CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Selera Nusantara (Indonesian Food) /
Sala Bulek (Lauk) Cemilan Khas Pariaman yang Bikin Ketagihan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ddcd8404601cf3da8701b74/sala-bulek-lauk-cemilan-khas-pariaman-yang-bikin-ketagihan

Sala Bulek (Lauk) Cemilan Khas Pariaman yang Bikin Ketagihan

Assalamualaikum wrwb

Ketemu lagi di Thread receh ane. Moga Gan dan Sista sehat semua. Buat yang lagi galau, gimana kalau kita ngopi sambil nyemil-nyemil manjah?emoticon-Recommended Seller

Nah, kali ini ane mau memperkenalkan makanan khas kampung ane, Pariaman yang terletak di salah satu kota di Provinsi Sumatera Barat. Di Pariaman yang terkenal akan pantainya itu biasanya cemilan sala bulek ini sering dijajakan. Sala ini sebenarnya ada banyak jenisnya di Pariaman. Ada Sala lampam (sala ikan yang mirip bakwan, biasanya diberi teri basah), sala lauk (lauk artinya ikan. Ikan yang digunakan biasanya ikan laut), sala udang dan sala kepiting. Intinya sala itu ikan yang dilumuri tepung beras dengan bumbu. Namun, kali ini ane hanya membahas sala bulek, aja.

Sala Bulek (Lauk) Cemilan Khas Pariaman yang Bikin Ketagihan

Ini adalah sala bulek atau sala lauk. Makanan khas Pariaman, Sumatera Barat yang terbuat dari tepung beras, campur ikan asin dan bahan rempah lainnya.

Cemilan yang sering bikin orang memakannya ketagihan ini, jarang ditemui di daerah lain. Di Jakarta aja, tetangga ane agak aneh liat sala bulek ni.

Sala Bulek (Lauk) Cemilan Khas Pariaman yang Bikin Ketagihan

Sala bulek ini lebih nikmat dimakan ketika masih hangat. Makan tiga atau lima butir pun tak kerasa. Maknyus pokoknya. Rasanya yang krenyes di luar dan lembut di dalam sering cocok dipadu padankan dengan lontong sayur atau katupek sambalado makanan khas Minang.

Sala Bulek (Lauk) Cemilan Khas Pariaman yang Bikin Ketagihan

Tidak semua orang Pariaman juga berhasil membuat sala bulek ini, terkadang ada yang jadinya bantet atau sala 'terbang' dari penggorengan.emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Ane pernah ngalemin dua hal tersebut.

Sala Bulek (Lauk) Cemilan Khas Pariaman yang Bikin Ketagihan

Jadi, butuh keahlian khusus juga ya untuk membuat sala bulek ini. Walaupun bahan yang digunakan cukup sederhana. Seperti tepung beras, kunyit, bawang putih, ikan asin (dihaluskan), daun kunyit (diiris tipis), garam, dan air. Cara membuat pun sebenarnya mudah. Campur tepung beras dan semua bahan, lalu masukkan air mendidih sambil adonan diaduk. Jadi, adonan harus masak. Setelah adonan rata. Diamkan sebentar, lalu bulatkan dan siap digoreng. Semakin lama adonan, semakin renyah rasa sala bulek.

Selamat mencoba, bagi yang penasaran ingin merasakan sensasi sala bulek ini.

Sekian Thread ane kali ini, insya Allah ketemu lagi pada Thread ane yang lainnya.

Sumber : Dokumen Pribadi

emoticon-Cendol Ganemoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-I Love Kaskus



profile-picture
profile-picture
profile-picture
b4perman dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Yunie87
Halaman 1 dari 3
Quote:


sama kan gan? buletnya hahaha
Quote:


Huum. Katanya jangan lama2 digorengnyaemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
Balasan post embunsuci
wihh perlu latihan lagi dong biar bisaaa nggak keras heheh
empuk empukkkkemoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
Balasan post rajkapoor
samaa ane juga baru tahu deh hehhe
unik juga yaa dari padang hehehe
profile-picture
rajkapoor memberi reputasi
Balasan post rossayunn
iyaa mirip sih bunder bunder hehehe
kayak onde ondee jugaa yakkk
baru tau makanan ini
profile-picture
b4perman memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post AdelineNordica
cocok buat cemilan maupu lauk ya
jadi multi fungsi gituu
pengen deh dapetin resepnya ini
terus dicoba. hahahaha masakk dehh
Balasan post misteryap
enakk bangettt
dari warnannya dan penyajiannya mantapp bener dehh
hahaha
ente pernah cobain belum ya??
bentuknya kayak kroket ya hehhe
tapi ternyata bukann
huaaa makin penasaran deh dengan makanan yang satu ini hehhe
se enak apa sihh ini heheh
yuk cobaaa ahhhh penasraann aneemoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan
Keliatannya enyak, Sis
lauk atau cemilan nih jadinyaaa hehe... kayanha enak yaaa... hehehe
profile-picture
b4perman memberi reputasi
Lihat 1 balasan
jadi cemilan di rumah ok juga nih.
profile-picture
b4perman memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Jom kirim, ane mau jua tuh
🤭🤭🤭🤭
Bentuknya kek cilok ya?
profile-picture
profile-picture
b4perman dan YenieSue0101 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post panci.gosong
Quote:


Sala Bulek (Lauk) Cemilan Khas Pariaman yang Bikin Ketagihan
Ini pake tepung beras? Emang gak keras, Sis kalo udah dingin?
Mantul
Quote:


Iyaemoticon-2 Jempol
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 14
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 14
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di