CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Presiden Yakin UMK Jadi Rp 23 Juta/Bulan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5ddb8103f4d6956e410cf78c/presiden-yakin-umk-jadi-rp-23-juta-bulan

Presiden Yakin UMK Jadi Rp 23 Juta/Bulan

Presiden Yakin UMK Jadi Rp 23 Juta/Bulan
Foto: Presiden Joko Widodo (Detik.com)


Presiden Jokowi melakuan pertemuan dengan puluhan ilmuwan dan peneliti muda Indonesia di Hotel Lotte, Busan, Korea Selatan. Pertemuan yang dilakukan saat di sela KTT ASEAN tersebut, Jokowi memberikan pandangannya bahwa pendapatan per kapita orang Indonesia di masa depan akan terus meningkat. Secara yakin, ia pun menyebut pendapatan per kapita orang Indonesia nantinya bisa mencapai Rp 23 juta per bulan.

"Kalau sekarang UMK kita baru Rp 2 juta sampai Rp 3 juta, nantinya Rp 23 juta per bulan," jelas Jokowi dikutip laman CNBC Indonesia, Senin (25/11/2019).

Bagaimana Kemungkinannya?
Pandangan Jokowi mengenai hal tersebut bukanlah tidak berdasar. Melansir dari CNBC Indonesia, keyakinan Jokowi tersebut selaras dengan kalkulasi World Bank, IMF, hingga konsultan asing McKenzie yang meramal Indonesia digadang-gadang akan menjadi kekuatan ekonomi terbesar ke-4 dunia di masa depan.

Secara optimis Jokowi percaya Indonesia akan meraih pencapaian yang diramalkan tersebut. Dalam pertemuan yang dilakukan di Hotel Lotte, ia mengatakan, "Saya meyakini akan mencapai titik itu. GDP nominal, GDP PBD kita nomor 4. Perkiraan nanti income per kapita kita sudah mencapai US$ 23.000 sampai US$ 29.000 per tahun," kata Jokowi.


Kapan UMK Rp 23 Juta/Bulan Terealisasi?
Walaupun optimis dengan perekonomian Indonesia, namun Jokowi tak menjelaskan kapan PDB per kapita Rp 23 juta per bulan tersebut akan terealisasi. Ia pun juga tidak menjelaskan soal perbedaan UMK dan PDB per kapita. Secara awam, kemungkinan tersebut mungkin masih akan sangat lama terealisasi.

Jika mengacu pada analisis yang dilakukan CNBC Indonesia, UMK Rp 23 juta per bulan masih akan lama sekali terealisasi, hal ini dikarenakan berdasarkan sasaran makro pembangunan 2020-2024, pemerintah masih menargetkan Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita Indonesia baru bisa menembus US$5.780-6.160 atau setara Rp80-86 juta per kapita per tahun.

Nah, untuk mencapai PDB per kapita US$ 23.000 sampai US$ 29.000 atau Rp 320-400 juta pastinya masih jauh. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat PDB per kapita Indonesia 2018 sebesar US$ 3.927 atau sekitar Rp56 juta per kapita per tahun di 2018.


Bisa Aja Gak Teralisasi
Akan ada beberapa faktor yang membuat ramalan Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomi terbesar ke-4 dunia tidak terjadi. Jokowi mengingatkan pentingnya stabilitas politik dan keamanan menjadi kunci penting dalam meraih pencapaian tersebut.

"Jangan sampai stabilitas politik, stabilitas keamanan itu ada seperti ini terus. Seolah-olah perhitungan itu tidak akan melesat karena yang menghitung bukan saya pribadi, dan tentu saja tantangan kita besar sekali," tegas Jokowi.

Kini, usaha pemerintah agar perekonomian Indonesia menjadi salah satu yang terkuat di dunia adalah dengan cara membangun kepercayaan dari negara-negara lain. Kepercayaan tersebut tentunya sangat penting mengingat belakangan ini dinamika perekonomian dunia sedang penuh dengan ketidakpastian.

Tapi, walaupun dunia perekonomian Indonesia sedang tidak stabil, Indonesia bisa dikatakan beruntung karena pertumbuhan ekonomi negara kita masih tetap tumbuh di angka 5%. Jokowi pun yakin jika pencapaian tersebut bisa dipertahankan, pastinya akan berimplikasi pada keyakinan negara lain melihat Indonesia sebagai prospek yang baik kedepannya.

Kita doakan saja ya Gan, semoga hal tersebut cepat terealisasi agar masyarakat Indonesia bisa hidup sejahtera di masa depan.

Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Daniswara92 dan 14 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh VolkswagenPutih
Halaman 1 dari 15
hadeh..
profile-picture
onee643 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Penduduk kota 10jt, gaji 23jt, yg kerja 10000 org, yg laen nganggur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lubizers dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
yg penting gmn 2jt itu berasa ky 23jt... bukan tinggi angkanya yg penting tp nilai nya emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lubizers dan 57 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
amin aja kali ya
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan pdt.henderson memberi reputasi
Balasan post mibmobz
gak nganggur, tapi kerja di tempat yang gajinya 23 jt
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 2 lainnya memberi reputasi
Balasan post handratas
Terbaik emang ente emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ANAKqutu dan 2 lainnya memberi reputasi
iyain aja deh..
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
50taun lg, 100taun lg siapa tau
profile-picture
rizaradri memberi reputasi
23jt/Bulan ?? .

Huft .
Presiden Yakin UMK Jadi Rp 23 Juta/Bulan

profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Balasan post kmzwa88waa
Quote:


pasaran 80jt sekarag dapetnya model ginian yak? ane udah pensiun main lendir nih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 5 lainnya memberi reputasi
Disyukuri aja upah yang sudah didapat.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 2 lainnya memberi reputasi
Gw jg percaya, tp indomie 50k sebungkus emoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fan.kui dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


palaluh, dp doang tuh mah emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 4 lainnya memberi reputasi
ngakak saja dah, mau macem simbabwe kali yak emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
bajier dan cahpantai memberi reputasi
mungkin nanti pas udah beneran pindah ibu kota ke kalimantan sepenuhnya. emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 2 lainnya memberi reputasi
Berita buruknya, yang ngomong adalah orang yang sama yang dulu ngomong september meroket.


emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fan.kui dan 20 lainnya memberi reputasi
nanti suatu saat....

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
liee dan 2 lainnya memberi reputasi
bisa ngga klo harga aja yg turun pendapatan gpp ga naik...
itu malah menunjukan peningkatan kualitas ekonomi kita...
soalnya klo naik gaji belum tentu semua ngerasain naik...tp klo turun harga, sampai rakyat ter miskin juga ikut merasakan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 11 lainnya memberi reputasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan 6 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Halaman 1 dari 15


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di