KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
Bisikan Setan itu Ada, Gejala Depresi Pasca Persalinan itu Nyata..
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc8461ff0bdb267fd32334f/bisikan-setan-itu-ada-gejala-depresi-pasca-persalinan-itu-nyata

Bisikan Setan itu Ada, Gejala Depresi Pasca Persalinan itu Nyata..

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh ❤


Welcome to my 4th Thread.


Hai agan dan sista,
Di thread kali ini, saya ingin berbagi cerita mengenai gejala depresi pasca melahirkan yang pernah saya alami.
Tujuan saya berbagi adalah agar diluar sana semakin banyak orang yang sadar akan kerapuhan jiwa dan raga seorang ibu baru pasca melahirkan.
Semoga gansis tidak bosan membaca cerita saya yang lumayan panjang ini.

Bisikan Setan itu Ada, Gejala Depresi Pasca Persalinan itu Nyata..
Pict source : Foto pribadi

..........

Saat saya hamil besar, secara tidak sengaja saya membaca status teman saya yang baru saja melahirkan. Kaget bukan kepalang karena teman saya bercerita bahwa dia secara tidak sadar membanting anaknya sendiri yang masih tak berdaya itu.
Intinya dia akan begitu ketika mendengar anaknya menangis tanpa henti. Dan hal ini sudah terjadi beberapa kali saat dia hanya sendiri bersama dengan anaknya. Dia bercerita bahwa ada yang membisikinya untuk melukai, memukul bahkan melempar anaknya.

Kejadian lain, suami saya pernah bercerita mengenai istri rekan kerjanya yang tiba - tiba berteriak bahwa bayi yang dilahirkan itu bukan anaknya. Sampai - sampai dikira sang ibu sedang kesurupan.

Sejak mendengar hal itulah saya mulai banyak mencari tahu tentang depresi pasca melahirkan yang mencakup baby blues maupun post partum depression ( PPD ).
Baby blues dan PPD yang notabene sama - sama merupakan bentuk dari gejala depresi pasca melahirkan, ternyata memiliki pengertian yang berbeda.

Dikutip dari parenting.orami.co.id,
"Baby blues hilang dalam waktu 2 minggu pascapersalinan, tetapi apabila perasaan depresi tak kunjung hilang dalam waktu 2 minggu atau semakin memburuk, kemungkinan besar sang ibu mengalami PPD."


Jadi Intinya PPD adalah baby blues yang tak kunjung sembuh.
Banyak sekali artikel yang membahas tentang baby blues. Namun, beberapa orang masih ada yang menganggap remeh efek berkepanjangan dari baby blues ini.
Padahal secara garis besar, hampir semua ibu pada 2 minggu awal melahirkan akan mengalami lonjakan emosi. Hanya saja, di beberapa ibu tidak berlanjut menjadi PPD karena pencetus PPD bisa diminimalisir.

Lanjut kembali ke cerita saya. Berhubung banyaknya kejadian depresi pasca melahirkan yang sudah saya dengar, saya dan suami pun mulai berinisiatif untuk mempersiapkan segala sesuatu tanpa kurang sedikitpun untuk persiapan melahirkan nanti.

Dari perencanaan melahirkan, persiapan perabotan bayi, perencanaan dana persalinan dan selamatan, dll. Sudah sangat saya persiapkan dengan matang. Bahkan saat ASI saya sudah keluar dari trisemester ke 2 kehamilan, konsultasi dengan konselor ASI pun sudah saya lakukan.

Sebagai informasi kepada agan dan sista, saya adalah orang sumatera dan suami saya adalah orang jawa. Sedangkan rezeki suami mencari nafkah adalah di Kalimantan.
Dari hasil pertimbangan, kami mencari jalan tengah agar bisa lebih mudah dalam persalinan nanti. Sehingga kami memutuskan untuk melakukan proses persalinan di Jawa yaitu dirumah mertua.

Saat persalinan pun tiba, inilah awal baby blues dimulai.

Quote:



Quote:



Quote:



Well agan dan sista, baby blues atau PPD ini bukan soal perkara "Ah lebay lu gitu aja nangis baper.."
Baby blues dan PPD sangat rentan terjadi bagi ibu pasca melahirkan yang rapuh jiwa dan raganya.

Lalu, bagaimana bisa saya sembuh dari gejala ini?
Satu - satunya cara adalah menjauh dari pemicu timbulnya gejala depresi ini.

Quote:

...........

Para Gansis yang sedang membaca,
Perjuangan seorang Ibu tidaklah mudah.
Jaga hatinya, Peluk raganya, beri semangat agar dia tidak terpuruk..
Mereka tidak membutuhkan komentar pedasmu. Mereka butuh keajaiban kata - kata penyemangat agar kepercayaan dirinya kembali utuh..




Dari seorang Ibu yang hampir rapuh..

Quote:


Sekian thread saya,
Terimakasih sudah bersedia mampir..

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
UriNami dan 28 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh dwyzello
Halaman 1 dari 11
dari pengalaman ane, meskipun ane dan suami sudah semaksimal mungkin mempersiapkan dengan matang mengenai proses persalinan ane, tetap saja hal hal tak terduga bisa terjadi gan..
profile-picture
profile-picture
alfiannsx98 dan mr.adhayuda memberi reputasi
Lihat 2 balasan
oleh karena itu, pesan ane kepada para suami : support secara mental dan fisik sangat diperlukan bagi ibu pasca persalinan. wajib hukumnya tanya sikon istri agan, apakah dia lelah atau butuh istirahat. bantu doi dikala doi sedang kesusahan tanpa perlu nanya2. karena wanita ingin dimengerti dan dipekain..😁😁
profile-picture
profile-picture
seperduaratus dan topo89 memberi reputasi
Diubah oleh dwyzello
Temen gw ada yang begini nih, tapi doi laki. Jadi doi kalau denger anak kecil nangis tuh bawaannya pengen di taruh ditempat yang tertutup biar suara tangisannya ga kedengeran.
Apa itu juga termasuk bisikan gaib?
profile-picture
seperduaratus memberi reputasi
bener banget ini. sebenarnya solusi buat baby blues itu simple bgt, support system yg baik sedari hamil, menjelang dan setelah persalinan terutama buat ibu baru. pak suami harus benar2 siaga membackup istri. ibu kandung dan ibu mertua jg turut andil sbgai wanita yg sdh berpengalaman dlm melahirkan dan mengurus anak. kalo istri bahagia kecil kemungkinan akan kena baby blues.
Quote:


Hahahaha. Ga tau gan.. yang ane maksud di thread ane ini, entah gimana ibu yg depresi itu kaya semacam dapet bisikan negatif gt gan, jadi kadang ada perbuatan yang ga terkontrol..
Itu mungkin temen agan ga nyaman denger anak kecil mungkin.. cz tangisan anak kecil dimana mana kan bikin ga nyaman n ga tega gt kan..emoticon-Cape d...
Quote:


Betuul banget gan.. pkoknya harus ada support system entah itu dari siapa. Kadang banyak kasus baby blues justru dari pihak suami yg ga pernah bantuin istri dikala letih mengurus anak, mertua dan ortu yg memaksakan maunya nurut gaya pengasuhan ala2 jamannya. Di lingkungan ane masih banyak sih orang2 yg ga ngerti masalah ginian gan.
Quote:


Iyaa.. akhr2 ini jg berita mengenai baby blues makin rame. Mgkn perlu edukasi lg buat calon2 ortu kalo baby blues itu ga main2 dan akibatnya bisa fatal kalo ga ditangani dg baik. Saya dulu cukup kesal mendapati keadaan setelah sesar. Saya kesal krn harus belajar miring kanan kiri, duduk dan jalan, yg notabene hal yg saya bisa lakukan dg sgt mudah dulunya. Asi saya jg baru keluar di hari ke 3 pasca sesar. Setelah itu drama mengASIhi pun dimulai. Tiap bayi saya menangis minta asi, saya jg meringis krn pedihnya menyusui. Untungnya suami saya selalu jd suami siaga, menemani saya begadang mengurus bayi, memberikan perhatian ekstra pada saya. Bahkan pernah di suatu malam dia bangun sendirian krn bayi menangis sedangkan saya sama sekali ga bangun krn kelelahan. Ibu saya jg membantu menyiapkan kebutuhan bayi dan concern sama pemulihan saya pasca sesar. Saya sgt beruntung krn memiliki support system yg baik.

Btw salam kenal sis.. kt sama2 orang sumatera dan suami saya kerja di kalimantan jg emoticon-Smilie
profile-picture
dwyzello memberi reputasi
Diubah oleh daisy90
Quote:


Kalau harapan ane semoga dari pihak pemerintah mungkin bisa melakukan sosialisasi soal hal ini misalnya ke acara2 desa kaya posyandu dll. Atau ketika calon ibu memeriksakan kandungan dari pihak dokter atau bidan sedikit memberikan arahan akan hal ini. Karena ane tau hal ini pun hanya based on cerita temen n baca2 sis..ane kira ah ga bakalan ane baby blues karena dah ngerasa siap. Tenyata penyebabnya multifaktor. emoticon-Mewek

Waaaa salam kenal sis.. kalimantan mana?
Quote:


Iyaa bahkan udah menyiapkan diri tetap bisa kena.

Selatan, sis.
Quote:


Syappppp ane bagian timur sis emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2
kok nyalahin setan. pdhal jelas2 pnyebab si ibu depresi adalah manusia2 di sekitarnya
profile-picture
fr4nk3nst3in memberi reputasi
Quote:


Itu perumpamaan gan..hwehehehe.
Bisikan syaiton maksudnya bisikan negatif dari otak gan.. udah ane jelasin di thread ini..
Umpamanya Kalau emosi kita sudah ga terkendali atau saat kita marah, kita bakal ngelakuin hal2 yg diluar kendali gan. Marah, emosi = sifat dari syeiton gan.

Di thread ga ada menyalahkan setan gan.. emoticon-Shakehand2

Anw Terimakasih kritikannya ya gan. Setelah thread turun HT bakalan ane edit judul gan. Semoga bisa request ke moderatornya.. Maklum penulis abal2..emoticon-Hammer2
Diubah oleh dwyzello
maunya habis lahiran langsung gede..
Perumpamaan kok pakai bahasa bisikan setan.
Jangan gitu, kasian sama orang2 yang ngidap mental illness yang lebih parah. Ntr stigma nya masyarakat malah di rasuki jin pula emoticon-No Hope

Btw, baby blues dengan Postpartum Depression (PPD) gangguan mood yang berbeda bu.

Pasca melahirkan, Baby blues gejalanya ringan serta sifatnya sementara. Ya kurang lebih 14 hari. Kalau gejalanya lanjut lebih dari 14 hari baru sudah termasuk gejala PPD
profile-picture
profile-picture
uangkul dan dwyzello memberi reputasi
Diubah oleh red.putation
Quote:


Pinjem alat pembesarnya doraemon gan.. biar anaknya bisa langsung gede.emoticon-Matabelo


ada namanya baby blues syndrom, depresi post partum, dan psikosis post partum.


Baby blues syndrom

dapat dialami karena setelah melahirkan akan terjadi berbagai perubahan, yang dapat membuat ibu kaget. Kehadiran bayi dapat membuat ibu merasa bingung dan khawatir terkait cara merawat bayi dengan baik. dan apakah mampu menjadi ibu yang bertanggung jawab.Kekhawatiran dan kegelisahan ini pada akhirnya menyebabkan perubahan suasana hati, sulit tidur, kehilangan nafsu makan, mudah sedih, mudah marah, dan menangis tanpa alasan.

DEPRESI POST PARTUM


Jika gejala baby blues syndrome tidak kunjung membaik setelah dua minggu, sebaiknya waspada. Ada kemungkinan ibu mengalami depresi pasca melahirkan. Depresi pasca melahirkan menyebabkan kekhawatiran yang cukup berat, sehingga bisa membuat ibu merasa putus asa, sedih, tidak berharga, bahkan tidak merasakan adanya ikatan (bonding) dengan bayi.

Apabila ini terjadi, penting untuk segera memeriksakan diri ke PSikolog atau psikiater Sebab jika tidak segera ditangani, depresi pasca melahirkan dapat menyebabkan ikatan ibu dan anak tidak terjalin dengan baik. Bahkan bisa pula meningkatkan risiko terjadinya depresi berat di masa yang akan datang.


PSIKOSIS POST PARTUM

Lebih lanjut, kasus depresi pasca melahirkan yang berat dapat menyebabkan terjadinya psikosis post partum. Kondisi ini jarang terjadi namun memerlukan penanganan yang serius, karena ibu dapat mengalami halusinasi dan delusi yang bisa membahayakan bayi dan dirinya sendiri. Si ibu ga bakalan segan untuk membunuh bayinya.



profile-picture
profile-picture
profile-picture
dwyzello dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Sebenarnya kejadian kaya justru baru banyak terjadi sekarang ini, kalo emang salah satunya faktor mom shaming, yudh ga perlu didenger..

Inget prinsip utama dalam mengembangkan diri? mau itu cowo, cewe, pinter, bodoh, kaya atau miskin, kalo ingin berkembang, ya bergaulah dengan orang2 yg punya positive vibes, yg punya pengaruh buruk yudh lah cuekin aja kalo perlu jauhi. Ga ada kontribusi juga kok orang macem ni..

Btw jaman dulu itu depresi after-birth itu ga sebanyak sekarang, mgkn karena sekarang ini orang2nya udah terlanjur "pinter" kali ya, jadi bisa aja gitu lho mikirnya yang kejauhan.

Simple kaya sepupu gue aja, hamil, lakukan hal yg biasa2 aja nothing special, mikirnya ga usah yg aneh2, eh ternyata malah brojol di kamar mandi, iyaaa... semudah, sesimple, & sehemat itu. Dia termasuk salah satu dari banyak orang yg beruntung sebenarnya.
profile-picture
profile-picture
leboy18 dan dwyzello memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Oke agan.. makasih buangettt sarannya..
Rencana mau edit bagian judul thread ini karena bingung nyari judul yang oke.. maklum nulisnya tengah malem.😁
Ternyata malah jadi kontroversi yak.. takut ada yang salah tangkap..
Setelah turun HT bakal ane edit judulnya gan.. semoga bisa diapprove sama pak moderator.. sekali lagi arigatou sarannya.. maklum penulis abal2..emoticon-Hammer2
profile-picture
mr.adhayuda memberi reputasi
Diubah oleh dwyzello
Baby blues?
Semua ini akibat penyimpangan perilaku karena teknologi (baca:internet). Sekarang manusia mempunyai 2 dunia, dunia nyata dan dunia maya. Sebetulnya dunia nyata tidak terlalu berevolusi sejak 50 tahun terakhir, akan tetapi dunia maya sangat berevolusi bahkan tiap periode 2 tahun.

Apa hubungan dunia maya dengan tulisan TS ? Satu hal yg pasti, komunikasi antar manusia. Ya.. teknologi telah merubah cara berkomunikasi manusia. Dan itu bahkan berpengaruh bagi komunitas keluarga.
profile-picture
dwyzello memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 11


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di