CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Sipil /
[ask] bentang 10 meter tanpa tiang
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dd231b7018e0d0fd4692761/ask-bentang-10-meter-tanpa-tiang

[ask] bentang 10 meter tanpa tiang

[ask] bentang 10 meter tanpa tiangagan2, numpang tanya dong, kalo ane bangun rumah dengan model di gambar, bentangan 10 meter bisa ga kalo ga pake tiang ?
posisi kanan dan kiri itu bangunan kamar. yang ada di gambar hanya ruang tengah saja. lantai 2 beban hanya ada wc disebelah kiri, lantai 3 berupa dak cor dari dinding belakang kurang lebih 5 meter, kedepannya lagi pake genteng.
nah yang ane mau tanya, apakah tiang tengah itu bisa dihilangkan ? dengan pertimbangan faktor keamanan dan kekuatan struktur bangunannya ?

mksh
Diubah oleh uneh
ngeliatnya aja sudah serem gan. lantai dua sudah termasuk menopang beban sendiri. kalau ada tiang yang seperti di gambar saja sudah serem. apalagi dihilangkan.
tp tunggu jawaban dari para suhu di mari hehehe
Waduh gile itu tanpa kolom gan dak nya? Bahaya banget..
Untuk rumah tinggal biasa, sebaiknya jarang tiang diambil maksimal 3 ~ 4 meter. Karena jika lebih dari itu, efeknya adalah balok akan ikut membesar (tinggi). Jika tidak, maka lendutan akan sangat besar.
mungkin klo pake baja wf bisa gan
bisa, rekayasa dulu diBIM,
bentangnya kan panjang tu, hasilnya nanti ada balok utama sama balok anak, dimensinya bakal gede-gede & boros tulangan
Quote:


sepemahaman saya, kalo bangunan dengan bentang lebar seperti itu tidak boleh bertingkat (lantai 2, dst) (kalo mau bertingkat atau ada lantai di atasnya, biasanya tingkat tsb diletakkin kolom, kayak wc itu kasih kolom)... untuk atap pakai material2 ringan.. jenis atapnya ada khusus sendiri misal struktur Truss (pakai baja ringan), dsb. kalo genteng termasuk berat jadi ga bisa untuk bangunan bentang lebar. coba liat denah exhibition area convention center. itu contoh bangunan bentang lebar tapi ada tingkat.


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di