- Beranda
- Komunitas
- News
- Entrepreneur Corner
POSITIONING-DIFFERENTIATION-BRAND


TS
hendro.tri
POSITIONING-DIFFERENTIATION-BRAND
#belajarmarketing
POSITIONING-DIFFERENTIATION-BRAND
Oleh Channel Telegram : https://t.me/tipsbisnissuksesID
Para pebisnis harus menerima kenyataan bahwa bisnis ini ibarat pertarungan. Dan pertarungan terbesar adalah untuk memperebutkan pasar. Karena dengan memenangkan pasar, kita akan menghasilkan omset besar, profit besar sehingga bisa membuat bisnis tumbuh.
Dalam dunia marketing ada 3 kunci paling utama untuk memenangkan pasar.
POSITIONING
Bagaimana membangun sebuah persepsi di benak konsumen.
DIFFERENTIATION
Merupakan “terjemahan” dari positioning. Hal-hal apa yang membuat produk/jasa kita berbeda dengan kompetitor sebagaimana disebutkan dalam positioning.
BRAND
Sebagai apa produk/jasa kita dikenal/terbedakan dari kompetitor oleh konsumen dan bagaimana image produk/jasa kita di hadapan konsumen.
Jika Positioning dan Differentiation-nya kuat, akan membentuk brand integrity yang kuat. Jika brand integrity kuat, maka akan membuat brand image yang kuat.
Contoh pada masa lalu Kijang membangun positioning sebagai “mobil keluarga”. Positioning ini diwujudkan dalam diferensiasi kursi yang lebih banyak menampung penumpang dibandingkan mobil sejenis.
Karena positioning dan diferensiasinya kuat, akhirnya image Kijang sebagai mobil keluarga tercapai.
Tolak Angin, mencoba membangun positioning baru bahwa peminum jamu bukan hanya kalangan bawah, dengan tagline “orang pintar minum Tolak Angin”. Hal ini diwujudkan dalam diferensiasi kemasan, rasa, hingga para edorsernya.
Akhirnya terbentuk image yang kuat Tolak Angin sebagai minuman / obat / jamu “generasi baru” yang cocok untuk berbagai kalangan. Pamor jamu pun berubah.
Produk kami sendiri “POSBEL” , poster belajar untuk anak, mencoba membangun positioning sebagai “teman terbaik belajar anak”. Diferensiasinya, desainnya terbaik, menggunakan bahan terbaik, variannya paling banyak di banding kompetitor.
Dan benar, berdasarkan testimoni yang masuk, setiap konsumen “ter-drive” untuk mengiyakan kesimpulan yang sama. Mereka membeli dengan berharap anak jadi senang belajar dan jadi pintar bersama POSBEL, sebagaimana positioning yang coba dibangun.
Untuk menang di pasar, gunakan ketiga elemen di atas. *Karena marketing itu bukan sekedar jualan, tetapi membangun penjualan yang berkesinambungan.*
Masih banyak tips-tips bisnis lainnya… *Mau dapat Tips Bisnis Secara Rutin Langsung ke HP Anda?* Silahkan *Gabung Grup WA* / JOIN Channel Telegram / Email List Kami :
• *GRUP WA*, KLIK : ➡️ http://bit.ly/GrupWATipsBisnisPB
• *CHANNEL TELEGRAM*, KLIK ➡️ : https://t.me/tipsbisnissuksesID
• *EMAIL LIST*, KLIK ➡️ : http://bit.ly/EmailListTBS
(boleh pilih salah satu / ketiganya)
*Tolong BANTU SHARE ya*… Jika Anda merasa artikel ini juga akan bermanfaat untuk orang lain..
POSITIONING-DIFFERENTIATION-BRAND
Oleh Channel Telegram : https://t.me/tipsbisnissuksesID
Para pebisnis harus menerima kenyataan bahwa bisnis ini ibarat pertarungan. Dan pertarungan terbesar adalah untuk memperebutkan pasar. Karena dengan memenangkan pasar, kita akan menghasilkan omset besar, profit besar sehingga bisa membuat bisnis tumbuh.
Dalam dunia marketing ada 3 kunci paling utama untuk memenangkan pasar.
POSITIONING
Bagaimana membangun sebuah persepsi di benak konsumen.
DIFFERENTIATION
Merupakan “terjemahan” dari positioning. Hal-hal apa yang membuat produk/jasa kita berbeda dengan kompetitor sebagaimana disebutkan dalam positioning.
BRAND
Sebagai apa produk/jasa kita dikenal/terbedakan dari kompetitor oleh konsumen dan bagaimana image produk/jasa kita di hadapan konsumen.
Jika Positioning dan Differentiation-nya kuat, akan membentuk brand integrity yang kuat. Jika brand integrity kuat, maka akan membuat brand image yang kuat.
Contoh pada masa lalu Kijang membangun positioning sebagai “mobil keluarga”. Positioning ini diwujudkan dalam diferensiasi kursi yang lebih banyak menampung penumpang dibandingkan mobil sejenis.
Karena positioning dan diferensiasinya kuat, akhirnya image Kijang sebagai mobil keluarga tercapai.
Tolak Angin, mencoba membangun positioning baru bahwa peminum jamu bukan hanya kalangan bawah, dengan tagline “orang pintar minum Tolak Angin”. Hal ini diwujudkan dalam diferensiasi kemasan, rasa, hingga para edorsernya.
Akhirnya terbentuk image yang kuat Tolak Angin sebagai minuman / obat / jamu “generasi baru” yang cocok untuk berbagai kalangan. Pamor jamu pun berubah.
Produk kami sendiri “POSBEL” , poster belajar untuk anak, mencoba membangun positioning sebagai “teman terbaik belajar anak”. Diferensiasinya, desainnya terbaik, menggunakan bahan terbaik, variannya paling banyak di banding kompetitor.
Dan benar, berdasarkan testimoni yang masuk, setiap konsumen “ter-drive” untuk mengiyakan kesimpulan yang sama. Mereka membeli dengan berharap anak jadi senang belajar dan jadi pintar bersama POSBEL, sebagaimana positioning yang coba dibangun.
Untuk menang di pasar, gunakan ketiga elemen di atas. *Karena marketing itu bukan sekedar jualan, tetapi membangun penjualan yang berkesinambungan.*
Masih banyak tips-tips bisnis lainnya… *Mau dapat Tips Bisnis Secara Rutin Langsung ke HP Anda?* Silahkan *Gabung Grup WA* / JOIN Channel Telegram / Email List Kami :
• *GRUP WA*, KLIK : ➡️ http://bit.ly/GrupWATipsBisnisPB
• *CHANNEL TELEGRAM*, KLIK ➡️ : https://t.me/tipsbisnissuksesID
• *EMAIL LIST*, KLIK ➡️ : http://bit.ly/EmailListTBS
(boleh pilih salah satu / ketiganya)
*Tolong BANTU SHARE ya*… Jika Anda merasa artikel ini juga akan bermanfaat untuk orang lain..
0
293
0


Komentar yang asik ya


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan