- Beranda
- Komunitas
- Automotive
- Otomotif
Kasta Tertinggi MAXI Yamaha Baru Saja Dirilis Dengan Mesin 2 Silinder Powefull


TS
Odleva
Kasta Tertinggi MAXI Yamaha Baru Saja Dirilis Dengan Mesin 2 Silinder Powefull

Setelah kemarin kita bahas Yamaha Tracer 700 baru, ternyata Yamaha juga memperkenalkan model terbaru untuk model TMAX tahun 2020.
Seperti yang kita ketahui, TMAX adalah kasta tertinggi dari keluarga MAXI. Motor ini memiliki kapasitas mesin 562cc dengan konfigurasi 2 silinder. Tentunya bodi motor ini sangat gambot, jauh lebih gambot dari XMAX yang mungkin sering kalian lihat.
Tapi jangan samakan dengan matic-matic biasa, karena TMAX gak pakai sistem transmisi CVT melainkan gearbox otomatis.


Sedikit menengok sejarah, pertama kali TMAX diperkenalkan atau generasi pertamanya hadir di tahun 2000-2011 menggunakan mesin 499cc dengan ukuran bore 66mm dan stroke 73mm. Kemudian di tahun 2012-2019 Yamaha melakukan update khususnya di sektor mesin menjadi 530cc (bore 68mm dan stroke 73mm). Untuk model terakhirnya ini Yamaha kembali melakukan update di bagian mesin dan sekarang jauh lebih besar menjadi 562cc dengan ukuran bore 70mm dan stroke 73mm.
Dengan begitu efeknya mesin jadi memiliki tenaga yang lebih buas dan mereka mengklaim powernya naik 3,5% sedangkan torsinya juga naik sebanyak 6%.

Ubahan bukan hanya di bagian mesin saja, motor ini sekarang juga memiliki bobot yang lebih ringan, lolos regulasi emisi Euro 5, dan desain bodywork yang terlihat lebih garang.
Ubahan desain yang paling mencolok ada di bagian buritan belakang, desain buntut TMAX model 2020 ini bentuknya mirip-mirip seperti buntut Yamaha R1. Dan mereka sedikit merevisi bagian body panel baru yang membuat para pembonceng untuk lebih mudah mengaksesnya atau istilahnya dibikin lebih ramping biar tidak terlalu lebar ketika bonceng.
Mesin dua silinder yang dipakai memiliki konfigurasi firing order 360 derajat, kelebihan engine flat ini dapat menghasilkan suara yang flat di rpm tinggi, memberikan power yang lebih halus, dan sangat cocok untuk sebuah motor matic.



Mesin TMAX baru ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 35kW pada putaran 7500rpm dan torsi 55.7Nmdi 5250rpm.
Rem depan sudah dual disc dengan ukuran 267mm dan belakang single disc 282mm. Bobot motornya sendiri lumayan berat yakni 218 kg dengan kapasitas tangki mencapai 15 liter.
Referensi : tmcblog.com(4/11/2019).
0
248
1


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan