alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Nilai yang tepat untuk ditanamkan di jember
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc66d88018e0d3d1f3256b2/nilai-yang-tepat-untuk-ditanamkan-di-jember

Nilai yang tepat untuk ditanamkan di jember


Nilai adalah alat yang menunjukkan alasan dasar bahwa cara pelaksanaan atau keadaan akhir tertentu lebih disukai secara sosial dibandingkan cara pelaksanaan atau keadaan akhir yang berlawanan. Nilai memuat elemen pertimbangan yang membawa ide-ide seorang individu mengenai hal-hal yang benar, baik, atau diinginkan. Macam-macam nilai jika ditinjau dari bentuknya terbagi menjadi 5 macam yaitu :

1. Nilai Sosial : Merupakan sesuatu yang telah melekat di dalam masyarakat serta berhubungan dengan sikap dan tindakan manusia di dalamnya. Contoh, dalam beberapa tindakan dan perilaku individu di masyarakat sering kali mendapat perhatian atau berbagai penilaian seperti halnya mencuri bernilai buruk dan menolong bernilai baik.

2. Nilai Kebenaran : Nilai ini bersumber dari unsur akal manusia (rasio, cipta, dan budi). Nilai ini adalah nilau yang mutlak di bawa sejak lahir, oleh karena itu banyak yang menyebutkan nilai ini adalah pandangan kodrati dari tuhan yang telah memberikan nilai kebenaran melalui akal dan pikiran manusia. Contoh, pada saat seorang hakim bertugas memberi sanksi kepada orang yang bersalah. Ia akan memberi sanksi sesuai dengan kebenaran yang dianutnya.

3. Nilai Keindahan : Nilai yang bersumber melalui unsur rasa pada setiap diri manusia, dengan nama lain disebut sebagai nilai “estetika”. Keindahan ini bersifat universal. Semua orang membutuhkan keindahan. Namun, satu orang dengan lainnya akan menilai sebuah keindahan yang berbeda. Contoh, sebuah karya seni tari adalah sebuah keindahan, namun tarian yang berasal dari suatu daerah akan berbeda dengan daerah lainnya tergantung pada perasaan orang yang memandangnya.

4. Nilai Moral : Suatu sistem penilaian bersumber dari kehendak mapun kemauan (karsa, etik). Dengan moral manusia bisa bergaul dengan baik antar sesame manusia lainnya. Oleh karena itu nama lain dari nilai moral sering disebut sebagai nilai kebaikan. Contoh, ketika seseorang sedang berbicara dengan orang yang lebih tua tentu akan menggunakan tutur Bahasa yang halus, hal ini merupakan etika yang tinggi nilainya.

5. Nilai Agama : Merupakan nilai ketuhanan yang sangat tinggi dan mutlak karena tidak dapat di ganggu gugat. Nilai ini bersumber dari pada hidayah Tuhan Yang Maha Esa. Melalui nilai agama ini pula seringkali dikenal dengan sebutan sebagai nilai religious, manusia mendapat petunjuk serta jalan dari Tuhan tentang tata cara menjalani kehidupan. Contoh, saat berhubungan dengan Tuhan, seseorang manusia yang beriman tentu haruslah beribadah sesuai agama yang dianutnya masing-masing. Semua agama sangat menjunjung tinggi nilai religious.

Berdasarkan pembahasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwasannya nilai yang tepat untuk ditanamkan di Jemberadalah Sinergi, Kolaborasi, Akselerasi. Menjadi seorang pemimpin berarti harus mengetahui dan memahami kondisi yang terjadi di daerahnya dengan baik. Mulai dari konsep, kelebihan dan kekurangan daerah yang dipimpinnya. Dengan memahami kondisi, seorang pemimpin bisa lebih mudah membantu menyelesaikan masalah yang sedang terjadi dan mengetahui apa saja resiko yang bisa diterima dengan solusi yang diberikan. Dalam hal ini, bakal cabup Jember 2020, Ir. H. Hendy Siswanto mengusung dan mengusulkan tiga konsep strategis untuk menyelesaikan permasalahan di Jember, yakni Sinergi, Kolaborasi, dan Akselerasi. 


butuh buzzer ndak om??


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di