Hallo agan sista dan semua
silent readerKaskus di manapun kalian berada. Siapa yang nggak tahu aplikasi super bermanfaat buat orang Indonesia bernama GOJEK sekarang? Saya yakin nggak ada yang nggak tahu GOJEK, kalaupun ada mungkin faktor usia atau emang dasarnya nggak mau tahu.
Dalam thread kali ini saya akan membahas GOJEK secara lengkap karena GOJEK adalah
INSPIRING PRODUCT buat saya. Bagaimana tidak? Sebagai orang Indonesia tentu saya ingin merasakan produk asli buatan orang Indonesia atau bahasa kerennya
TASTETHELOCAL yang punya pelayanan dan kualitas terbaik. Dan kebetulan juga, tulisan ini lahir karena ada
eventMLDSPOTKONTENHUNT yang diadakan Kaskus dan MLD Spot, jadi dengan kata lain,
Event ini masuk ke dalam
KASKUSXMLDSPOT gan sist.
Oke balik lagi ke topik utama tulisan ini tentang
INSPIRING PRODUCT GOJEK yang akan saya bahas. Pertama-tama, kenapa GOJEK termasuk ke dalam
INSPIRING PRODUCT? GOJEK adalah sebuah bisnis yang lahir dari pemikiran dan keresahan orang Indonesia, Nadiem Makarim. Jadi bisa dibilang GOJEK adalah produk asli Indonesia seperti Indomie. Oke, cukup cuap-cuapnya mari kita masuk ke pembahasan utamanya hehehe
Quote:
Quote:
GOJEK didirikan pada tahun 2010 di Jakarta oleh Nadiem Makarim. Konon katanya, asal mula beliau mendirikan GOJEK adalah karena dalam kesehariannya beliau selalu menggunakan ojek untuk menembus kemacetan Jakarta. Beliau setap pag hari selalu meliuk-liuk di antara kendaraan-kendaraan lain di jalanan Jakarta.
Berkat hobimeliuk-liuk bareng ojek setiap pagi tersebut, beliau mulai mengamati ojek-ojek pangkalan di sekitarnya. Ternyata, menurutnya ojek pangkalan lebih banyak menghabiskan waktu untuk menunggu penumpang datang. Padahal penumpang adalah sumber penghasilan mereka, seharusnya mereka akan mendapatkan penghasilan lebih besar jika mereka mendapatkan banyak penumpang dalam satu hari. Ditambah jumlah ojek yang nggak terlalu banyak, maka beliau ingin ada ojek yang selalu ada saat dibutuhkan, setiap saat. Dari keresahan beliau ini, lahirlah GOJEK yang dulu masih bernama Go-jek.
Go-jek lahir pada tanggal 13 Oktober 2010 atau tepatnya 9 tahun lalu di Jakarta. selamat ulang tahun ya GOJEK. Pada awal kelahirannya, GOJEK hadir dengan 20 pengemudi dan menggunakan call center untuk menghubungkan pengemudi dan penumpang.
Quote:
Quote:
Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi yang semakin pesat, GOJEK mulai mengembangkan sayapnya. GOJEK dengan 17 fitur dan layanannya, mulai mengembangkan bisnisnya dengan cara menjalin kerja sama serta akuisisi dan investasi dalam berbagai macam perusahaan bisnis.
Sepanjang tahun 2016, GOJEK mengakuisisi lima perusahaan dan startup yang empat diantaranya berada di India. Saat itu GOJEK sedang tumbuh dengan pesat dan jumlah pengguna mauapun pengemudia semakin bertambah, dan mereka juga mulai melebarkan sayap ke bisnis laring (offline) melalui GOPAY. Kelima perusahaan tersebut ikut membantu misi GOJEK ini di tahun 2016.
Di tahun 2017 GOJEK kembali mengakuisisi 4 perusahaan, namun kini semuanya berada di Indonesia. di tahun 2017, GOJEK lebih fokus pada pengembangan gopay sebagai salah satu e-money di Indonesia. Dan juga melahirkan satu layanan baru yaitu, GO-TIX.
Tahun 2018 GOJEK mulai menambah luas jaringan bisnisnya ke sektor periklanan, dan juga menghadirkan layanan GO-Ventures sebagai unit pemodalan dari GOJEK. Pada 2019 mengakuisisi dua perusahaan startup. Satu perusahaan financial technology yang memiliki dompet digital, satu lagi startup cloud kitchen
Quote:
Manfaat Gojek untuk orang-orang di sekitar saya
Quote:
Ini adalah alasan kenapa saya memilih GOJEK sebagai produk lokal yang menginspirasi bagi saya sendiri. Sebagai orang kampung, kehadiran GOJEK banyak membawa perkembangan termasuk dalam sektor ekonomi. Yang sudah pasti, GOJEK mengurangi jumlah pengangguran secara signifikan. Di Kabupaten saya sendiri, ada sekita tiga sampai lima komunitas ojek daring yang terdiri dari pengemudi gojek dan grab.
Selain itu, dengan hadirnya gojek perkembangan bisnis pun mulai membesar secara perlahan-lahan. Dengan hobi masyarakat yang doyan makan, banyak lahir bisnis makanan yang baru di kota saya. Alasannya adalah karena sudah ada Go-food yang bisa mempermudah masyarakat memuaskan hasrat makan yang besar. Tinggal buka aplikasi, klik, klik, klik, lalu menunggu makanan datang sendiri ke rumah.
Dengan perannya yang terbilang besar di Kabupaten saya, GOJEK menginspirasi saya untuk dapat melihat peluang dari keresahan yang saya rasakan, dan dari budaya serta kebiasaan masyarakat Indonesia. Selain itu, GOJEK mengajarkan saya untuk dapat bermanfaat bagi lingkungan saya sendiri. Bedanya mungkin GOJEK ruang lingkup lngkungannya itu satu Indonesia, kalau saya mungkin hanya satu Kecamatan atau satu Kabupaten
Sumber tulisan: wikipedia
Narasi: Penulis
Gambar: pixabay, gojek