CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Genus Nicotiana asal Temanggung
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dca4acb48c38d28cd662a41/genus-nicotiana-asal-temanggung

Genus Nicotiana asal Temanggung

Genus Nicotiana asal Temanggung


Siapa yang tidak tahu dengan Genus Nicotiana alias Tembakau ini, salah satu jenis tanaman INSPIRINGPRODUCT yang diproduksi untuk dikonsumsi tapi bukan untuk dimakan tetapi untuk di sebagai pengisi waktu luang, yaitu sebagai bahan baku rokok dan cerutu.

Genus Nicotiana asal Temanggung

Tembakau adalah produk yang sangat sensitif terhadap cara budidaya, lokasi tanam, musim/cuaca, dan cara pengolahan. Produk tembakau sangat khas untuk suatu daerah tertentu dan kultivar tertentu. Akibatnya, macam macam produk tembakau biasanya dinamai sesuai lokasi tanam.

Genus Nicotiana asal Temanggung

Di Indonesia, macam-macam tembakau komersial yang baik hanya dihasilkan di daerah-daerah tertentu. Kualitas tembakau sangat ditentukan oleh kultivar, lokasi penanaman, waktu tanam, dan cara pengolahan pasca panen. Akibatnya, hanya beberapa tempat yang memiliki kesesuaian dengan kualitas tembakau terbaik, salah satunya Daerah Temanggung yang tembakaunya dinamakan Tembakau Srinthil.

Tembakau Srinthil adalah jenis tembakau berkualitas paling tinggi yang tumbuh didaerah lereng gunung sindoro dan  gunung sumbing Kabupaten Temanggung. Memang tidak semua lahan pertanian tembakau di Temanggung muncul jenis tembakau srinthil ini.

Genus Nicotiana asal Temanggung

Harga srinthil sangat ditentukan dari kualitas daun tembakaunya. Semakin banyak kadar nikotinnya, maka semakin mahal harganya. Secara sederhana tembakau jenis srinthil dapat dilihat saat disimpan, ia akan mengeluarkan bau menyengat seperti busuk warna kuning, diakibatkan kadar nikotinnya yang begitu banyak. Kalau dijemur memerlukan waktu 4-5 hari baru bisa kering. Beda dengan tembakau lain yang ada didaerah Temanggung lainnya yang hanya memerlukan 1-3 hari saja.

Keberadaan tembakau srinthil tidak terlepas dari cerita yang melegenda di kalangan masyarakat Temanggung. Sebagian masyarakat masih meyakini bahwa tanaman tembakau daunnya bisa menghasilkan srinthil karena sebelum masa panen tiba, di atas lahan pertaniannya dilalui jalur sinar yang diyakini dari langit ( Tuhan ).

Quote:


Kalau dilihat berdasarkan letak geografis gunung sumbing adalah wilayah yang terkena sinar matahari pertama kali di Temanggung saat pagi hari. Hal ini bisa sebagai salah satu penguat kemunculan tembakau srinthil, selain jenis varietas yang ditanam dan kearifan lokal. Karena dari beberapa lahan pertanian tembakau lainnya yang menghasilkan srinthil adalah termasuk wilayah Temanggung yang terkena sinar matahari tergolong pertama kali di pagi hari. Tentunya asumsi ini perlu pembuktian lebih lanjut.

Faktanya, sampai saat ini tembakau kualitas terbaik dan termahal di dunia adalah tembakau srinthil, dan hanya ada di Indonesia. Hal itu bisa dibuktikan dengan cara tidak akan bisa negara lain yang menghasilkan kualitas tembakau menyerupai tembakau srinthil ini.

Tujuan saya mengikuti event MLDSPOTKONTENHUNT yang bekerja sama dengan KASKUSMLDSPOT adalah karena banyaknya pengguna rokok di Indonesia sendiri. Hampir lebih dari setengah penduduk Indonesia merokok, maka agar lebih bermanfaat kalau mereka mengetahui kualitas jenis dari tembakau yang mereka gunakan agar kegiatan merokok mereka lebih terasa mantap.
Terimakasih.




Penulis : DanyMartadinata
Referensi : disini

profile-picture
profile-picture
profile-picture
onenkyess dan 30 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 12
Tembakau super berkualitas
profile-picture
profile-picture
2V7 dan Rapunzel.icious memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Merokok harus pada tempatnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xiaoxiao20 dan 4 lainnya memberi reputasi
Quote:


Setuju nih
profile-picture
profile-picture
Rapunzel.icious dan DanyMartadinata memberi reputasi
Quote:


Karna banyak asap dari perokok aktif terlalu berbahaya untuk perokok pasif
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nandaadnanda dan 3 lainnya memberi reputasi
emoticon-Wow Kirain Genus nama orang emoticon-Wakaka emoticon-Ngakak
profile-picture
DanyMartadinata memberi reputasi
Quote:


Sip setuju banget ini gan
profile-picture
DanyMartadinata memberi reputasi
jiaah. mengedukasi para perokok ya Gan 😁
profile-picture
DanyMartadinata memberi reputasi
Quote:


Wahaha bisa juga sih dijadiin nama, apalagi namanya Genus Samsol Nicotiana
emoticon-Betty
profile-picture
Rapunzel.icious memberi reputasi
Quote:


Biar mengerti ada tembakau kualitas terbaik disini hahaa maklum perokok aktif juga emoticon-Big Grin
profile-picture
Rapunzel.icious memberi reputasi
Quote:


Yuk digerakkan untuk 'smoking area'
profile-picture
Rapunzel.icious memberi reputasi
Rigen mah mah tempat jemur tembakao yg dari anyaman bambu itu rigen namanya min paimin ngaco infonya
profile-picture
DanyMartadinata memberi reputasi
Quote:


Wih terimakasih gan buat infonya, tapi yg dimaksut rigen diatas itu yang ini, kalo bambu yang buat jemur itu memang sama namanya juga rigen, tapi bukan itu yg dimaksut
Spoiler for barbuk:
profile-picture
anasabila memberi reputasi
Quote:


jadi inget Jin den... emoticon-Embarrassment
dia yang selalu ambil jarak kalo mau merokok...
dia yang selalu matiin rokok kalo ada non-perokok yang nge-deketin...
BTW nice artikel, den! emoticon-Cendol (S)
profile-picture
DanyMartadinata memberi reputasi
Diubah oleh anasabila
Quote:


Karna sudah sepantasnya ada kesadaran diri dari tiap tiap individu

Thanks bil emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
tom122 dan anasabila memberi reputasi
Berkat tembakau temanggung, desa asal bapak ane jadi banyak lahan kerjaan nih.
Mereka bikin keranjang yg dipake buat tempat tembakau setelah panen
profile-picture
DanyMartadinata memberi reputasi
Quote:


Oh itu pas petik dari tanamannya apa pas proses pengeringan gan ?Alhamdulilah dong
Balasan post DanyMartadinata
Weh ay gak mereokok nih ..wehh
profile-picture
DanyMartadinata memberi reputasi
Quote:


Wahaha jangan, gak baik buat kesehatan,( gw ngmg gak ngaca kalo gw nya juga perokok akut )
emoticon-Hammer2
Lihat 1 balasan
Quote:


Terima kasih gan pengertiannya
profile-picture
DanyMartadinata memberi reputasi
Quote:


Kembali kasih gan, semoga bermanfaat
emoticon-Shakehand2
profile-picture
MrJeffBezos memberi reputasi
Halaman 1 dari 12


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di