CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
HDMI? Yuk Cari Tahu Disini
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dca76b1c0cad719d706788c/hdmi-yuk-cari-tahu-disini

HDMI? Yuk Cari Tahu Disini

"Pake HDMI bae." Usul salah satu teman.
Di kesempatan lain, "Dia juga pasang HDMI untuk terkoneksi dengan internet."


Saya penasaran dengan HDMI itu seperti apa dan digunakan untuk apa saja. Untuk memecahkan rasa penasaran saya dan menemukan jawaban yang benar, marilah kita kulik disini ya. 
HDMI (High-Definition Multimedia Interface) adalah konektor yang menghubungkan berbagai macam perangkat elektronik seperti komputer, laptop, DVD Player, TV, monitor, dan proyektor satu sama lain. Berbeda dengan konektor VGA yang hanya bisa mengirimkan data gambar saja, HDMI ini dapat mengirim data gambar dan suara sekaligus. So, kita tidak perlu menggunakan dua jenis kabel terpisah untuk mengirimkan data gambar dan suara ke perangkat TV atau monitor. Wuihhhh canggih ya hehe.

Kelebihan HDMI ini secara kualitas merupakan digital interface yang menyediakan kualitas terbaik dari video karena tidak ada lossy analog untuk konversi digital seperti yang diperlukan untuk semua koneksi analog (seperti S Video). Bedanya terlihat pada resolusi yang lebih tinggi seperti 1080p. Video digital akan tampil lebih tajam, jernih dan meminimalkan cahaya berlebih dibanding sistem analog. HDMI ini memudahkan kita sebagai pengguna menghubungkan audio, video, dan multi channel ke dalam tabel tunggal, menghilangkan kompleksitas dari beberapa kabel seperti yang digunakan A/V sistem.

HDMI? Yuk Cari Tahu Disini
Contoh kabel HDMI
Sumber : nl.banggood.com

HDMI sendiri masih terus berkembang hingga saat ini. HDMI disinyalir akan menjadi teknologi masa depan bagi perangkat saat ini. Ini terbukti dengan mulai adanya instalasi port HDMI pada perangkat portable seperti pada beberapa tablet ternama di pasaran saat ini. HDMI merupakan terobosan terbaru di dalam dunia audio dan video ketika para pengguna dapat menikmati sebuah kualitas solid tanpa harus direpotkan dengan kabel-kabel yang begitu mengganggu dan terkadang merusak pemandangan. Bila Anda belum pernah menggunakan HDMI, tidak ada salahnya Anda mencoba fitur HDMI untuk merasakan sensasi baru dan berbeda dengan perangkat Anda, baik itu tablet atau monitor komputer Anda.

SEJARAH PERKEMBANGAN HDMI

TAHUN 2002
Pada tahun 2002 teknologi HDMI dirancang untuk memenuhi tutuntutan kualitas digital tinggi yang kompatibel, akhirnya pada tahun 2002 HDMI Versi 1.0 diperkenalkan

TAHUN 2004

Pada tahun ini HDMI versi 1.1 lahir dan penjualan meningkat pesat hingga sebanyak 5 Juta unit,

TAHUN 2005

Pada tahun 2005, karena mendapat respon dan permintaan pasar yang kian banyak, inovasi HDMI ini pun terus dikembangkan hingga pada Agustus 2005, HDMI merilis versi 1.2 dengan dukungan maksimal 8 kanal satu bit audio, konektor HDMI tipe A tersedia untuk sumber dari PC, dan mendukung sumber bertegangan rendah. tak hanya itu pada Desember tahun yang sama HDMI 1.2a juga lahir yang mempunyai dukungan penuh fitur Consumer Electronic Control (CEC), rangkaian perintah, dan tes pemenuhan CEC.

TAHUN 2006

tahun 2006 HDMI mengeluarkan HDMI versi 1.3 dengan mengeluarkan inovasi dan fitur lebih banyak dan lebih canggih

TAHUN  2007

Pada 2007 Penjualan makin meningkat menjadi 143 Juta unit  dan menjadi standard de facto bagi perangkat HDTV dimana sekitar 90% TV digital telah dilengkapi dengan HDMI.

TAHUN 2009

Pada tahu 2009 perangkat HDMI telah terpasang pada lebih dari 600 juta perangkat HDMI,Hingga menjadi pendorong utama pada pasar konsumen elektronik hingga dianggap sebagai salah satu inovasi terpenting dalam dekade trakhir dan mendapat banyak penghargaan.

TAHUN  2011

memsauki tahun 2011, pengembang mendirikaan foum komunikasi HDMI, wahana konsultasi dan informasi terbuka bagi pengusaha yang tertarik dalm pengembangan teknologi HDMI.

TAHUN 2013

HDMI telah mengeluarkan versi 2.0 dan berkemampuan semakin canggih dan mampu menjalankan video dengan resolusi 4K dalam 60 fps (frame per secon), dan pada tahun yang sama HDMI telah terpasang pada 3 Miliar perangkat elektronik.

 

KELEBIHAN HDMI

1. Satu Kabel Untuk Semua

Hanya dengan satu kabel, kita sudah bisa menghemat penggunaan kabel yang ribet pada perangkat yang kita gunakan. Kabel HDMI dari sekian banyak kecanggihan yang dimiliki hanya dibungkus dengan satu kabel namun komunikasi yang berjalan tidak terpaku pada satu fungsi saja, baik audio maupun vidio digital yang lebih baik.

2. Kualitas transfer digital Tinggi

Melihat pada sisi namanya “High Definisi” HDMI punya andalan dari segi kualitas, Koneksi HDMI mendukung High Definitios Quality pada vidio dan audio, sebab throughput HDMI setidaknya 10,2 Gbps yang kompatibel terhadap sinyal HD yang umumnya mencapai resolusi 1080p. Speed rating yang lebih tinggi menandakan peningkatan bandwidth untuk mendukung format video, audio, seperti halnya HDMI mendukung resolusi tinggi 480p/720p bahkan 1080p dengan kualitas yang sangat baik. Good banget nih!

3. Banyak dukungan perangkat

Khawatir menggunakan HDMI? Jangan cemas karena banyak sekali perangkat yang mendukung koneksi HDMI seperti HDTV, proyektor, DVD, Blu-ray, PC, laptop, konsol game, kamera digital, and many more. Koneksi HDMI dianalisir akan menjadi standar komunikasi data pada berbagai perangkat, seperti fungsi USB yang menjadi salah satu standar yang bisa ditemui pada semua perangkat digital. Bisa jadi dengan inovasi HDMI yang kian maju ini akan menggeser inovasi lama, seperti penggunaan port VGA yang mulai ditinggalkan dalam perangkat Laptop keluaran baru. Widihhh keren!

Nah gan sungguh hebat kan HDMI ini ditengah-tengah kemajuan teknologi. Para ahli IT terus mengembangkan alat-alat lain yang dapat bermanfaat bagi masyarakat luas. Juga menurut ane, jurusan kuliah yang mempelajari bidang ini merupakan prospek yang bagus di masa depan karena banyak sekali dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan teknologi.

Sumber :
disini
satu lagi disini
profile-picture
ardi0606 memberi reputasi
Diubah oleh senjakita09


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di