KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
7 Manfaat Biji Wijen Bagi Kesehatan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dd50a7d48c38d048430760f/7-manfaat-biji-wijen-bagi-kesehatan

7 Manfaat Biji Wijen Bagi Kesehatan

7 Manfaat Biji Wijen Bagi Kesehatan

Ilustrasi. (Pixabay)





Wijen merupakan biji-bijian yang acap ditemukan di sejumlah olahan makanan seperti pada kue, roti, salad, dan berbagai makanan khas Jepang. Biji wijen kaya akan kandungan minyak yang tumbuh dari tanaman Sesamum indicum.

Sebagian orang mungkin belum mengenal khasiat yang bisa diperoleh dari mengonsumsi biji wijen. Pasalnya, biji wijen menyimpan beberapa nutrisi yang diperlukan tubuh untuk merawat kesehatan tubuh.

Merujuk situs CNNIndonesia.com dari Healthline, berikut ulasan manfaat dari biji wijen yang mendukung kesehatan.

1.      Menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida

Beberapa studi mengungkap bahwa dengan rutin mengonsumsi biji wijen mampu membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dan trigliserida, yang berisiko pada penyakit jantung. Biji wijen mengandung lemak jenuh sebanyak 15 persen, lemak tak jenuh ganda 41 persen, dan lemak tak jenuh tunggal 39 persen.

Dengan menambahkan asupan lemak tak jenuh tunggal adn ganda pada konsumsi harian dapat berkontribusi terhadap penurunan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

2.      Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah yang tinggi merupakan salah satu faktor utama terkena penyakit jantung dan stroke. Biji wijen sendiri kaya akan kandungan magnesium yang mampu bekerja menurunkan tekanan darah.

Selain itu, kandungan lignan, vitamin E dan antioksidan di dalam biji wijen diyakini bisa mencegah penumpukan plak di arteri yang berpotensi dalam menjaga tekanan darah sehat.

3.      Memerangi inflamasi

Inflamasi sangat berperan dalam mendatangkan beragam penyakit kronis seperti kanker, obesitas, bahkan hingga penyakit jantung dan ginjal.

Suatu penelitian menjelaskan bahwa senyawa sesamin yang tersimpan di dalam biji wijen dan minyaknya mampu berkontribusi dalam melawan inflamasi.

4.      Membantu pembentukan sel darah

Dalam proses pembentukan sel darah merah, tubuh membutuhkan sejumlah nutrisi penting yang juga terdapat di dalam biji wijen.

Pada 30 gram biji wijen mengandung vitamin B6, tembaga, serta zat besi yang masing-masing memiliki peran dan fungsi penting dalam proses pembentukan sel darah merah..

5.      Mengontrol gula darah

Selain kaya kandungan protein dan lemak sehat, biji wijen juga rendah akan karbohidrat. Kadar nutrisi ini sangat cocok menjadikan biji wijen sebagai agen pengontrol gula darah.

Biji wijen pun mengandung senyawa pinoresinol yang mampu membantu mengatur gula darah dengan menghambat kerja enzim pencernaan maltase. Maltase sendiri memecah maltosa yang kerap digunakan sebagai pemanis produk makanan.

6.      Mendukung sistem kekebalan tubuh

Biji wijen juga merupakan sumber yang baik bagi beberapa nutrisi penting yang diperlukan untuk merawat sistem kekebalan tubuh. Nutrisi tersebut seperti seng, selenium, tembaga, zat besi, serta vitamin B6 dan E.

Tubuh perlu nutrisi seng untuk mengembangkan dan mengaktifkan sel darah putih tertentu yang mengenali dan menyerang mikroba yang dapat aktif merusak.

7.      Kaya antioksidan

Biji wijen menyimpan lignan yang merupakan agen antioksidan. Lignan mampu melawan stres oksidatif yang dapat merusak sel tubuh dan meningkatkan risiko penyakit kronis.

Tak hanya itu, biji wijen pun memiliki vitamin E bernama gamma tokoferol yang mempunyai sifat antioksidan dan membantu memerangi penyakit jantung.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
raliakbarrr dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
mantap gan
mantap gan nice inpohh..
hmm bermanfaat ya
Quote:


Mantul gan. Baru tau ane
thanks infonya, Gan
sumpah ane suka banget loh biji wijen, entah yang di martabak ataupun yang si saus kayak marugame gitu wkwkwkwk

dan ternyata ini toh manfaatnya wkwkwk makasih gan dah dikasih tau
banyak ya ternyata manfaatnya. tapi ane biasa makan wijen kalo pas makan onde onde doang wkwk
Mantab gan wkwk thread begini yg bermanfaat banget nih
Ane beli lngsgn dah wijennya ditambah coklat, keju, sama adonan martabak wkwk
ini ya kenapa org korea kayanya apa2 dikasi biji wijen, dan minyak wijen yaaa... ternyata banyak manfaat...
nice info emoticon-Wow
biji wijen mengandung senyawa yg penting untuk tubuh
itu biji wijen buat turunin darah tinggi konsumsi.a di gmnain gan ? langsung aja gitu ?
kecil bentuknya besar manfaatnya
Kalo manfaat sesajen ada ga? emoticon-Ngakak
Wah banyak banget ya manfaatnya padahal kecil gitu
Bisa dong ya ini buat ibu ane yg gula & kolesterol padahal selama ininwijen paling cuma di onde onde ama burger doang ya


Quote:


Nah iya statement yg sangat tepat
ane baru ternyata wijen ini dari biji2an. ane kira buatan manusia dari tepung
Makasiii miin.. Sangat bermanfaat bangeet
nice info gan, padahal bentukannya kecil doang gitu banyak manfaatnya emoticon-2 Jempol
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di