE1, CL adalah personel yang boleh dibilang menonjol di antara yang lainnya. Selain perannya sebagai leader, penampilannya yang badass sebagai rapper di grup ini pun mau tak mau mencuri perhatian. Setuju?

Empat tahun debut bersama 2NE1 pada tahun 2013 akhirnya CL meresmikan debut solonya lewat sebuah single ikonik. Pemilik nama asli Lee Chaerin itu akhirnya bisa mengekspresikan genre musik yang diinginkannya di luar 2NE1. CL tampil badass dan menampilkan image strong woman.

Berikut lagu-lagu solo yang pernah dirilis CL sepanjang karier bermusiknya:

'Hello Bitches' hingga 'MTBD', Lagu-lagu Solo Badass dari CL
(Foto: YG Entertainment)

The Baddest Female




Berjudul asli 'Nappeun Gijibae' yang secara harfiah berarti 'Bad Girl', lagu ini pernah jadi anthem di tahun 2013. Tak hanya karena gaya yang ditampilkan CL lewat penampilannya, tetapi pesan yang ingin disampaikan lewat lirik lagu dan musiknya. 'The Baddest Female' adalah lagu yang ditujukan untuk semua perempuan di Asia.

"Aku ingin mengubah citra umum yang orang-orang tahu tentang perempuan Asia. Aku ingin mengekspresikan ide-ideku lewatmusik dan panggung, karena aku adalah seorang musisi. Aku juga ingin orang-orang di seluruh dunia tahu bahwa ada perempuan sepertiku di Asia, perempuan yang suka hip-hop dan berpakaian unik," katanya dalam wawancara dengan Billboard di tahun 2013. 

'The Baddest Female' adalah lagu yang diciptakan oleh komposer langganan YG Entertainment, TEDDY, yang juga merupakan orang di balik sukses lagu-lagu BLACKPINK seperti 'DDU-DU DDU-DU' dan 'KILL THIS LOVE'. Awalnya lagu ini diberi judul 'Bad Girl' seperti terjemahan harfiahnya, namun karena di tahun yang sama penyanyi Lee Hyori juga merilis lagu berjudul sama akhirnya manajemen memutuskan untuk menggunakan judul 'The Baddest Female'.

'Hello Bitches' hingga 'MTBD', Lagu-lagu Solo Badass dari CL
(Foto: YG Entertainment)

Hello Bitches




Kecintaan CL terhadap genre musik hip-hop kembali ditampilkan lewat sebuah single yang dirilis tahun 2015 berjudul 'Hello Bitches'. Di tahun-tahun ini juga CL sedang berusaha untuk menapaki karier di Amerika. Terlihat dari video musik lagu tersebut yang menampilkan banyak dancer yang bukan dari Asia. Lagu ini pun lagi-lagi jadi usaha lain CL untuk menunjukkan image strong-nya sebagai perempuan Asia.

Dalam sebuah wawancara dengan Noisy, CL menyebut single ini sebagai persembahan khusus buat fans. "Aku merasa ini adalah cara yang tepat untuk menampilkan diriku sebagai orang Korea agar semua orang di seluruh dunia tahu dari mana asalku dan aku berusaha membuatnya terlihat otentik," katanya. 

'Hello Bitches' sukses menjadi single lain CL yang nempel di kepala dengan lirik yang playful dan fun. Tak berselang lama setelah video musiknya dirilis, CL sempat menampilkan lagu ini secara live di panggung Mnet Asian Music Awards pada 1 Desember 2015 silam.

'Hello Bitches' hingga 'MTBD', Lagu-lagu Solo Badass dari CL
(Foto: Instagram @chaelincl)

MTBD




Di luar lagu yang dirilis terpisah dengan album 2NE1, CL juga punya beberapa lagu solo di dalam album 2NE1. Salah satunya adalah lagu berjudul 'MTBD' yang merupakan salah satu track di album 'Crush' yang dirilis tahun 2013 silam. Lagi-lagi kesan strong and bold ditampilkan CL dalam lagu ini.

'MTBD' sempat jadi kontroversi di awal peluncurannya karena menggunakan sampel lagu suara seseorang yang tengah membaca ayat Alquran. Sebelum akhirnya bagian itu dihapus oleh YG Entertainment dan dirilis ulang dengan versi yang "bersih".

'MTBD' adalah singkatan dari Mental Breakdown, terjemahan dari judul bahasa Koreanya 'MenBung' yang adalah singkatan dari dua kata yakni 'mental' dan 'bung goe'. Istilah ini merupakan bahasa gaul yang digunakan orang Korea ketika sedang dalam situasi yang mengejutkan.

'Hello Bitches' hingga 'MTBD', Lagu-lagu Solo Badass dari CL
(Foto: Instagram @chaelincl)

Lifted




CL ikut turun tangan menulis lagu yang dirilis tahun 2016 berjudul 'Lifted' dibantu oleh Asher Roth dan TEDDY. Ada jarak yang cukup jauh dari single solo CL yang terdahulu sebelum akhirnya 'Lifted' dirilis jadi bisa dibilang kala itu lagu ini sangat ditunggu-tunggu. CL pun mendapat banyak pujian dari kritikus musik untuk lagu ini.

'Lifted' tercatat pernah berada di posisi 94 di chart Amerika Billboard Hot 100. Lagu ini juga pernah ditampilkan secara live di acara The Late Late Show with James Corden di tahun yang sama.

Jadi mana lagu ter-badass CL menurut kamu, GanSis?
profile-picture
kaskus.infoforum memberi reputasi
Diubah oleh kekoreaan
akhir2 ini ane suka dngerin lagu2nya 2nei lagi emoticon-Kaskus Radio

i don't know why emoticon-Smilie
Diubah oleh risky.jahat


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di