CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Sentuhan Seorang Ibu, Obat Mujarab Untuk Atasi Kecemasan Pada Anak!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc9253a7e3a72078f007333/sentuhan-seorang-ibu-obat-mujarab-untuk-atasi-kecemasan-pada-anak

Sentuhan Seorang Ibu, Obat Mujarab Untuk Atasi Kecemasan Pada Anak!

Sentuhan Seorang Ibu, Obat Mujarab Untuk Atasi Kecemasan Pada Anak!

Rasa gugup, cemas, atau stress adalah hal yang wajar dialami oleh setiap orang. Tak hanya orang dewasa, tapi anak-anak pun kerap merasakan kecamasan atau stress. Orang dewasa yang sudah memiliki banyak pengalaman mungkin sudah memiliki caranya sendiri untuk atasi kecemasan atau rasa stress tersebut, entah dengan bernyanyi, berjalan kesana-kemari, atau melakukan hal-hal lainnya dengan tujuan untuk mengurasi rasa cemas dan stress itu sendiri.

Tapi bagaimana dengan anak-anak? Apakah ada cara ampuh untuk redakan rasa cemas dan stress pada anak? Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa salah satu cara paling ampuh untuk meredakan tingkat kecemasan dan stress pada sentuhan orangtua khususnya ibu.

Sentuhan Seorang Ibu, Obat Mujarab Untuk Atasi Kecemasan Pada Anak!

Penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa kulit sebagai indra yang merasakan sentuhan meupakan salah satu panca indra yang berkembang pertama kali pada manusia. Oleh karenanya itu, sebagai indra yang paling sensitif yang dimiliki oleh manusia, pengalaman sentuhan tersebut dapat mengelola emosi dalam diri kita khususnya ketika kita sedang menghadapi situasi yang tidak menyenangkan alias dapat “menyembuhkan” baik secara fisik maupun secara emosional.

Misalnya pengalaman bencana alam yang terbilang sebagai suatu hal yang tidak mengenakan. Sebagai akibatnya, bencana alam akan menimbulkan rasa cemas dan stress, terlebih bagi anak-anak. Lalu apa yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa cemas dan stress tersebut? Ada baiknya sang ibu melakukan massage atau sentuhan terhadap sang anak sebagai terapi medis dan psikologis, karena selain berguna untuk mendekatkan hubungan antara ibu dan anak, terap ini juga bisa menurunkan tingkat kecemasan dan stress pada anak.

Sentuhan Seorang Ibu, Obat Mujarab Untuk Atasi Kecemasan Pada Anak!

Aktivitas memijat atau menyentuh yang dilakukan ibu terhadap anaknya adalah gerakan keluar pada seluruh tubuh anak. Hal pertama yang bisa dilakukan ibu adalah menyentuh bagian kepala, wajah, leher, pundak, punggung, tangan, paha, betis hingga ujung kaki si anak. Kemudian dilanjutkan dengan memberikan sentuhan pada kedua sisi tubuh anak mulai dari bagian depan hingga bagian belakang.

Cara tersebut bisa Sista coba aplikasikan kepada anakmu guna memberikan ketenangan dan mengurangi rasa cemas ataupun stress pada anakmu. Semoga bermanfaat ya!



SUMBER
profile-picture
profile-picture
profile-picture
red.wangyi dan 5 lainnya memberi reputasi
true true true,ane lagi sedih,sedih yang sedih banget yang bahkan gabisa di omongin atau di tangisin,tapi kalo udh peluk mama udah rasanya luruh,lebih tenang,damai
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
bener nihh, mau ky apa hubungan ane sm emak ane, kl udh meluk doi rasanya tenang dahh
Dl ane sering insomnia gara" setres mau ujian. Tiap malem ane selalu lari ke kamar emak. Terus tidur di pinggir tempat tidur biar bisa pegang tangan emak ane. Gt aja ane udah bisa tidur tenang. Walaupun emak ane kagak bangun emoticon-Ngakak
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
Oke nice info sist.. kalau ane sih biasanya meluk anak ane atau elus-elus kepalanya terutama kalau dia lagi sedih atau nangis.. cuma kalau mijit jarang sih, dan boleh dicoba siapa tahu selain membantu mengatasi cemas/setres bisa juga mengurangi capek/pegel-pegel di badan anak ya sist.
dulu sering di elus2 rambutnya sama emak sebelum tidur..pasti nyenyak banget tidurnya
duhhh setuju banget sih ane, rasanya pas di elus sama ibu kaya jadi tenang aja. hebat yaa ibu, padahal cuma kaya gitu aja tapi kita udah bisa ngerasain kasih sayangnya mereka
setuju banget sih ane. tapi walaupun keliatannya kaya aneh atau mustahil, justru emang beneran loh. kalo ada di dekat atau dipelukan ibu tuh, ngerasanya nyaman dan aman aja
duhhh setuju banget, apalagi pelukan seorang ibu. dari yang tadinya nahan nangis, tapi pasti kalo di peluk langsung ambyar emoticon-Frown
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
emang sih kalau lagi sakit tu... dirawat ibu... auto enakan badane emoticon-Peluk
Adanya ikatan batin, sentuhan dan pelukan ibu, selalu bisa memberi rasa nyaman bagi sang anak.
dulu ane paling seneng kalo mau tidur dielus-elus punggungnya dari atas ke bawah. auto tidur emoticon-Big Grin
Diubah oleh dhinyzfrn
Bener
Meski ane sama emak ada aja ga cocoknya, tapi gimanapun tetep paling nyaman sama emak, suka ndusel juga. Hwaaaa


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di