KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ridwan Kamil Mana? Rasanya kok 'Mustahil' Di Indonesia Ada Pasar Seperti Ini
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dd3667bfac44808717a95ae/ridwan-kamil-mana-rasanya-kok-mustahil-di-indonesia-ada-pasar-seperti-ini

Ridwan Kamil Mana? Rasanya kok 'Mustahil' Di Indonesia Ada Pasar Seperti Ini

Ridwan Kamil Mana? Rasanya kok 'Mustahil' Di Indonesia Ada Pasar Seperti Ini

Dari judulnya saja thread ini terkesan sangat meragukan. Bahkan secara tidak langsung seolah ingin mengatakan bahwa ini adalah sesuatu yang tidak mungkin.

Bukan cuma tidak mungkin, bahkan maaf, mulai dari sekarang hingga 20 tahun ke depan pun mustahil rasanya Indonesia bisa punya pasar umum atau tempat belanja tradisional sebagus, sebersih, secantik, dan seeksotis seperti pasar di beberapa negara ini........

Kalian pasti sering berkunjung atau sekedar mengantar orang rumah untuk belanja sesuatu di pasar tradisional atau pasar emperan dibanyak tempat di Indonesia.

Apa yang kalian lihat di sekitarnya?

Becek? Kumuh? Bau? Semrawut? Gak beraturan? Sampah dimana-mana? gerobak atau lapak dagangan yang asal-asalan? Banyak copet dan preman tukang palak? Tukang parkir yang rese? Atau apalagi?

Ridwan Kamil Mana? Rasanya kok 'Mustahil' Di Indonesia Ada Pasar Seperti Ini

Akui saja gak perlu malu! Rata-rata kebanyakan pasar tradisional di Indonesia kondisinya memang seperti itu. Walaupun mungkin ada juga beberapa pasar tradisional di Indonesia yang lumayan 'agak' bersih seperti pasar Gede, Solo, atau pasar Lempuyangan Jogjakarta. Tapi Ingat! itu hanya 'agak'

Sekarang mari kita lihat satu persatu seperti apa penampakan pasar tradisional atau pasaran dadakan (emperan) di beberapa negara di bawah ini.

Perhatikan baik-baik lalu bandingkan dengan keadaan kebanyakan pasar di Indonesia.......

La Boqueria (Barcelona) Spanyol

Ridwan Kamil Mana? Rasanya kok 'Mustahil' Di Indonesia Ada Pasar Seperti Ini

Layaknya sebuah pasar umum, di pasar La Boqueria kita bisa berbelanja berbagai macam kebutuhan sehari hari. Mulai dari ikan, daging, buah buahan, sayuran, hingga beragam jajanan dan cemilan khas Barcelona.

Bung! Kalo cuma itu sih, di Indonesia juga banyak! Tapi masalahnya ini bukan soal sedikit atau banyak. Tapi soal estetika, soal kebersihan, soal layout, dan soal-soal lainnya yang mustahil bisa terjadi di pasar-pasar Indonesia........

Lihat saja beberapa penampakan pasar umum La Boqueria, Barcelona, di bawah ini :

Ridwan Kamil Mana? Rasanya kok 'Mustahil' Di Indonesia Ada Pasar Seperti Ini


Ridwan Kamil Mana? Rasanya kok 'Mustahil' Di Indonesia Ada Pasar Seperti Ini


Ridwan Kamil Mana? Rasanya kok 'Mustahil' Di Indonesia Ada Pasar Seperti Ini


Ridwan Kamil Mana? Rasanya kok 'Mustahil' Di Indonesia Ada Pasar Seperti Ini

Sampai sini saja dulu. Kira-kira apa yang ada dalam benak kalian? Perhatikan baik-baik bagaimana keadaan di dalam pasar umum 'La Boqueria' tersebut!

Jejeran booth dan lapak dagangan yang eksentrik, minimalis, dan penuh cahaya. Membuat betah siapapun yang berbelanja disana.

Perhatikan juga alat peraga promosi lapak dagangan mereka! Betapa detail dan full lighting....Sesuatu yang mustahil bisa kita temukan di pasar-pasar tradisional besar di seluruh Indonesia.

Masih kurang banyak penampakannya? Yuk kita lihat lagi!

Ridwan Kamil Mana? Rasanya kok 'Mustahil' Di Indonesia Ada Pasar Seperti Ini


Ridwan Kamil Mana? Rasanya kok 'Mustahil' Di Indonesia Ada Pasar Seperti Ini



Ridwan Kamil Mana? Rasanya kok 'Mustahil' Di Indonesia Ada Pasar Seperti Ini



Ridwan Kamil Mana? Rasanya kok 'Mustahil' Di Indonesia Ada Pasar Seperti Ini



Ridwan Kamil Mana? Rasanya kok 'Mustahil' Di Indonesia Ada Pasar Seperti Ini

Kalo kurang puas kita liat saja videonya langsung.....





Grand Bazaar Istanbul, Turki

Ridwan Kamil Mana? Rasanya kok 'Mustahil' Di Indonesia Ada Pasar Seperti Ini

Grand Bazaar Istanbul, adalah salah satu pasar tertutup yang terbesar dan tertua di dunia. Meliputi 61 jalan tertutup dan lebih dari 3.000 toko yang dapat menarik pengunjung sebanyak 250.000 sampai 400.000 orang setiap harinya.

Apakah model pasar seperti Grand Bazaar Istanbul ini ada di Jakarta? Di Bali, Bandung, Medan, atau di Surabaya? Ah rasanya tidak mungkin.......Kalo mimpi sih boleh-boleh saja, seperti yang diinginkan Sandiaga Uno yang berencana membangun pasar Tanah Abang seperti Grand Bazaar Turki. Ah, itukan cuma ngimpi......
emoticon-DP

Lihat saja penampakannya! Betapa indahnya pasar tersebut......Bersih, wangi, cantik, rapih, dan eksotis!


Ridwan Kamil Mana? Rasanya kok 'Mustahil' Di Indonesia Ada Pasar Seperti Ini

Ridwan Kamil Mana? Rasanya kok 'Mustahil' Di Indonesia Ada Pasar Seperti Ini

Ah gila, TS kejauhan kalo membandingkan pasar La Boqueria atau Grand Bazaar dengan pasar-pasar tradisional di Indonesia. Karena standar peradaban kita belum sampai kesana. Kita inikan masih negara kelas 3 yang masyarakatnya masih sangat menyukai sesuatu yang jorok, kotor, kumuh, dan asal jadi duit......

Lalu mau dibandingkan dengan pasar mana lagi? Dengan pasar di Jepang seperti 'Nishiki'? Korea? Atau cukup dengan Singapura, Malasyia dan pasar 'Chatuchak' Bangkok saja.......

Ya, kalo Indonesia mau sejajar dengan bangsa lain yang lebih maju minimal kita bisa meniru model pasarnya dulu. Jangan cuma mal doang yang dibanyakin!

Dan menurut gua, jika kita mau melihat sejauh mana tingkat peradaban sebuah bangsa, bisa kita lihat melalui keberadaan pasarnya......

Semakin bersih pasarnya, semakin cantik tata letaknya, dan semakin teratur manusianya, maka semakin maju pula peradabannya.....

Lihat pasar Induk Kramat Jati, Pasar Senen, pasar Rebo, pasar Bringharjo, dan pasar-pasar lainnya......Ah sudahlah!

Kalo membangun pasar yang beradab saja Indonesia tidak mampu, apalagi membangun mental masyarakatnya......

Atau bilang sana sama Ridwan Kamil yang katanya Arsitek itu! Bisa gak bikin pasar Caringin jadi seperti La Boqueria?


emoticon-Bettyemoticon-Bettyemoticon-Bettyemoticon-Betty



Oleh : davinof 2019 @kaskus


Source of Pictures : Google Images


profile-picture
profile-picture
profile-picture
orangemonkey dan 47 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 16
Reserved for Ridwan Kamil...... emoticon-DP
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lonelygirl15 dan 4 lainnya memberi reputasi
Reserved for pasar becek amburadul.......
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ini kan indon gan, kalopun pasar udah jadi modern, kang parkir anjink ama ormas pungli tetep lestari
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MethdLast dan 40 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Ridwan kamil lagi sibuk bikin postingan di Instagram
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Indonesia ini negara miskin tapi songong. Maunya setinggi langit tapi kelakuan mentalnya masih barbar

Masih kampungan jauhlah kalo dibandingin sama standar pasar di Jepang apalagi Eropa

Dan yg paling goblok jelas pemerintah kita dari tingkat daerah sampe pusat. Gimana gak goblok? Kalo bikin mal paling cepet apalagi ngasih izin buat bangun minimarket

Tapi kondisi pasar umum tradisionalnya malah mirip kandang babi

Itu si ridwan kamil juga pea giliran bangun taman aja paling gesit. Tapi ngurus pasar caringin atau pasar lainnya di Bandung kagak becus! emoticon-Tai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
shoyusushi dan 35 lainnya memberi reputasi
Quote:


emoticon-Salaman

khas warga sinilah
ada yg mau bersih² udah ditolak duluan krn ga seiman

emoticon-Salaman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
MethdLast dan 15 lainnya memberi reputasi
Saya sering datang ke pasar umum di banyak daerah di Indonesia. termasuk pasar bringharjo, lempuyangan atau pasar Johar Semarang. Apalagi ke pasar pasar di sekitaran jakarta itu sering banget

Tapi ya begitulah semuanya gak bisa dibandingin sama pasar di luar negeri

Cuma kadang saya suka heran apa susahnya bagi pemerintah membangun pasar yang beradab dan manusiawi? Apalagi bisa sekelas kaya pasar di Jepang atau di negara Eropa

Masa membangun mal bisa tapi menciptakan pasar yang bersih, rapi, modern, dan cozy aja tidak mampu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
lagi cari bacol nich 💦💦💦
emoticon-Wakaka

kalau cuman bikin kayaknya bisa boss...
tinggal mental masyarakatnya bisa jaga kebersihan gak...???

profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 15 lainnya memberi reputasi
Dulu sih sering datang ke pasar di daerah bandung. Macem pasar kordon, pasar kosambi, pasar caringin, pasar ujung berung, pasar gedebage, ama pasar cicalengka

Yg mendingan cuma pasar cihapit aja. Sisanya brengsek semua

Jokowi ama ridwan kamil ngapain aja sampe gak sanggup bikin pasar tradisional yang keren?

Bikin tol darat bisa, tol laut bisa, sampe tol langit katanya bisa juga. Masa bikin pasar gak sanggup? Minimal kaya pasar di Bangkokemoticon-Thinking
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan 3 lainnya memberi reputasi
MUSTAHIL...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Gua gak yakin bisa, buktinya selama 50 tahun lebih Indonesia merdeka. kita gak pernah punya pasar umum yang ikonik yg sekelas pasar pasar tradisional di Eropa, Jepang atau Korea

Masyarakat itu ngikutin keadaan, kalo pasarnya udah keren secara otomatis prilaku akan beradaptasi.

Tugas pemerintah cukup memberangus tukang parkir brengsek, preman brengsek, sama ormas brengsek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
elefana dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Di ibu kota negara aja gak ada pasar sekelas pasar di Barcelona
Apalagi pasar tradisional di daerah Kabupaten yang pasarnya rata2 mirip kubangan kebo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
OK OK
Pasar dsini pisang 5ribu,kl dibuat sperti itu bisa jd 15rb,gmana yg laen?....mmm pajak,kebersihan,keamanan kan perlu bayar
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan davinof memberi reputasi
Kalau beneran bisa dibikin kayak pasar di luar negeri sih pasti suasana pasar tradisional juga enggak sepi banget. ngeliat foto-fotonya emang jauh banget ya. bersih, rapi, tertata, pencahayaan juga bagus. pasti anak-anak muda juga enggak males belanja emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan 2 lainnya memberi reputasi
Membandingkan pasar di negara maju dengan kondisi pasar di Indonesia itu ibarat langit dan bumi

Kuncinya adalah standar peradaban yang timpang jauh

Coba saja liat perbedaan paling mendasar dalam hal kebersihan dan kerapihan tata letak lapaknya

Para pedagang di Indonesia itu selalu berprinsip 'gak perlu bagus yang penting laku'. Mau becek, kumuh atau semrawut yang penting pasarnya rame. Itu saja

Jadi kalo bicara soal estetika, dibanding negara di Asean saja kita ketinggalan jauh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
night.fury95 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
bukannya tanah abang udah mirip2 itu emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan davinof memberi reputasi
Quote:


Ridwan Kamil Mana? Rasanya kok 'Mustahil' Di Indonesia Ada Pasar Seperti Ini
Pasar cicadas sdh lumayan skrg tp jgn salah unt membuat rapi seperti itu pemkot bandung membabat semua tenda PKL selama pengerjaannya jd emang ada harga pengorbanan yg hrs dibayar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
RyanYulio dan 9 lainnya memberi reputasi
sepertinya benci dengan ridwan.... hmm emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kolollolok dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Terus masalahnya apa? Ketika segala sesuatu sudah menjadi lumrah maka tidak ada lagi perbedaan harga

Kalaupun ada rasanya wajar saja, harga sayuran di supermarket dengan harga di pasar tradisional jelas sedikit berbeda. Dan itu hanya sedikit loh

Di luar negeri juga begitu, harga buah buahan di pasar tradisional yang kondisinya mirip seperti di mal akan sedikit berbeda jika membelinya di Lawson, gyomu atau life

Itulah makanya pemerintah harus membangun pasar yang bersih, tertib dan elegan supaya masyarakat Indonesia terbiasa masuk ke tempat tempat yang elegan juga
profile-picture
davinof memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 16


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di