alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Jenis - jenis uang #3
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc263fe88b3cb27e6113930/jenis---jenis-uang-3

Jenis - jenis uang #3

Jenis - jenis uang #3



Uang yang dijadikan sebagai alat untuk melakukan berbagai kegiatan sehari-hari terbagi dalam berapa . pembagian ini didasarkan kepada berbagai maksud dan tujuan penggunaannya sesuai dengan keperluan berbagai pihak yang membutuhkan.


Seperti contohnya emak emak yang rempong yang kalau ke pasar suka beli barang harga rp2.000 tapi membayar dengan nominal rp100.000.


Sudah pasti jika anda adalah penjualnya maka anda akan jengkel. maka dari itulah uang diciptakan dengan yang berbeda dan juga dengan nominal nominal yang berbeda. Salah satunya adalah untuk menghindari kasus emak-emak dan penjual.


1. Berdasarkan bahan


Jika dilihat uang hanya memiliki dua dan dua macam. Yaitu uang logam dan uang kertas


Uang logam merupakan uang yang berbentuk koin terbuat dari logam baik dari almunium, emas , perunggu, dan bahan lainnya. dan biasanya uang yang terbuat maksud kami yang berjenis logam itu memiliki nominal yang kecil.




Uang kertas . Merupakan uang yang bahannya terbuat dari kertas atau bahan lainnya. uang dari bahan kertas biasanya dalam nominal yang cukup besar sehingga mudah untuk dibawa digunakan untuk keperluan sehari-hari.


Uang ini terbuat dari kertas yang berkualitas tinggi, yang tahan terhadap air, suhu panas, suhu dingin, gempa, badai , badai pasir, badai matahari, tidak mudah robek, tidak mudah patah, tidak mudah kecewa, dan tidak mengecewakan.



Jenis - jenis uang #3

2. Berdasarkan nilai


uang ini dilihat dari nilai yang terkandung pada uang tersebut, apakah nilai instriknya ( bahan uang ) atau nilai nominalnya ( nilai yang tertera dalam uang tersebut. ) . Uang ini terbagi kedalam dua , yaitu


* Bernilai penuh , atau bahasa Jawanya : full bodied money.


Merupakan uang yang nilai intrinsiknya sama dengan nilai nominalnya, sebagai contoh uang logam di mana nilai bahan untuk membuat uang tersebut sama dengan nilai yang tertulis di uang.


* Tidak bernilai penuh, atau bahasa Jawanya : representatif full bodied money


Merupakan uang yang nilai intrinsiknya lebih kecil dari nilai nominalnya, sebagai contoh uang yang terbuat dari kertas. Uang ini disebut uang/token money. Makalah nilai instriknya jauh lebih rendah daripada nilai nominal yang terkandung di dalamnya. Seperti contoh uang yang bernilai 1 triliun Zimbabwe.








Dan yang paling saya suka untuk membahasnya adalah yang terakhir , berdasarkan lembaga.


berdasarkan lembaga maksudnya adalah badan atau lembaga yang menerbitkan atau mengeluarkan uang, ini harus Anda garis bawahi dengan garis bawah yang harus diingat.


Keuangan di Indonesia dipegang oleh BI


Anda tahu siapa itu bi nanti akan saya bikin thread nya sendiri


* uang kartal merupakan uang yang diterbitkan oleh bank sentral baik berupa uang logam maupun uang kertas.
* Uang giral merupakan uang yang diterbitkan oleh bank umum seperti cek, bilyet giro, traveller cheque, dan credit card.


[url="penganter ekonomi #1"]https://m.kaskus.co.id/thread/5dbfbeaf2637720e4924867e[/url]

[url="Uang dan sejenisnya"]https://m.kaskus.co.id/thread/5dbe3f68c820840c0110948e/?ref=profile&med=thread[/url]











Diubah oleh istrinya.gondok


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di