CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Tips Mendidik Anak Berwatak Keras
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ddcf0b69a972e49e957bb0a/tips-mendidik-anak-berwatak-keras

Tips Mendidik Anak Berwatak Keras

Setiap anak membawa watak, sifat dan perilakunya masing-masing. Ada anak yang “keras” ada juga yang “lunak”. Ada anak yang pecicilan ada juga anak yang anteng. Ada anak yang mudah bergaul, ada juga anak yang butuh waktu untuk berbaur bersama teman-temannya. Ada anak yang ceria, heboh dan berisik, ada juga anak yang pendiam. Sifat itu sudah terinstal dari “sononya” alias build in.

Quote:


Sebagaimana hal ini akan mudah di temui di dalam kelas atau komunitas anak-anak. Ada anak yang banyak keinginannya, selalu pengen beli ini beli itu. Ada anak yang malah sebaliknya, jarang sekali minta ini minta itu, kadang malah sampai ditawari, “Sayang, kamu mau beli apa?”

Tersebutlah ada satu anak yang memiliki watak yang keras, banyak maunya, banyak imajinasinya. Kalau yang diinginkannya belum ia dapatkan, jangan harap suasana akan aman tenteram sentosa. Jika dia sudah punya pendirian, tidak mudah membelokkannya. Dia tidak mudah diperintah dan diatur, malah sebaliknya dia yang atur semua temannya. Dia tidak bisa dimarahi, tidak bisa dikerasi. Jika itu dilakukan malah sebaliknya, akan semakin besar penolakannya, akan semakin sulit mengarahkannya.

Menghadapi anak seperti ini, jika kita tidak berlapang dada maka akan membuat kita cepat emosi. Apakah ada yang punya anak seperti ini? bagaimana menghadapinya?.

Berikut ini beberapa Tips yang bisa kita lakukan.

1. Banyak-banyak menyebut namanya, menghadirkan wajahnya dalam doa kita, doakan segala yang terbaik untuknya.

2. Dengarkan isi hatinya, curhatnya, tanyakan apa yang ia inginkan.

3. Jangan paksa dan perintah. Fitrah manusia itu hatinya lembut, kuasai hatinya, apa saja yang kita inginkan akan dia penuhi.

4. Hargai pilihannya walaupun itu tidak sesuai dengan pilihan kita. Yang penting pilihan itu tidak bertentangan dengan aqidah, norma susila dan budaya.

5. Jangan gurui, tapi banyak berdiskusi. Kadang anak tidak mau digurui.

6. Berkisah atau bercerita. Banyak-banyak ngobrol, dan berkisah pengalaman kita atau pengalaman orang lain dengannya.

7. Pahami sudut pandang dan cara berfikirnya. Kita perlu mengenal anak kita lebih dalam, mengenalnya dengan sangat detail kan memudahkan kita memahami cara berfikirnya.

8. Jika ingin menasihati, jangan saat kita emosi. Biasanya jika sedang emosi kata-kata kurang terkontrol. Agar tidak menimbulkan salah persepsi, tunggu waktu yang pas.

9. Jangan sekali-kali lakukan kekerasan fisik. Sebesar apapun marah kita, jangan sekali kali memukul, itu tidak akan menyelesaikan masalah.

10. Ibu harus waras, senangkan hati ibu, kelak ibu akan tenang menghadapi bagaimanapun tingkah polah anak.

11. Jika sikapnya positif, jangan pelit memberikan pujian.

12. Selalu sampaikan kepadanya, bahwa kita bersyukur pada Allah memilikinya.

Itulah yang sedikit bisa disampaikan di sini, semoga ada manfaatnya buat yang membacanya, apalagi yang sudah mempraktekannya, semoga ada yang bisa berikan testimoninya di sini untuk diupdate di thread ini ke depannya

Selamat mendidik anak-anaknya yaa...emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
betiatina dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh muqfa
Halaman 1 dari 2
reserved
anak anak adalah harapan bangsa yg akan jadi pemimpin di masa yang akan datang, harus dijaga betul-betul

gambarnya lucu hehehe
profile-picture
profile-picture
muqfa dan citiciti memberi reputasi
Quote:


Beratnya saat menjaga itu
Mengajari berat tapi mempertahankan itu lebih berat

Pengen jadi anak kayak di foto ya? emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
citiciti memberi reputasi
Bagaimanapun watak anak. Sebagai org yg lebih dewasa dr mereka kita wajib dengarkan pendapat mereka.
Btw ane salfok sama gambar guru dan murid diatas. Itu tangan muridnya ada yg memeluk sesuatu emoticon-Ngakak
profile-picture
muqfa memberi reputasi
Anak keras caper biasanya bre, diajak ngomong baek2 juga nurut. Perlu perhatian doang

emoticon-Big Grin
profile-picture
muqfa memberi reputasi
itu gambarnya bikin ngilu
profile-picture
muqfa memberi reputasi
kesimpulannya: orang tua harus mengerti bagaimana memperlakukan anak disegala kondisi anak tersebut, karena kalau kita sebagai orangtua tidak mengerti, sehingga mengakibatkan anak jadi segan terhadap orang tua, dan tidak menjadikan orangtua menjadi tempat curhat lagi, dan akhirnya dia akan mencari tempat-tempat ternyaman diluar sana, tanpa sepengetahuan orangtua, dan pastinya lebih berbahaya
profile-picture
muqfa memberi reputasi
nais info nih.. anak wataknya keras kalo dikerasin lagi malah makin batu..
profile-picture
muqfa memberi reputasi
Quote:


hiya betol.. jangan salah langkah, kalo anak sampe gak nyaman sama orang tua nanti bisa2 dia cari pengakuan di luar (narkoba, kebut2an, dll dll)
profile-picture
muqfa memberi reputasi
Quote:


Memang harus seperti itu

Salfok kenapa gan?
Pengen jadi kayak pak gurunya ya? emoticon-Leh Uga
bener nihhh, orang orang yang berwatak keras ngga bisa dilawan dengan keras juga. yang ada mereka malah makin memberontak. jadi emang harus di ajak ngobrol atau diskusi aja, mereka bakal lebih mendengarkan
profile-picture
profile-picture
muqfa dan citiciti memberi reputasi
Quote:


Ya intinya itu, adanya perhatian dan kasih sayang
profile-picture
profile-picture
mengeja dan citiciti memberi reputasi
gue keras nih:"
profile-picture
muqfa memberi reputasi
Quote:


Setujuuuu bangeeettttt
Harapan bangsaaaa generasi emasssss
profile-picture
muqfa memberi reputasi
Quote:


Jika dia sudah mendapatkan cukup perhatian dan kasih sayang biasanya akan sedikit lebih lunakkkk
profile-picture
muqfa memberi reputasi
Quote:


Setujuu bangettt!!!!
Kalo di lawan dengan watak yang keras juga ya ga akan memberikan edukasi buat anakkk
Bener tugggg di ajak ngobrol atau diskusi. Biasanya dengan diskusi mereka bisa lebih mikir
profile-picture
muqfa memberi reputasi
Quote:


Akan selalu beratttt
Tapi begitulahhh gannn
Karena kann untum pelajaran hidup itu adalah never ending project
Ga akan selesai selesaiii
profile-picture
muqfa memberi reputasi
wah makasih gan tips-tipsnya..
lumayan nih buat ane belajar sebagai calon orang tua
emoticon-2 Jempol
profile-picture
muqfa memberi reputasi
wahh cocok niih buat calon guru di sd.. makasih info nya gan
profile-picture
muqfa memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 14
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di