CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Pengendara Motor di Bawah Umur, Kebanggaan atau Kelalaian? Diskusi, yuk!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dd35ce1337f933e7234af9c/pengendara-motor-di-bawah-umur-kebanggaan-atau-kelalaian-diskusi-yuk

Pengendara Motor di Bawah Umur, Kebanggaan atau Kelalaian? Diskusi, yuk!

Motor, anak, pengendara cilik


Pengendara Motor di Bawah Umur, Kebanggaan atau Kelalaian? Diskusi, yuk!
Sumber gambar: jedadulu.com


Apa kabar Agan dan Sista yang budiman emoticon-Cendol (S)


Bertemu lagi dengan thread saya yang retjeh, tetapi semoga bermanfaat emoticon-raining


Sesuai judul, mari gelar tikar, diskusi tentang fenomena anak anak yang sudah pada mahir mengendarai motor.


Tidak jauh jauh, karena di kampung saya sendiri lumayan banyak anak anak yang baru duduk di bangku sekolah dasar, tetapi sudah jago motoran, lepas di jalan umum.


Tidak tanggung tanggung, motorannya bonceng 3 sambil kebut kebutan.

Saking banyaknya yang jago motoran, akhirnya anak anak yang belum bisa motoran ikut ikutan merengek minta diajarkan.


Akhirnya makin banyak.


Sementara mungkin kita tahu bagaimana kondisi emosional anak, yang belum begitu mendukung untuk melakukan kegiatan yang sewajarnya hanya boleh dilakukan orang dewasa tersebut.

Jika kita lihat, beberapa di antara mereka justru merasa bangga dengan kebisaannya bermotor. Seolah ingin mengatakan kepada dunia bahwa mereka sudah bisa motoran sendiri.

Padahal, namanya anak anak, jiwanya terbilang labil. Mereka melakukan sesuatu sesuai kesenangan dan keinginan, seringkali mengabaikan peraturan. Ya, memang, sih, mereka masih dominan otak kanannya.


Misalnya kena razia Pak Pol sebab melakukan pelanggaran berlalu lintas, kadang tidak terima dengan teguran. Akhirnya, yang mengingatkan jadi repot sendiri emoticon-Amazed


Belum lagi, keselamatan lalu lintas yang pasti juga mengancam nyawa.


Diberitakan bahwa kasus kecelakaan lalu lintas di beberapa tempat didominasi oleh anak anak/pengendara cilik (referensi).


Pengendara Motor di Bawah Umur, Kebanggaan atau Kelalaian? Diskusi, yuk!
Sumber gambar: kaltim.tribunnews.com


Sebenarnya ada gak, sih, undang undang yang mengatur pengendara cilik ini?


Rupanya dalam UU no. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan sudah dijelaskan bahwa siapapun yang hendak mengendarai motor atau mobil harus sudah berusia paling tidak 17 tahun.


Juga disebutkan dalam pasal 281, sebagaimana dimaksud dalam pasal 77 ayat (1), bahwa bagi pengendara yang tidak memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi) akan dikenakan pidana kurungan maksimal 4 bulan atau denda paling banyak Rp 1.000.000,00 (satu juta rupiah) (referensi). Sementara anak anak belum berhak mendapatkan SIM, bukan?


Quote:



Namun seolah bertolak belakang, beberapa orangtua justru mendukung anak anaknya untuk bermotor.


Kemungkinan dengan sebab dua alasan;

1. Merasa bangga anak anaknya bisa bermotor. Ada duit, lantas sekalian dibelikan.


2. Mengurangi aktivitas orangtua yang padat. Karena anak anak sudah mandiri, ke mana mana bisa sendiri. Tinggal pasang kunci, bruumm ... Sampailah sekolah. Tinggal menggenjot motor, brumm ... Sampailah tempat bermain. Orangtua jadi tidak terlalu repot, sehingga bisa menyelesaikan pekerjaan lain.


Ah, di sinilah jiwa kepenasaranku meronta dan bertanya tanya, pengendara di bawah umur, sebenarnya kebanggan atau kelalaian?


Bagaimana pendapat Agan-teng dan Agan-tik yang budiman?



___o0o___

Penulis @mbak.far emoticon-Wowcantik, si imoet sejak kemarin.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
isu152 dan 20 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mbak.far
Halaman 1 dari 11
jaman now mbk...emoticon-Leh Uga
Jaman dulu mah pake sepeda ontel..emoticon-Big Grin


emoticon-rosekolektor bataemoticon-Bata (S)emoticon-rose
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bhalwie dan 10 lainnya memberi reputasi
kalo ane belum mengantongi SIM (Surat Izin Menikah) emoticon-Gila
profile-picture
profile-picture
MrJeffBezos dan onee643 memberi reputasi
One easy step to see my other thread, click on the image once 👇

Pengendara Motor di Bawah Umur, Kebanggaan atau Kelalaian? Diskusi, yuk!
profile-picture
profile-picture
MrJeffBezos dan onee643 memberi reputasi
Quote:


emoticon-Pertamax Haha, iya, Gan. Jaman udah beda, ya

Bata otw emoticon-Blue Guy Smile (S)
Quote:


Emaknya kaga pada nglarang apa ya emoticon-Malu
Kalau menurut ane salah satu kelalaian dari orang tua. Terlalu memanjakan, tapi sebenarnya nggak sayang. Iyalah kalau sayang anak harusnya ngerti, anak di bawah umur bawa motor itu bahaya. Dari segi psikologis pun kan emang belum siap ada di jalanan gitu bawa motor.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kelalaian pake banget. apa bangganya ngliat anak naik motor, kalo sampe terjadi sesuatu bakal jadi penyesalan luar biasa.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Nah, itu dia, Gan.
Kadang ada yang malah disuruh belajar, liat temen temennya pada bisa motoran emoticon-Hammer (S)
Quote:


Nah, komentar bijak, nih. Bener, Kak, namanya anak anak, kadang nggak mikirin bahaya emoticon-Gila

Makasih, Kak emoticon-terimakasih
profile-picture
haz0204 memberi reputasi
Quote:


Tjakep, Kak. Aku sih juga setuju jika membiarkan anak motoran sendiri adalah kelalaian.

Makasih mampirnya, Kak emoticon-terimakasih
Quote:


Wahai orangtua sempatkan sedikit waktu buat nganter anak atau sedikit duit tambahan buat ngangkot. Ngga seberapa ituh.

Kembali kasih 😘
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan mbak.far memberi reputasi
selama belum nabrak atau ditabrak orang lain pasti ortunya belum sadar
profile-picture
profile-picture
diandraps dan mbak.far memberi reputasi
sumbernya dari kebodohan dan kelalaian orang tua, karena bikin anak tu enak dan gampang... perkara mendidik mah ga usah dipikirin. kalo anaknya celaka di jalan, tinggal nyalahin orang lain, kalo anaknya meninggal tinggal bikin lagi...

Indonesia mah kelakuan bodoh bin tolol macam gini masih dimaklumi (kalo tidak malah ditradisikan), dan pola pikir macam ini diwariskan dari ortu ke anaknya, makanya model2 macem itu bakalan terus ada selama pola pikirnya tidak berubah
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan mbak.far memberi reputasi
Jelas kelalaian
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
di sirkuit kebanggan di jalanan itu kelalaian
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
disinilah ktololan bangsa terpancarkan emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
timereturner dan mbak.far memberi reputasi
Bangga kali gan apalagi di kampung ane,anaknya pake motor atau agak nakal malah ortunya ketawa-ketawa ga jelas,kl di nasehatin dibilang ngurusin urusan orang lain,hello kita hidup sosial kali kalo mengganggu umum juga bakal diperingatkan ya ga gan
No ofense yaemoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Balasan post darxze
kalo ane ga segan head to head sama buntelan ketololan yang disebut tetangga di kampung ane kalo apa yang mereka lakukan sudah ditaraf mengganggu... ane sering dibilang galak sama mereka, tapi ane persetan yang ngeliat kalo ane tegas dan lurus juga banyak kok

karena kalo lunak terus mereka menganggap kita setuju sama perlakuan mereka
profile-picture
profile-picture
bnoorraini dan darxze memberi reputasi
Balasan post dengozo
emoticon-Ngakak @dengozo iya juga sih gan tapi ujung2nya "duit2 gw ndiri ga ngutang Lo...blablabla la.....jadi dah perang dunia ke 5emoticon-Ngakak
Quote:


emoticon-Big Kissemoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss
profile-picture
Indriaandrian memberi reputasi
Halaman 1 dari 11


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di