1. Merupakan Forum Terbuka yang artinya Semua Klub/Komunitas Pajero Sport tanpa terkecuali boleh bergabung dan ambil bagian dalam thread ini.
2. Membebaskan masing-masing anggotanya, untuk menjadi bagian dari Klub/Komunitas Otomotif yang ada di dalam dan atau luar negeri.
3. Diberikan kebebasan mem-posting Surat Undangan untuk acara Deklarasi/Turing/Gathering/Ulang Tahun dari Klub/Komunitas Otomotif secara tertulis di dalam thread ini.
4. Kami siap untuk bekerjasama serta memberikan bantuan secara maksimal sesuai dengan kepasitas kami, kepada semua dan tanpa terkecuali Klub/Komunitas Otomotif yang ada di dalam dan atau luar negeri.
5. MENJUNJUNG TINGGI DAN MENGHARGAI PERSAHABATAN TERHADAP SEMUA Klub/Komunitas Otomotif baik yang berasal dari dalam atau luar negeri.
Salam Sukses
Ketua Umum Pajero Sport Lovers @ Kaskus
Welcome to Pajero Sport Lovers @KASKUS
The Meeting Between Luxury and Offroad
Firur unggulan menarik di type dakar (4x2 dan 4x4) selain mesin 4N15 mivec 181Hp 430Nm, rear disc brake, sunroof, electric parking brake, washer headlamp, dll
Original Posted By BisoIsd►
Sebelum mencoba pastikan kunci kontak posisi terlepas alias mati total atau bila ragu copot kabel aki..
Socket power 12vdc kontak ON ada di sebelah blok sekring di bawah steer..pastiin semua terkoneksi dengan baik, baru kemudian boleh di coba di nyalakan..
Thx om ihkwan dah ngerapihin..mudah2an kebaca..
Selamat mencoba..
Share:
setau ane spare parts bisa di kelompokkan sebagai berikut:
1. Original Equipment Manufacturer (OEM) contoh Shock Breaker Showa dipasang di Pajero Sport trus si Showa supply ke mitsu buat dijual sebagai spareparts mitsu n ditulis parts no milik mitsu.
2. After Market contoh filter K&N buat Pajero Sport, jd produsen K&N memanfaatkan celah untuk membuat produk yg lebih baik dibanding spare parts standard
3. KW spare parts yg dibuat dibuat oleh produsen yg ga ada hubungannya ama mitsu ato supplier mitsu...jd mutunya diluar kontrol mitsu.
4. Original Parts misal bearing type A dibuat oleh produsen B disupply ke beberapa produsen mobil misal mitsu, toyot, hond, dll...nah si pabrik memasarkan produk ini juga secara bebas, jd dipasaran kita bisa beli bearing type A tersebut, ga perlu lewat dealer ato toko spareparts resmi karena umum....
Masalah pada kaki kaki - speedfreak?? , coba perhatikan ini
Coba jawab gan, sebagai sesama penyuka kecepatan diatas 150 km/jam. Bagi saya mobil gak bisa lari 200 km/jam bukan mobil, ha ha sorry.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan kalau agan mau aman lari 200 km/jam :
1. Velg + ban , harus rajin di balance, finish balance kalau perlu, selalu periksa kondisi velg dan ban.
2. Kaki kaki, pastikan seluruh arm tidak ada yang kocak.
3. Shock breaker, pastikan berfungsi baik ganti dengan shock kompetisi kalau perlu.
4. Steering system, termasuk shock steer dan arm steer pastikan berfungsi baik dan tidak kocak.
5. System Rem, discbrake, oli, piston dan pad berfungsi baik, ganti dengan disckbrake dan pad kompetisi kalau perlu.
Jadi kalau agan ada masalah dikecepatan tinggi, 5 itu harus di urut satu satu, belum tentu hanya rem yang menyebabkan steer bergetar ketika di rem, kalau arm arm atau shock tidak baik larinya ke steer juga.
Pastikan rutin memeriksa ke 5 komponen itu setiap agan periksa di beres bukan hanya 1 atau 2 bagian. Ingat kesalahan komponen ketika kita berlari 200 km/jam akan sangat fatal bagi kita ataupun pengguna jalan lain, jangan abaikan ada gejala tidak normal sekecil apapun. Ingat beberapa kasus kecelakaan dalam kecepatan tinggi yang menyebabkan mobil terbang ke jalur berlawanan dan malah menyebabkan orang lain meninggal dunia. Karena mobil standar meskipun mampu lari 200km/jam tetap dalam keadaan yang sangat tidak aman, karena kebanyakan komponen yang terpasang seperti shock, rem dsb sudah bekerja dalam kondisi yang maksimal sehingga kemungkinan gagal / fault sangat besar.
Wassalam
===============================
EGR SUSPENDER barang wajib Pajero Sport Lovers@KASKUS
Dilihat dari kontruksi atau anatomi atau apalah... filter solar model baru PS terdapat dua sensor untuk mendeteksi kondisi fuel yg akan masuk ke mesin..
Satu sensor untuk mendeteksi flowrate solar yg di sedot fuelpump, sensor ini aktif jika elemen filter nya sudah kotor sehingga flowrate jauh menurun, cara menanganinya hanya bisa dengan mengganti element filter nya..
Dan satu lagi sensor untuk mendektesi volume air yg tertrap, sensor ini aktif jika akumulasi air yg ke trap sudah melebihi batas sensor, jika sensor aktif kita bisa membuka saluran pembuangan (drain) yg ada di bawah casing fuel filter, hingga air terbuang semua...
Indikasi CE yg muncul kedua sensor ini sama, sehingga kadang daripada mekanik kerja dua kali biasanya mereka langsung mengganti element filter dan membersihkan air dengan cara di bongkar casing filternya..
Solar yg bagus karena cetane numbernya tinggi dan particulate nya sedikit, blm tentu memiliki kandungan air yg sedikit, karena banyak faktor yg bisa menjadikan kandungan air di solar tinggi, bisa karena dalam pengiriman atau saat penyimpanan atau yg lainya..
Additif solar hanya bisa memperbaiki material propertis dari fuelnya sperti misal kemampuan melumasi, menambah cetane number atau untuk pembersih (cleaner)..additif tidak bisa mengurangi kandungan particulate (kotoran) dan kandungan sulfur di solar serta kandungan airnya (baca2 sekarang ada additif yg bisa mengurangi kandungan air..cuma ane ga tau apaan )
Jadi sekalipun kita menambahkan additif di solar yg kita pake blm tentu akan bisa menambah lifetime element filter nya...cmiiw
Bulan lalu ane minta tolong sopir buat bawa PS ke tukang Spooring umum soale terasa narik kiri dikit.
Pas disana baut adjusternya udah mentok dipaksa terus akhirnya patah n terpaksa ganti baru. . .nah beberapa hari ini steer ane kl belok kanan ada bunyi gluk. . .kenceng banget, sempat ane check ngolong beberapa kali ga ketemu sumber bunyinya. . .(dah kepikiran rack steer rusak tuh)
akhirnya tadi ke Beres minta di cek ternyata baut-baut sayap kanan kendor....
trus dikencengin deh ama Beres n gratis. . .
Hati2 kl mobil hbs di spooring nih, pelajaran lg, harus di cek kekencangan bautnya. . .masih untung ketauan, kl copot dijalan gimana tuh. . .
EGR SUSPENDER VS EGR DELETE
Quote:
Original Posted By pjs.lovers►special thx bro bam yang telah mengadakan egr suspender
serta bro chris beberapa waktu lalu sempat memosting egr
bila menurut pendapat LOGIKA ane yang hanya sekedarnya saja(dimohon untuk dikoreksi bila salah)
EGR SUSPENDER lebih bekerja bersih dibandingkan EGR DELET
[img][/img]
kita memasang egr suspender disini
mengakibatkan PER pada motor valve EGR (bagian atas dekat dengan soket)
tidak akan menyentuh dasar karena ke suspen.
jadi tidak akan celah/bocornya kebawah tidak kotor lagi dibagian bawah - egr box dan kembali ke mesin. (sama kerjanya dengan egr delet)
pada EGR suspender kotoran akan menumpuk disini
karena kotoran tidak dibuang kebawah dan ke mesin kembali,
justru ini baik, kotoran kumpul disana, tidak menyebar kemana mana.
kalau egr delet?
kotoran ada di sana, di tongkat , di egr box, mala kotoran MUNGKIN semua berkumpul di EGR BOX.
cmiiw
tulisan berantakan ane yang alakadarnya, semoga mengerti , masih ngantuk\
kerja block dan pemasangan EGR delet pada lingkar merah
kerja block EGR suspender ada pada lingkar biru
kalau dilihat, kotoran tetap akan masuk dan terhenti pada box EGR, di karenakan egr delet hanya bekerja dibagian sana.
kalau egr suspender dari AWAL nya saja sudah tidak ada udara masuk lagi, dari batang , tongkatnya, sampai egr box tidak akan kotor
Rasio kompresi mesin 4D56 non VGT yg di pake ANPS type exceed (18:1) ternyata berbeda dengan type exceed lama (17:1) (dari brosur)
Di lain sisi mesin baru Dakar ANPS (4N15) dengan rasio lompresi 15,5:1 dengan kontruksi design over-stroke perbandingan antara bore x stroke 86 x 105,1 (91,1 x 95 untuk 4D56) menjadikan kenaikan torsi yg signifikan meski dengan volume mesin 2,4L hingga 430Nm
Biosolar vs torque... Variation of engine torque with compression ratio for all blends at 1500 rpm and full load conditions. **
**Alexandria Engineering Journal ********** My SUV
Aplikasi mesin dengan mebandingkan Stroke vs Bore
Stroke > Bore = Torsi
Stroke < Bore = Power
Di mesin 4N15 Mitsubishi bisa menaikan Power (meski sedikit) dan Torsi yg signifikan di gabungkan dengan transmisi rapat 8 speed (Transmisi Aisin 8-speed AT) yg juga dipakai di D-cab VW Amarok...menjadikan distribusi torsi merata di setiap putaran mesin.
Jadi jangan heran kalau towing capacity bisa hingga 3,1 ton bahkan dibanding dengan SUV 4x4 diesel 2,8L (170Hp 450Nm) brand tetangga hanya 2,8 ton, masih lebih tinggi kombinasi 4N15 dan Aisin 8 speed AT
Original Posted By BisoIsd►Penggunaan filter solar after market tentu kita tidak bisa minta memasangnya di beres, kita bisa melakukanya di bengkel penggantian oli atau DIY..
Peralatan hanya kunci pas 12 dan kain lap...tentu di tambah perlengkapan mental yg woke..
Thx buat om noto..yg sudah memberikan tutorial penggantian filter solar saat kopdar...sampai bermandikan keringat...(ehhh..karena nervous atau karena sate... )
Spoiler for Ganti filter:
Pasang karet seal dan O-ring pastikan tidak ada yg melintir atau tidak pas, letakan filter baru di tempat yg aman
Buka casing filter solar, dengan menariknya ke atas, pastikan semua konektor selang dan sensor sudah di lepas
Buka casing dan cabut element filter lama dan ganti dengan yg baru, pastikan seal, o-ring, dan filter terpasang dengan baik di casing, dan pastikan benar2 rapat saat merangkai antara dua bagian casing untuk menghindari ke bocoran
Isi kembali solar yg ada di dalam casing dengan memompanya, tampa menyambungkan selang OUT, hingga setidaknya 3x solar keluar dari niple OUT, pasang selang out, cek kembali seluruh sambungan dan konektor, pasang kembali cover filter..
Original Posted By benzlover►buat rekan2 yg rencana pasang power outlet dan kesulitan dg perbedaan socket dan pin pada power outlet bisa menggunakan kabel dan socket tambahan. *akibat trauma pin patah wkt coba dibengkokkan*
selamat untuk rumah baru bro2 sekalian..mohon ijin nubie ingin bergabung..calon pemilik last unit dakar 4x2 putih 2013..barangnya masih d showroom, mgkn 1-2 minggu barang baru sampai, maklum ane nubie daerah..hehe
Original Posted By f1r3b0l7►selamat untuk rumah baru bro2 sekalian..mohon ijin nubie ingin bergabung..calon pemilik last unit dakar 4x2 putih 2013..barangnya masih d showroom, mgkn 1-2 minggu barang baru sampai, maklum ane nubie daerah..hehe
Selamat bergabung gan...jangan sungkan2 post dimari.
Jangab lupa foto2 pajeronya klo udah masuk garasi yah hehehe...
Anda akan meninggalkan Kendaraan Roda 4. Apakah anda yakin?
Lapor Hansip
Semua laporan yang masuk akan kami proses dalam 1-7 hari kerja. Kami mencatat IP pelapor untuk alasan keamanan. Barang siapa memberikan laporan palsu akan dikenakan sanksi banned.