KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Citizen Journalism /
Walaupun Ditolak Serikat Pekerja, Kamu Masih Setuju Gak Ahok Jadi Bos Pertamina?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dd24406018e0d48f26731f9/walaupun-ditolak-serikat-pekerja-kamu-masih-setuju-gak-ahok-jadi-bos-pertamina

Walaupun Ditolak Serikat Pekerja, Kamu Masih Setuju Gak Ahok Jadi Bos Pertamina?

Walaupun Ditolak Serikat Pekerja, Kamu Masih Setuju Gak Ahok Jadi Bos Pertamina?
(Credit: IndeksNews)

Nampaknya jalan Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau yang akrab disapa Ahok untuk menjadi bos di Pertamina gak semulus yang dibayangkan banyak orang. Walaupun track record Ahok saat menjadi Gubernur DKI Jakarta sempat menuai pujian publik karena ketegasannya yang gak neko-neko, tapi hal itu gak serta-merta membuatnya melenggang ke Pertamina dengan mulus.

Memang sih di satu sisi banyak yang mendukung Ahok menjadi bos Pertamina agar perusahaan BUMN tersebut mampu bekerja secara cepat, profesional, dan bersih dari keberadaan tikus-tikus berdasi. Tapi, gak sedikit juga loh yang menolak keberadaan Ahok, bahkan yang menolaknya itu berasal dari internal Pertamina yaitu Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersama (FSPPB).

Alasan Ahok Ditolak
Kalau melansir dari berbaga situs media mainstream, Presiden FSPPB Arie Gumilar, menyebut secara terang-terangan menolak Ahok untuk menjabat sebagai bos Pertamina karena status Ahok yang merupakan residivis kriminal. Lantas, apakah alasan dari Presiden FSPPB tersebut bisa diandalkan untuk menolak Ahok menjadi bos Pertamina?

Walaupun Ditolak Serikat Pekerja, Kamu Masih Setuju Gak Ahok Jadi Bos Pertamina?
(Credit: PortoNews)


Setelah ane riset di dunia maya, akhirnya ane mendapati sebuah Pasal 45 ayat 1 UU No 19 Tahun 2003 tentang BUMN yang isinya: Yang dapat diangkat sebagai anggota Direksi adalah orang perseorangan yang mampu melaksanakan perbuatan hukum dan tidak pernah dinyatakan pailit atau menjadi anggota Direksi atau Komisaris atau Dewan Pengawas yang dinyatakan bersalah menyebabkan suatu perseroan atau Perum dinyatakan pailit atau orang yang tidak pernah dihukum karena melakukan tindak pidana yang merugikan keuangan negara.

Terlalu jelimet ya bahasanya? emoticon-Ngakak (S)
Mudahnya, kalau Presiden FSPPB berdalih Ahok itu ditolak jadi bos Pertamina karena status Ahok yang pernah dihukum penjara, berarti hal tersebut cuma mengada-ngada doang Gan. Karena kalau logika hukum kita berdasar pada pasal tadi, seharusnya Ahok bisa menjadi pimpinan di Pertamina karena Ahok dulunya dihukum bukan karena melakukan tindak pidana yang merugikan keuangan negara. Padahal tahun 2017 lalu Ahok dihukum karena persoalan di luar keuangan negara dan tidak juga terkait dengan kejahatan berupa kriminal, tepatnya ia dihukum karena tindak pidana penodaan agama.


FSPPB Takut Kerja Transparan?
Isu penolakan Ahok dari FSPPB ini pun akhirnya sampai ke Kementerian BUMN. Arya Sinulingga selaku staf khusus Menteri BUMN Erick Thohir, menduga kalau upaya FSPPB yang menolak Ahok untuk menjadi bos Pertamina karena dua hal. Pertama karena perbedaan politik, dan kedua karena ada kaitannya dengan sikap transparansi Ahok.

Walaupun Ditolak Serikat Pekerja, Kamu Masih Setuju Gak Ahok Jadi Bos Pertamina?
(Credit: PosKotaNews)


Selama ini memang publik gak asing lagi dengan profesionalitas Ahok dalam upaya transparansi di instansi yang ia kelola selama menjadi pimpinannya, misalnya Pemprov DKI Jakarta. Nah, pastinya cara bekerja tersebut akan ia terapkan pula di Pertamina kalau benar Ahok akan menjabat sebagai bosnya. Dan, sependapat dengan Arya, ane pun juga berpikir kalau FSPPB mungkin takut dengan gebrakan Ahok dalam hal transparansi tersebut.

Apalagi penolakan tersebut sebetulnya agak aneh juga, karena jalan Ahok untuk menjadi bos Pertamina tuh masih dalam proses seleksi cuy. Kasarnya, ente belum jadi apa-apa kok udah ditolak aja. Apalagi alasannya cukup mengada-ada dan Presiden FSPPB ini cenderung menggunakan upaya naked power (memakai kekuatan sebagai wakil pekerja yang gak sepenuhnya disetujui oleh pekerja juga).

* * *

Melihat hiruk-pikuk penolakan Ahok untuk menjadi bos Pertamina ini kadang membuat ane jadi berpikir: Ahok belum masuk ke internal Pertamina aja udah menimbulkan kegaduhan begini, gimana kalau nanti udah jadi bosnya. Takutnya sih nanti malah terjadi banyak gesekan internal kalau Ahok jadi masuk ke Pertamina. Imbasnya ya ke masyarakat juga kan, karena harus diakuin kalau Pertamina ini salah satu BUMN yang paling strategis dalam melayani kebutuhan masyarakat.

Dari keseluruhan pembahasan yang ane sertakan di thread ini, pada akhirnya akan berlabuh pada satu pertanyaan:

Jadi kalian Setuju atau Gak Setuju nih kalau Ahok jadi bos Pertamina?

Apapun pilihan kalian soal isu ini, sertakan alasan terbaik kalian di thread ini ya!
emoticon-Kaskus Banget
profile-picture
profile-picture
profile-picture
suekethos dan 21 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 14
Boleh aja sih. Tapi kudu bikin SKCK dulu ya. Goblok klw di terima HRD nya..wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Uri3L dan 43 lainnya memberi reputasi
Lihat 15 balasan
Tempatkan saja Ahok di bag pengawasan penggunaan utang negara.

Dgn gaya temperamennya Ahok cocok disini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
amiruls.lee dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
paling yang nolak takut kalau lahan basah mereka terganggu .... Apalagi kalau sampai ahok nerapin kebijakan atau sistem yg bisa mencekik kebasahan mereka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
VolkswagenPutih dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
bodo amat.
wong jadi bos pertamini atau nggak tetap akan jadi bos kok.
sama halnya dengan qodrun, mau makan pagi atau makan malam ya tetap nasbung.emoticon-Blue Guy Smile (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
capt.sabaru dan 9 lainnya memberi reputasi
setuju aja lah
profile-picture
profile-picture
VolkswagenPutih dan king.aslan memberi reputasi
GAK SETUJU!
HARUSNYA BAHAR BIN SMITH AJA!

emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
alfazu dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
soal transparansi udah jelas, sejak jd gubernur rapat2 diupload biar rakyat bs tau langsung topik & jalannya rapat. beda bgt sama yg ngakunya mw transparansi tp blom apa2 balaikota udah dikordenin takut kliatan yg di dlm lg ngapain aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Uri3L dan 19 lainnya memberi reputasi
Sumber??
Lihat 1 balasan
Quote:


hah? level direksi mesti lewat hrd???
profile-picture
profile-picture
profile-picture
solobaric5 dan 11 lainnya memberi reputasi
Saya sih selalu ingat dengan apa yang dikatakeun Kiai Maruf

AHOK HARUS DIHABISI! emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Uri3L dan 13 lainnya memberi reputasi
Ada yang periuknya keganggu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
VolkswagenPutih dan 3 lainnya memberi reputasi
udah lah santai di bisnis , biarkan mereka yang urus hidup tenang aja
profile-picture
profile-picture
VolkswagenPutih dan tali_sandal memberi reputasi
tuh serikat bikin aja patungan buat nyewa kadal 212 daripada bikin drama gorenganemoticon-Leh Uga
profile-picture
VolkswagenPutih memberi reputasi


emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
VolkswagenPutih dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
orang pertaminanya transparan juga dong ah

jangan maunya orang lain yang pake baju transparan muluk emoticon-Cool

Quote:


profile-picture
profile-picture
profile-picture
Uri3L dan 26 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
harus kluar partai dlu
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
VolkswagenPutih dan budi.susanto. memberi reputasi
Balasan post kadalgurun19
Quote:


lanjut

emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
VolkswagenPutih dan budi.susanto. memberi reputasi
Ya balik lagi ke aturan, seperti di pasal 45 ayat 1 UU No 19 Tahun 2003 tentang BUMN.
profile-picture
profile-picture
VolkswagenPutih dan budi.susanto. memberi reputasi
Mungkin kadrun2 ga setuju, sebab boss mereka sudah belajar ilmu perminyakan sekian lama di gurun sampe ogah pulang, malah ahok yang dipilih jokowi utk ngurusin perminyakan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
DarkenCloud dan 5 lainnya memberi reputasi
Balasan post arip93
Quote:


Emang sejak kapan penunjukan direksi/komisaris mesti lewat HRD ??.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
DarkenCloud dan 12 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 14


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di