alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Food & Travel / Outdoor Adventure & Nature Clubs /
Buat Agan-agan yang suka Naik Gunung : Formasi Dan Tugas Dalam Mendaki Gunung
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc25c479a972e650215983a/buat-agan-agan-yang-suka-naik-gunung--formasi-dan-tugas-dalam-mendaki-gunung

Buat Agan-agan yang suka Naik Gunung : Formasi Dan Tugas Dalam Mendaki Gunung

Buat Agan-agan yang suka Naik Gunung : Formasi Dan Tugas Dalam Mendaki GunungBuat Agan-agan yang suka Naik Gunung : Formasi Dan Tugas Dalam Mendaki Gunung
Dalam melakukan pendakian gunung biasanya kita melakukan dalam berkelompok. Yang mana menurut pandangangan kami dengan melakukan sebuah pendakian dengan berkelompok memang lebih nyaman aman dan lebih meriah.

Berdasarkan pengalaman kami dalam melakukan pendakian, dengan berkelompok kita dapat membagi tugas masing-masing sebelum melakukan pendakian. Selain itu pendakian kita akan lebih berkesan dan meriah kareana perjalanan kita akan dipenuhi obrolan dan canda tawa ( Canda tawa tapi tetap menjaga kesopanan, dan kearifan lokal yaa) yang sejenak akan menghilangkan rasa letih, dan capeknya.


Di dalam membuat kelempok alangkah baiknya dibagi antara 4-8 orang saja perkelompok, yang mana kita lebih mudah menkoordinasi dan mengatur kelompok. Sedangkan untuk pembagian tugasnya biasanya berdasarkan keahlian masih masing :-p . berikut gambaran untuk pembagian tugasnya. Hayooo Kamu biasanya di posisi mana?


NAVIGATOR

Navigator adalah seorang sebagai penunjuk Jalan. Biasanya selalu ngacir di depan. Ngechek jalan dah benar apa belum. Sambil tetep koordinasi dengan leader. Lumayan berat sebenarnya tanggung jawab sebenernya ada di Navigator. Sedikit saran pilih navigator yang tidak punya tenaga kuda, atau kita akan kewalahan mengikutinya wkwkwk.

LEADER

Leader adalah seorang Pemimpin Team. Tidak harus tapi mesti posisinya biasanya di belakang navigator atau ditengah team. Tugasnya harus mengambil keputusan berdasarkan kondisi di lapangan. Biasanya, pemimpin yang dipilih menjadi leader dalam sebuah pendakian adalah orang yang memiliki ketahanan tubuh yang kuat dan memiliki wawasan yang baik tentang jalur pendakian.

CHEF

Chef atau tukang masak hehe...bagi kami perlu di istimewakan, karena dia, kita tidak akan kelaparan saat pendakian, orang yg sabar menunggu masakan matang, bahkan saat anggota lain masih tidur atau sibuk berselfi, dia sabar memasak dan menunggu masakan untuk dihidangkan.

LOGISTIK

Gelandang pengangkut air istilah kami wkwkw....adalah orang yang memastikan apa saja bahan dan peralatan untuk chef. Tanpa terkecuali. Biasanya bagian logistik memakai tas carrier yang paling besar hehe. Pilihlah orang yang memiliki fisik bagus untuk bagian ini,, karena paling berat, seberat melupakn mantan .. hahaha

FOLLOWER

Si pengikut atau kami sering menyebutnya Sultan hehe, bisa karena baru atau bisa juga karena emang belum punya kemampuan untuk bersaing sebagai navigator,leader atau sweeper, posisi bebas, boleh pilih di mana aja asal di depan sweeper.

SWEEPER

Swipper si tukang Uji Nyali merupakan orang yang bertugas sebagai 'penyapu' rombongan pendakian agar tidak ada barang dan pendaki yang tertinggal. Sweeper biasanya berada di posisi paling belakang dalam rombongan. Tugas ini kalau melakukan pendakian malam hari yang paling horor,, hiiii.

Itulah tadi gambaran tugas masing masing dalam kelompok pendakian. Itu juga Cuma gambaran kami juga siih, hehe. Yang paling penting harus kompak dalam satu kelompok. Dan biasanya kamu kebagian tugas mana dalam pendakian?
Jangan Nyampah di Gunung
Salam Lestari
Sumber DISINI

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kudanil.la dan 14 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh paimin07
Halaman 1 dari 7
nambahin tips gan.

kalo tim ane , sweeper biasanya dibawain sempritan.

tugas dia semprit navigator kalo jalannya terlalu cepat meninggalkan rombongan.

sweeper kami pilih yang nyalinya paling gede.
spt agan bilang , sweeper pendakian malam tuh super duper horor.

dan apesnya.... gw selalu kebagian tugas jadi sweeper. kata temen2 nyali gw paling gede.
padahal berasa ngeri ngeri sedap juga kalo udah mulai ketinggalan di belakang sendirian

emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
stevensation dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh BMAGLY
Lihat 1 balasan
Gak sembarangan ya.. Stay safe, watak asli orang keliatan klo pas lagi naik gunung emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scooterist79 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Harusnya ada seksi perbokeran gan, fungsinya nyariin lahan buat buang hajat sama cebokin yg abis boker
Lihat 1 balasan
gue rasa ga hanya pendakian gunung.. emang yang lebih pengalaman biasanya diposisi paling depan dan paling belakang.

jangan lupa bawa orang yang punya pengalaman medis cuy..

emoticon-Blue Guy Peace
profile-picture
profile-picture
profile-picture
parydis dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Sweeper jangan mencuri emoticon-Ngacir
profile-picture
masih.abu.abu memberi reputasi
biasanya gw naik gunung, pk Triton.
profile-picture
eggnostick memberi reputasi
Ga ada quicker, Kah?
Quote:


Mantep cuyy , pengalaman banget pasti dirimu emoticon-2 Jempol
profile-picture
reid2 memberi reputasi
Quote:


Ane pernah quickie di atas gan hihi maluemoticon-Betty (S)
wah gw viewer 😁
Quote:


emoticon-Kaskus Banget
ane lebih sering solo gan, baru ntar gabung ama tim tim laenemoticon-Ngakak
Lihat 1 balasan
Quote:


Betull gan....di atas gunung watak orang kliatan aslinya....emoticon-Betty
Gelandang pengangkut air. emoticon-Ngakak
Mirip Hariono dong di Persib?

Jadi pengen diajakin ndaki lagi. emoticon-Big Grin
Lihat 1 balasan
begini yaaa formasi itu ternyataa... threadnya bagus nih... informatif sekaliii... sukakkk ane kaya gini... penuh informasi... dan keren... jd bacaan2 buat ngisi waktu... ditunggu thread lainnyaaaaa...
Btw ane di raung jadi sweeper dan itu super duper berat, capenya double karena harus jagain temen ane yang cewe. Bayangkan summit dari jam 3 pagi lalu balik ke camp jam 6 sore. Belum lagi nahan emosi karena harus cepet cepet sampe tenda sebelum malam, lalu belum lagi fisik udah terkuras selama perjalanan. Lalu belum lagi kejadian kesurupan. Jadi sweeper itu terlalu berat wkwkwkw. Dan pas sampe tenda si cewe pas lagi makan di suapin suaminya malah ngadu "itu aku tadi dijalan omelin mulu" wkwkwkwkwk. Pengalaman terbaik diraung.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eggnostick dan 2 lainnya memberi reputasi
kalo kebelet mau boker gimwna bre
Komentar di hapus
Diubah oleh teamsyalala
mendaki dn melihat pemandangan gunung adalah kesukaan saya Buat Agan-agan yang suka Naik Gunung : Formasi Dan Tugas Dalam Mendaki GunungBuat Agan-agan yang suka Naik Gunung : Formasi Dan Tugas Dalam Mendaki Gunung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
parydis dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ane mah follower doank emoticon-Big Grin
Halaman 1 dari 7


×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di