CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
6 Penyebab Mata Terlihat Lelah Meski Cukup Tidur
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5de5e99768cc95273067051c/6-penyebab-mata-terlihat-lelah-meski-cukup-tidur

6 Penyebab Mata Terlihat Lelah Meski Cukup Tidur

6 Penyebab Mata Terlihat Lelah Meski Cukup Tidur

Ilustrasi. (Pixabay)





Mata yang terlihat lelah sering kali memiliki lingkaran hitam di sekitarnya. Pada umumnya, munculnya lingkaran hitam pada mata seperti ini kerap dikaitkan dengan waktu tidur yang kurang cukup. Namun, kondisi ini tidak hanya disebabkan oleh kurang tidur.

Bahkan ada kalanya di mana seseorang telah tidur selama 8 jam dengan nyenyak, namun bangun dengan kondisi mata yang bengkak atau terlihat lelah di pagi harinya. Lingkaran mata hitam umumnya dapat terjadi ketika seseorang mengalami stres.

Merujuk CNNIndonesia.com dari berbagai sumber, berikut terdapat sejumlah penyebab lingkar mata hitam meski seseorang sudah memiliki tidur yang cukup.

1.      Alergi

Ahli bedah plastik di Danville, Pennsylvania, Christopher Sanders, M.D. menjelaskan bahwa alergi melepaskan bahan kimia bernama histamin yang dapat melebarkan pembuluh darah dan menyebabkan peningkatan aliran darah di bawah mata.

“Histamin juga menyebabkan gatal-gatal, yang juga bisa mengakibatkan pembengkakan, peradangan serta penumpukan cairan di bawah mata. Hal ini berujung pada munculnya lingkar hitam dan kondisi mata yang terlihat lelah, terlebih saat mata digosok,” ujar Sanders, dikutip dari SELF.

Masalah alergi ini dapat diatasi dengan obat antihistamin yang dijual bebas di berbagai apotek, atau bisa dengan kompres dingin di malam hari untuk kurangi pembengkakan.

2.      Dehidrasi

Dehidrasi tak hanya berbahaya bagi kesehatan tubuh, namun juga dapat membuat kita merasa lelah dan berdampak pada mata yang terlihat lelah walau sudah memiliki istirahat yang cukup. Kulit di sekitar mata sendiri sangat sensitif terhadap hidrasi dan lingkungan.

“Dehidrasi menurunkan volume darah dan membuat jantung tidak bekerja dengan maksimal. Kondisi ini berujung pada kelelahan,’ ungkap seorang perawat yang berbasis di New York, Rebecca Lee, R.N.

3.      Struktur tulang

Beberapa orang lahir dengan kecenderungan gen yang dapat membentuk lingkat hitam di bawah mata. Hal ini mungkin terjadi sebagai akibat dari kontur tengkorak dan interaksi antar kulit dan lemak yang berada di bawah mata.

Kepala petugas medis dan spesialis alergi di EHE Health, Tania Elliott, M.D. menjelaskan bahwa rongga mata yang terlihat ‘tenggelam’ serta bayangan struktur tulang bagi sebagian orang membuat mereka tampak seolah-olah memiliki lingkaran hitam pada mata.

4.      Usia

Semakin bertambahnya usia dapat berkontribusi pada lingkaran hitam pada mata. Saat seseorang menua, elastisitas dan volume kulit akan berkurang. Sanders menjelaskan jika kondisi ini terjadi saat lemak di wajah habis dan produksi kolagen yang juga melambat.

“Ketika penipisan kulit terjadi, pembuluh darah bisa menjadi lebih terlihat di bawah kulit dan mengakibatkan timbulnya lingkar hitam pada mata,” ujarnya. Tak hanya itu, melemahnya jaringan ikat dapat membuat kulit menjadi kendur dan memberikan efek mata terlihat lelah.

5.      Asupan makanan asin

Makanan asin juga dapat berkontribusi pada munculnya penampakan lingkaran hitam di mata. Asupan garam berlebih dapat menyebabkan retensi air dalam tubuh. Retensi ini dapat meregangkan kulit tipis di sekitar mata dan membuatnya terlihat lelah.

Kurangi asupan garam dan perbanyak minum air putih untuk mengurangi kondisi peradangan.

6.      Terlalu banyak asupan kafein

Seseorang yang memiliki kebiasaan minum sekitar 4-5 cangkir kopi dalam sehari kemungkinan besar memiliki mata yang terlihat lelah. Melansir Times of India, kelebihan asupan kafein membuat seseorang menjadi dehidrasi dan tubuh terlihat lelah.

Kurangi terlalu banyak minum kopi dan mulailah untuk konsumsi teh hijau yang sarat akan antioksidan dan membantu menjaga kulit tetap sehat terawat.

profile-picture
profile-picture
afifa26 dan newkris memberi reputasi
Spertinya saya harus kurangi konsumsi garam ini emoticon-Matabelo
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
Kadang sih mata ane terlihat lelah tapi sepertinya karena kurang tidur, sering lembur dan karena masih punya bayi jadi sering kebangun kalau bayi minta asi.
Kalau ane bawaan lahir kayaknya, soalnya ane sama adek ane sama2 bermata panda. Walau tdur ckup ttep aja lingkar hitam mata itu ada emoticon-Wow
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di