alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Beberapa Pandangan Hidup Raditya Dika Soal Keuangan Yang Menjadi Inspirasi Untuk Ane
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc6ce696df23163b104979e/beberapa-pandangan-hidup-raditya-dika-soal-keuangan-yang-menjadi-inspirasi-untuk-ane

Beberapa Pandangan Hidup Raditya Dika Soal Keuangan Yang Menjadi Inspirasi Untuk Ane


Beberapa Pandangan Hidup Raditya Dika Soal Keuangan Yang Menjadi Inspirasi Untuk Ane

Hai agan dan sista semua, ane asbenashoy disini kembali untuk menulis thread lagi nih gan. Kali ini ane akan menulis thread yang cukup berbeda untuk event dari Kaskus Kreator yang cukup menarik untuk ane pribadi. Event ini adalah event kolaborasi KASKUSXMLDSPOT dengan nama event MLDSPOTKONTENHUNT. Nah, di event ini terdapat 4 Kategori yang bisa dibahas, tapi yang akan ane tulis adalah tentang Inspiring People (TASTETHELOCAL). Dan inspiring local people yang akan ane bahas disini tentunya sudah terkenal seantero Indonesia. One of the best Indonesian Stand Up Comedian and Comedy Movie Director, Raditya Dika. Raditya Dika banyak menelurkan karya karya hebatnya di Bioskop maupun Toko Buku. Namun ada hal lain yang menjadi inspirasi untuk ane. Yap, tentang pandangan hidupnya yang banyak ia bagikan di Channel Youtubenya. Dan ini gan, Beberapa Pandangan Hidup Raditya Dika Yang Menjadi Inspirasi Untuk Ane.

1. Berinvestasi Sejak Muda


Hal pertama yang akan ane bahas adalah soal topik yang banyak banget dibahas bang Radit di channel youtubenya. Yap, soal keuangan. Dan menurut ane, dengan kekayaan dan pengalamannya soal keuangan, Bang Radit adalah orang yang cukup kredibel untuk membahas tentang hal ini. Kini banyak millenials atau khususnya fresh graduate yang bisa dibilang kurang hemat / cermat dalam menggunakan uang. Dan banyak juga anak muda yang tidak menabung uang nya untuk masa depan. Padahal, kebiasaan menabung merupakan salah satu cara untuk menolong kita saat kita mempunyai masalah finansial di masa muda. Dan bang radit membagikan cara bagaimana ia mengelola uangnya. Sejak ia lulus kuliah dan mendapatkan gaji pertamanya, ia langsung menginvestasikan uangnya untuk masa depannya. Bisa dibilang, ia menerapkan kebiasaan menabung sejak ia muda. Dan hingga kini, uang yang ia investasikan dan ia tabungkan sudah semakin banyak dan bisa menjadi dana pensiunnya di usia 40 Tahun. Nah, dari hal itu ane belajar, jika kita hemat dan rajin belajar saat kita masih muda, masa tua kita tak akan dihantui oleh masalah keuangan.

2. Gaya Hidup Minimalism


Selanjutnya ada opini dan kebiasaan bang radit yang pernah menjadi trending topic di Youtube. Yaitu soal gaya hidup minimalism, dimana kita sebaiknya memiliki satu barang yang benar benar berguna untuk kita, dan menjual / menjauhkan diri dari barang barang yang tidak dibutuhkan atau hanya sekedar keinginan untuk kita. Hal ini menurut ane cukup mencolok ketimbang artis artis diluar sana yang gemar mengoleksi berbagai barang mahal. Menurut ane, gaya hidup minimalism ini bisa membuat kehidupan financial kita lebih sehat, karena kalau kita menerapkan gaya hidup ini secara tidak langsung kita bisa menahan diri untuk membeli berbagai barang dan barang mahal yang sebenarnya hanya kita "ingin" dan bukan kita butuhkan. Dan tentunya, pengeluaran kita akan semakin terkontrol. Intinya dari gaya hidup minimalism ini, beli barang mahal boleh asal benar benar terpakai dan bisa tahan lama.

3. Hindarilah Hutang

Beberapa Pandangan Hidup Raditya Dika Soal Keuangan Yang Menjadi Inspirasi Untuk Ane


Berikutnya, point ke tiga ini akan membahas soal keuangan lagi. Yap, disalah satu videonya bang Radit pernah membahas soal hutang. Memang soal hutang ini semuanya tergantung kepada masing masing kemampuan finansial setiap orang, namun seengaknya kita enggak perlu berhutang untuk hal yang tak terlalu mendesak. Karena, selain menjadi beban finansial, hutang juga bisa membuat hubungan baik antar teman bisa rusak. Karena banyak kejadian orang ngutang ke temannya, dan saat ditagih sangat susah. Kalau bang radit sendiri pernah cerita, suatu saat temennya hendak meminjam uang. Bang Radit bilang, dia enggak mau dihutangi orang lain, kalau mau orang itu kerja sama dia dan bang radit akan kasih uang untuk membantu masalah finansialnya. Dan hal yang paling harus dihindari adalah berhutang untuk hal hal tersier (smartphone, jam, sepatu mahal, motor) dan untuk memenuhi gaya hidup yang sebenarnya belum tentu kita bisa afford. Dan cara yang simple bisa kita mulai dengan cara belanja tanpa menggunakan credit card.

4. Terbuka Soal Keuangan Dengan Istri

Beberapa Pandangan Hidup Raditya Dika Soal Keuangan Yang Menjadi Inspirasi Untuk Ane


Dan terakhir, ada tips keuangan dari Bang Radit untuk tingkat yang lebih tinggi lagi. Yaitu soal hubungan keuangan suami istri. Banyak banget suami istri yang punya masalah rumah tangga karena keuangan. Dan untuk menghindarinya, menurut bang radit sebelum menikah, coba kita diskusikan soal keuangan dengan pasangan. Karena saat menikah, fokus dari kehidupan finansial kita berubah. Kalau saat single kita masih bisa memakai uang kita untuk have fun dan shopping, tapi pas menikah kita harus mengalokasikan keuangan kita kepada kebutuhan yang sangat primer. Seperti kebutuhan anak, rumah, belanja dapur, dan lain lain. Karena, kalau setelah menikah kita masih mempertahankan cara menggunakan uang saat kita single, belum tentu hal itu nyambung dengan pasangan kita dan yang namanya konflik karena financial problems akan datang.

Sumber :








profile-picture
orgbekasi67 memberi reputasi
"sebaiknya memiliki satu barang yang benar benar
berguna untuk kita, dan menjual / menjauhkan diri
dari barang barang yang tidak dibutuhkan atau
hanya sekedar keinginan untuk kita."

bermanfaat gan
Point terakhir tuh penting sih, keliatannya sepele padahal ngga sepele. Sering banget masalah keuangan ditutup tutupin malah nambah nambah masalah


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di