CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Anak Melakukan Kesalahan? Jangan Dimarahi di Depan Umum! Berikut 5 Alasannya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ddc84f909b5ca1ace1dafd3/anak-melakukan-kesalahan-jangan-dimarahi-di-depan-umum-berikut-5-alasannya

Anak Melakukan Kesalahan? Jangan Dimarahi di Depan Umum! Berikut 5 Alasannya

Anak Melakukan Kesalahan? Jangan Dimarahi di Depan Umum! Berikut 5 Alasannya

Anak Melakukan Kesalahan? Jangan Dimarahi di Depan Umum! Berikut 5 Alasannya
Anak Melakukan Kesalahan? Jangan Dimarahi di Depan Umum! Berikut 5 Alasannya


Seorang anak memang tak akan lepas dari kenakalan dan kesalahan. Untuk itu, sebagai orangtua harus bisa menjadi pengingat anak ketika ia salah dalam melangkah, dengan cara menegurnya ketika ia melakukan kesalahan.

Meski demikian, orangtua juga harus menempuh cara yang benar dalam memperingati anak. Jangan sampai meluapkan emosi yang berlebihan kepada anak, meski terkadang memang menyebalkan.

Sering terjadi, saat anak melakukan kesalahan yang menyulut emosi orangtua, justru orangtua meluapkan emosinya kepada anak di depan umum, sehingga anak menjadi pusat perhatian. Padahal, hal itu tidak benar dan tidak boleh dilakukan.

Lalu, kenapa anak tidak boleh dimarahi di depan umum? Karena hal itu akan mendatangkan berbagai hal negatif bagi anak. Berikut alasannya:

Anak Melakukan Kesalahan? Jangan Dimarahi di Depan Umum! Berikut 5 Alasannya

1. Melemahkan mental dan membuatnya tidak percaya diri
Anak Melakukan Kesalahan? Jangan Dimarahi di Depan Umum! Berikut 5 Alasannya

Anak Melakukan Kesalahan? Jangan Dimarahi di Depan Umum! Berikut 5 Alasannya

Perlu kamu ketahui, bahwa memarahi anak di depan umum dapat mempengaruhi mental anak menjadi lemah. Hal itu dikarenakan anak mendapat perlakuan yang tidak mengenakkan dari mu di depan umum.

Coba deh bayangin, usai kamu memarahinya di depan umum, bisa saja anak menerima cibiran dan ledekan dari teman-temannya. Perlu kamu ketahui, bahwa hal itu akan membuat mental anak semakin tertekan. Tak hanya itu saja, hal itu juga bisa membuat anak kehilangan kepercayaan dirinya saat bersosialisasi dengan orang lain ataupun temannya.

Anak Melakukan Kesalahan? Jangan Dimarahi di Depan Umum! Berikut 5 Alasannya

2. Menjadi memori buruk yang akan selalu terkenang oleh anak
Anak Melakukan Kesalahan? Jangan Dimarahi di Depan Umum! Berikut 5 Alasannya

Anak Melakukan Kesalahan? Jangan Dimarahi di Depan Umum! Berikut 5 Alasannya

Ketika anak sedang tumbuh dan berkembang, jangan kamu penuhi memorinya dengan kenangan-kenangan buruk yang tidak mengenakkan, seperti kamu marahi habis-habisan di depan umum. Karena, anak akan selalu mengenang memori kelam hingga ia menjadi dewasa.

Oleh karena itu, sebagai orangtua tetaplah berusaha membangun kenangan-kenangan indah bersama anak. Agar, memorinya hanya dipenuhi dengan kenangan indah bersama mu (orangtuanya).

Anak Melakukan Kesalahan? Jangan Dimarahi di Depan Umum! Berikut 5 Alasannya

3. Anak akan ketakutan dan menjaga jarak dengan orangtuanya
Anak Melakukan Kesalahan? Jangan Dimarahi di Depan Umum! Berikut 5 Alasannya

Anak Melakukan Kesalahan? Jangan Dimarahi di Depan Umum! Berikut 5 Alasannya

Ketika kamu memarahi anak di depan umum, terlebih lagi dengan nada tinggi, pada saat itu juga kamu sudah menorehkan luka memdalam pada hati anak. Hal itu akan membuat anak semakin takut serta semakin menjaga jarak dengan mu. Jika sudah begini, anak tidak akan mau terbuka denganmu ketika ia menghadapi suatu masalah.

Anak Melakukan Kesalahan? Jangan Dimarahi di Depan Umum! Berikut 5 Alasannya

4. Bisa memicu anak semakin membangkang
Anak Melakukan Kesalahan? Jangan Dimarahi di Depan Umum! Berikut 5 Alasannya

Anak Melakukan Kesalahan? Jangan Dimarahi di Depan Umum! Berikut 5 Alasannya

Anak bisa saja semakin membangkang jika ia terus-terusan menerima perlakuan buruk dari orangtuanya. Salah satunya yaitu saat kamu memarahinya di depan umum. Hal ini bisa membuat anak sakit hati dan berpotensi melawan orangtuanya dengan cara membangkang.

Anak Melakukan Kesalahan? Jangan Dimarahi di Depan Umum! Berikut 5 Alasannya

5. Anak akan meniru hal yang sama
Anak Melakukan Kesalahan? Jangan Dimarahi di Depan Umum! Berikut 5 Alasannya

Anak Melakukan Kesalahan? Jangan Dimarahi di Depan Umum! Berikut 5 Alasannya

Anak adalah cerminan orangtuanya, oleh karena itu kamu harus berhati-hati dalam memberi contoh kepada anak. Karena anak adalah peniru yang baik. Anak akan meniru hal yang sama seperti apa yabg dilakukan orangtuanya di kemudian hari. Sehingga, akan sangat berbahaya jika anak menerima pola asuh yang tidak tepat.

Anak Melakukan Kesalahan? Jangan Dimarahi di Depan Umum! Berikut 5 Alasannya

Anak Melakukan Kesalahan? Jangan Dimarahi di Depan Umum! Berikut 5 Alasannya

Sebagai orangtua, harus bisa mengelola hati sebelum menegur anak ketika ia melakukan kesalahan. Harus selalu diingat, bahwa amarah yang berlebihan, terlebih lagi di depan umum, bisa mendatangkan berbagai hak negatif bagi si anak.

Anak Melakukan Kesalahan? Jangan Dimarahi di Depan Umum! Berikut 5 Alasannya

Anak Melakukan Kesalahan? Jangan Dimarahi di Depan Umum! Berikut 5 Alasannya

Thumbnail: Hallosehat.com
Gambar 1: Tribunnews.com
Gambar 2: IDNTimes.com
Gambar 3: Tempo.co
Gambar 4: Halodoc.com
Gambar 5: NusantaraNews.co



Anak Melakukan Kesalahan? Jangan Dimarahi di Depan Umum! Berikut 5 Alasannya

5 Tips Ajak Si Kecil Liburan Ke Taman Rekreasi Agar Tetap Aman Dan Nyaman

Anak Melakukan Kesalahan? Jangan Dimarahi di Depan Umum! Berikut 5 Alasannya

Anak Melakukan Kesalahan? Jangan Dimarahi di Depan Umum! Berikut 5 Alasannya
profile-picture
profile-picture
widi2685 dan farinamany memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
amankan tempat
emoticon-Maaf Agan
tapi sering banget ane ngeliat orang tua marahin anaknya di tempat umum, kan kasian emoticon-Mewek
aneee setuju banget, belom lama di mall ada ibu-ibu marahin anaknya didepan umum, gemes banget sama ibunya soalnya anaknya masih kecil, gapantes seperti itu
betul nih...catetan penting buat para orang tua.. jangan marahin anak didepan umum
Betul itu..
Kesian anaknya kalo di depan umum..
gangerti ibu yg marahain anaknya depan umum pake embel embel nanti dimarahin ibu itu loh atau bapak itu, atau pak satpam. lah apa hubungannyaaaaa -_- kan malah trauma nanti anaknya
Lihat 1 balasan
Bener banget nii gannn, anak jama sekarang kalo dimarahin, marah balikk gan, malah galakan anaknya
Balasan post aquarian95
Thats right.. Tapi aku jugaa lakuin itu ke adek akuu emoticon-Frown( tapi percaya ga percay itu ampuh biar anaknya diem
profile-picture
aquarian95 memberi reputasi
wahhh bagus juga nih gannn tulisannya... bisa mengedukasi para ibu kedepannya akan mental anak nihh
Diubah oleh christine57
setujjuu sama ts, memang sih namanya emosi yaa kadang suka kelepas, semoga ntar ane bisa nahan marah deh ke anak emoticon-Frown
Quote:


Nggak hanya buat ibu-ibu, gan.
Juga untuk para Bapak, semoga tahu tempat kalau mau menegur anaknya.
Anak lebih baik di nasihatii..
Bagaimanapun meskipun masih anak kecil mereka sudah bisa merasakan. memarahi anak didepan umum akan melukai harga diri anak.
nice gan
ttp jaga image anak
daripada mara mara mending diberi arahan emoticon-Cendol Gan
bagus
Quote:


oiyaaa gann beneer juga berlaku untuk para orangtua berarti tuhh
betul banget sihhh, harus bisa menjaga perasaan anak juga. kasian pasti mereka bakal malu banget kalo dimarahin di depan umum
Quote:


Iya sihh gann, tapi takut trauma aja sih gara gara gitu nanti gedenya malah tambah takut sama orang lainn cmiiw
gaboelhhh yaaaa... marahin anak didpn umum.. bahaya bagi mentalnya...
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di