CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ngeri! Beginilah Tekhnik Pengobatan Zaman Dulu, No 3 Pakai Besi Panas
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dd1d6d965b24d5fb00f70b5/ngeri-beginilah-tekhnik-pengobatan-zaman-dulu-no-3-pakai-besi-panas

Ngeri! Beginilah Tekhnik Pengobatan Zaman Dulu, No 3 Pakai Besi Panas

Ngeri! Beginilah Tekhnik Pengobatan Zaman Dulu, No 3 Pakai Besi Panas

Dewasa ini, praktik pengobatan sudah semakin canggih. Bahkan hampir si pasien tidak merasakan sakit apapun saat pengobatan berlangsung. Hal ini dikarenakan memang telah ditemukan tekhnik dan ilmu-ilmu baru dalam proses pengobatan yang mampu meminimalisir rasa sakit.

Namun, beda halnya dengan proses praktik pengobatan zaman dulu. Hampir menggunakan peralatan sederhana serta tekhnik yang digunakan pun cukup membuat ngeri. Berikut tekhnik pengobatan masa lampau yang pernah ada :

1. Trepanasi

Ngeri! Beginilah Tekhnik Pengobatan Zaman Dulu, No 3 Pakai Besi Panas

Trepanasi adalah praktik pengobatan dengan cara melubangi otak. Biasanya dokter akan melubangi tulang tengkorak hingga lapisan luar otak (Durameter) terlihat.

Kebiasaan pengobatan ini bertujuan untuk meringankan tekanan dan menyembuhkan penyakit yang memang bersumber dari kepala. Selain itu, trepanasi juga bertujuan untuk pengobatan seperti epilepsi, gangguan mental, migrain, dan cedera yang menimpa kepala.

Kayaknya pengobatan trepanasi terlalu berisiko sebab dengan melubangi tulang tengkorak bisa jadi bakteri-bakteri masuk lewat kepala. Hih ngeri!

2. Menggunakan Urine

Ngeri! Beginilah Tekhnik Pengobatan Zaman Dulu, No 3 Pakai Besi Panas

Air kencing adalah hal dipandang yang menjijikkan. Namun, itu tidak terjadi saat abad pertengahan. Di eropa, air seni digunakan untuk pengobatan.

Seorang ahli bedah bernama Thomas Vicary merekomendasikan bagi para korban luka perang untuk membasuh lukanya dengan air kencing.

Urine tidak hanya dijadikan sebagai pengobatan tapi juga kerap dimanfaatkan untuk mengetahui jenis penyakit yang diderita oleh seseorang dengan cara melihat warna air kencing tersebut.

3. Mengobati Wasir dengan Besi Panas

Ngeri! Beginilah Tekhnik Pengobatan Zaman Dulu, No 3 Pakai Besi Panas

Wasir atau ambeien adalah sebuah penyakit yang terjadi di sekitar dubur seseorang. Biasanya ada semacam daging tumbuh di sekitarnya yang membuat sakit ketika duduk.

Di masa lalu, penyakit ini bisa diobat dengan cara memasukkan batang besi panas ke dalam anus si pasien.

Duh kira-kira gimana rasanya ya? Ketika besi panas itu sempurna mendarat di tempat yang sakit.

4. Melukai Pasien Hingga Berdarah

Ngeri! Beginilah Tekhnik Pengobatan Zaman Dulu, No 3 Pakai Besi Panas

Pengobatan ekstrem lainnya adalah dengan cara melukai pasien sampai berdarah. Tekhnik pengobatan ini dilakukan di abad pertengahan oleh orang eropa.

Mereka berpendapat bahwa tubuh manusia memiliki 4 macam cairan yaitu darah, lendir, air empedu kuning, dan air empedu hitam.

Pengobatan semacam ini dilakukan oleh orang Yunani kuno tetapi masih dijadikan pedoman masyarakat eropa hingga abad pertengahan. Pengobatan ini disebut bloodletting.

Adapun penggunaannya bisa dilakukan dengan 2 cara, pertama menggunakan lintah. Di mana lintah tersebut ditaruh di tubuh pasien hingga terhisap darahnya. Kemudian yang kedua dengan cara melukai tubuh pasien hingga darahnya mengucur.

5. Hydrotheraphy

Ngeri! Beginilah Tekhnik Pengobatan Zaman Dulu, No 3 Pakai Besi Panas

Di zaman sekarang, pengobatan ini mungkin terlihat biasa saja. Karena pengobatannya hanya berendam di dalam air. Tapi, di zaman dulu pengobatan hydrotheraphy cukup terbilang ekstrem. Pasalnya si pasien akan dibungkus menyerupai mumi dengan kain basah sedingin es. Lalu, pasien diikat dan direndam di dalam air.

Duh, kok akhirnya seperti bukan pengobatan tetapi lebih terlihat macam hukuman ya.

6. Transolbital Lobotomy

Ngeri! Beginilah Tekhnik Pengobatan Zaman Dulu, No 3 Pakai Besi Panas

Tekhnik pengobatan ini bisa dibilang ekstrem. Sebab dokter akan melakukan operasi dengan cara memasukkan benda tajam melalui lubang mata atau hidung untuk memotong syaraf otak. Hal ini dilakukan untuk penyembuhan penyakit mental.

Ngeri! Beginilah Tekhnik Pengobatan Zaman Dulu, No 3 Pakai Besi Panas

Jika pengobatan ini dilakukan di zaman sekarang, apa yang akan terjadi. Bersyukur ya sebab pengobatan saat ini sudah sangat maju dan memberikan kenyamanan bagi pasien.


Sumber :
Di sini

Di sini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Daniswara92 dan 34 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh hvzalf
Halaman 1 dari 10
Ekstremmm
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan malaikatrindu memberi reputasi
Untung zaman skrang, gak seseram zaman dulu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
diandraps dan 2 lainnya memberi reputasi
ngeri banget
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
Quote:


Bersyukur hidup di zaman skrang y 😁
Ngilu ih emoticon-Frown
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
Penyembuhan yang menyiksa, untung ane tidak hidup di jaman itu gan @hvzalf
profile-picture
profile-picture
mulivw dan hvzalf memberi reputasi
ngeri bngt sh pagi" udah bca bginian emoticon-Takut
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
asem lagi makan baca beginian🙈🙈
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
Quote:


Masa sih? emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
haz0204 dan hvzalf memberi reputasi
Ngeri aku Gan baca dari awal
Berarti pemikiran jaman dulu sudah maju yah
Ada pengobatan mental juga. Hiks
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
seram gan 😱
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
jika dipakai di jaman now. bukannya mengobati tapi malah membunuh. asli, itu cara caranya ngeri 😨
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
Diubah oleh adhityayodha
Lihat 1 balasan
di tusbol pake besi panas...
...asli horor...emoticon-Takut
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
serreem. lgsg g jd sakitnya
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
Quote:


emoticon-excitedemoticon-excitedemoticon-excited

Quote:


Syukurlah. Mana gk da asuransi lg zaman dulu emoticon-Ngakak

Quote:


Gak tanggung jawab emoticon-Ngakak

Quote:


emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol

Quote:


Iya Gan. Hanya cara pengobatannya ja yg ekstrem

Quote:


Ngeriii

Quote:


Pasti langsung dilaporkan emoticon-Ngakak

Quote:


Ya pengobatan zaman dulu namanya jg

Quote:


Iya Gan. Kebayang ngilunya

Quote:


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Langsung sembuh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
triwinarti dan 5 lainnya memberi reputasi
Quote:


Jangankan asuransi, bank aja kagak ada gan hahaha
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
nomor 3 sih astaga dragonemoticon-Leh Uga

nomor 2 masih ada yg pake itu
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
Quote:


Wkwkwk
Kebayang itu sakitnya emoticon-Ngakak

Quote:


No 3, setega itu y emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
MrJeffBezos dan adnanami memberi reputasi
Horor banget ini sih. Beruntung kita hidup di zaman modern
profile-picture
hvzalf memberi reputasi
Halaman 1 dari 10


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di