alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Education /
Cara yang Bisa Diterapkan Agar Tak Menganggur Saat Lulus Kuliah Kelak
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc4cb47c820840ac4488570/cara-yang-bisa-diterapkan-agar-tak-menganggur-saat-lulus-kuliah-kelak

Cara yang Bisa Diterapkan Agar Tak Menganggur Saat Lulus Kuliah Kelak

Lapangan kerja yang semakin menyempit dan jumlah tenaga kerja yang makin membludak membuat banyak sarjana menganggur tak kunjung mendapatkan pekerjaan. Puncaknya persaingan ketat antar pencari kerja, membuat banyak lulusan perguruan tinggi tak mampu menghadapinya sehingga pengangguran semakin banyak.

Data Badan Pusat Statistik Nasional, angka pengangguran tingkat Universitas meningkat sebesar 5,89% dari 5,18% dari tahun sebelumnya pada tahun 2018. Mengingat angka ini cukup tinggi, tentunya Anda tidak ingin menjadi salah satu dari angka pengangguran tersebut bukan.

Dilain sisi, kemajuan teknologi yang kian pesat harus berimbang dengan tingkat kreativitas dan kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Hal ini memicu adanya persaingan ketat dalam proses penyaringan di lapangan kerja yang menuntut lulusan sarjana memiliki nilai jual saing yang tinggi untuk mendapatkan pekerjaan.

Bermodalkan ijazah saja tidak cukup menjadi bekal Anda bersaing dengan sekian ribu pencari kerja. Oleh karena itu, seorang lulusan sarjana harus memiliki keahlian serta nilai jual saat terjun di dunia kerja.

Masalah ini bisa diatasi asalkan semenjak di bangku kuliah anda aktif dan kreatif sehingga saat lulus kita tak bingung mencari pekerjaan lagi. Berikut cara yang perlu anda terapkan agar tak menganggur saat lulus kerja!

1. Ketahui Manfaat ilmu dari perkuliahan yang sedang berlangsung
Saat mendengarkan dosen memberikan kuliah, jangan hanya diam dan pasif. Cobalah bertanya apa manfaat ilmu tersebut dan fungsinya untuk kehidupan kekian. Dengan begitu anda mampu berpikir mengenai peluang apa saja yang bisa anda dapatkan dengan ilmu yang anda pelajari.

2. Belajar Berbisnis
Tidak dapat dipungkiri, bisnis menjadi target utama kaum milenial saat ini. Mereka berbondong-bondong bersaing membuka usaha sesuai minatnya. Sembari kuliah, ada baiknya jika anda mengisi waktu untuk belajar membuka bisnis sendiri agar kelak lulus sarjana anda telah memiliki pengalaman dan bisnis sendiri

3. Membangun dan Mengembangkan Kreatifitas Diri
Bermodalkan uang dan kepintaran saja tidaklah cukup. Anda harus memiliki pemikiran yang “out of the box” serta kreatif. Jangan pernah malas untuk belajar mencari tahu trend saat ini. Berpikir terbuka dan mau mengasah diri untuk kritis dan kreatif. Lahirkan ide, carilah inovasi dan tidak perlu takut untuk menjalankannya.

4. Memahami Dunia Digital
Tuntutan dunia kerja yang dulunya berupa benda fisik kini beralih ke dalam dunia maya atau digital. Asah dan bekali diri dengan pengetahuan dan keterampilan digital. Teknologi yang semakin maju menuntut Anda untuk terus update dalam pengetahuan dan tidak boleh berhenti mencari informasi lainnya. Terlebih kini, Facebook, Twitter serta Instagram bisa menjadi ladang baru untuk mempromosikan diri, beriklan, hingga bisnis.

5. Aktif di Jejaring Sosial
Selain aktif dalam dunia nyata, Anda dapat memanfaatkan sosial media sebagai ruang interaksi dan memperluas jaringan. Manfaatkan lahan ini sebagai ajang temu pendapat dan kreativitas yang positif, seperti membuat video pendek hingga beropini melalui sosial media. Sampaikan dengan cara yang tepat bijak etis. Cara ini dapat memikat banyak orang untuk lebih mengenal dan mempertimbangkan kemampuan Anda.

6. Membangun dan memperkuat jaringan
Saat duduk di bangku kuliah, jangan hanya diam tanpa membangun relasi dan jaringan sesama mahasiswa. Karena dengan begitu kamu bisa dengan mudah mendapatkan info lowongan kerja saat lulus dan kamu gak akan begitu kesulitan dalam mendapatkan pekerjaan.

7. Terbiasa Berorganisasi
Saat berstatus menjadi mahasiswa ada baiknya kamu belajar berorganisasi untuk bekal saat di dunia kerja nanti. Saat anda belajar berorganisasi, sejatinya hal tersebut akan bermanfaat ketika kamu bekerja nanti.

8. Memiliki Karya
Anda jangan hanya menjadi mahasiswa biasa tanpa prestasi. Biasakan untuk menghasilkan berbagai prestasi atau karya-karya ilmiah dan masukan dalam portofoliomu agar kamu mendapatkan poin plus saat mencari kerja nanti.

9. Mengembangkan Hobi dengan Serius
Anda bisa mengembangkan hobi dengan serius saat kuliah agar nanti ketika lulus, hobimu bisa menghasilkan uang. Kalau hobi bisni, kembangkan hobimu agar bisnismu bisa berkembang dan bisa mendapatkan banyak uang. Kalau hobi melukis, kembangkan hobimu agar hasil lukisanmu berdaya jual tinggi sehingga bisa mendapatkan uang. Asalkan anda memiliki keseriusan, segalanya akan menjadi mudah!

Membekali diri dengan softskill dan hardskill adalah mutlak adanya agar anda bisa mendapatkan peluang untuk masa depan yang lebih cerah. Selamat mencoba!


tengkiyu for sharing gan. jaman sekarang banyak juga kursus2 online bersertifikat yang bisa ngebantu buat cari kerja nanti. karena online jadi jamnya fleksibel, pas buat mahasiswa
Lihat 1 balasan
Balasan post dindapanda89
ok thanks


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di