alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
10 Penyebab Gigi Kuning, Bisa karena Genetis atau Kebiasaan Buruk
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc17daa2525c339292f43dc/10-penyebab-gigi-kuning-bisa-karena-genetis-atau-kebiasaan-buruk

10 Penyebab Gigi Kuning, Bisa karena Genetis atau Kebiasaan Buruk

10 Penyebab Gigi Kuning, Bisa karena Genetis atau Kebiasaan Buruk

Warna gigi yang menguning adalah hal yang lumrah. Menurut U.S. National Library of Medicine gigi yang berubah warna menjadi kuning sudah biasa terjadi. Yang bermasalah ada jika warna gigi tersebut berubah di luar warna kuning dan putih. Namun demikian bagi beberapa orang gigi menguning bukanlah hal yang baik bagi penampilan.

Perubahan warna gigi bisa disebabkan oleh dua faktor: faktor intrinsik dan ekstrinsik. Intrinsik artinya datang dari dalam tubuh, seperti genetis, sedangkan ekstrinsik berasal dari luar. Umumnya ini adalah gaya hidup yang tidak benar.

Dengan mengetahui faktor-faktornya, kamu pun bisa menghindari perubahan warna pada gigimu tersebut. Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab mengapa gigimu bisa menguning berdasarkan livescience.com.

1. Makanan10 Penyebab Gigi Kuning, Bisa karena Genetis atau Kebiasaan Buruk
Beberapa makanan bisa mengubah warna gigimu. Beberapa di antaranya adalah beri dan tomat serta makanan-makanan yang mengandung pigmen atau warna tinggi. Makanan mengandung gula dan karbohidrat juga bisa menjadi penyebab utama.

2. Minuman10 Penyebab Gigi Kuning, Bisa karena Genetis atau Kebiasaan Buruk
Apakah teh mengubah warna gigimu? Jawabannya iya. Minuman berwarna, macam anggur merah, kopi hingga teh hitam mampu membuat gigimu menjadi kuning. Itu termasuk dengan soft drink.

3. Merokok10 Penyebab Gigi Kuning, Bisa karena Genetis atau Kebiasaan Buruk
Bukan hal yang mengagetkan, merokok akan mengubah warna gigimu menjadi kuning atau malahan kecoklatan. Tanpa menyikat atau merawatnya, bukan tidak mungkin gigimu berubah menjadi hitam.

4. Obat-obatan10 Penyebab Gigi Kuning, Bisa karena Genetis atau Kebiasaan Buruk
Beberapa antiobiotik memberikan efek samping mengubah warna gigi menjadi sedikit kecoklatan. Umumnya itu adalah doxycycline dan tetracycline, dan pengaruhnya sangat kuat untuk anak-anak di bawah umur delapan tahun. Histamin untuk masalah tekanan darah tinggi juga bisa menguningkan gigi bagi orang dewasa.

5. Penyakit10 Penyebab Gigi Kuning, Bisa karena Genetis atau Kebiasaan Buruk
Perubahan warna gigi bisa terjadi jika kamu memiliki penyakit yang mempengaruhi enamel gigi atau cukup parah. Di sisi lain, pengobatannya seperti kemoterapi untuk kanker juga bisa berimbas kepada warna alat pengunyahmu tersebut.

6. Trauma10 Penyebab Gigi Kuning, Bisa karena Genetis atau Kebiasaan Buruk
Gigi bisa berubah warna jika mendapatkan trauma hasil dari jatuh atau kecelakaan. Umumnya adalah hitam atau abu-abu, tetapi bagi anak-anak itu bisa membuatnya berubah menjadi warna kuning atau coklat.

7. Genetis10 Penyebab Gigi Kuning, Bisa karena Genetis atau Kebiasaan Buruk
Ada kemungkinan gigimu yang menguning hasil dari DNA yang diberikan orang tuamu. Tentu saja kamu bisa mengubah warna gigimu menjadi putih, tetapi akan susah sekali.

8. Penuaan10 Penyebab Gigi Kuning, Bisa karena Genetis atau Kebiasaan Buruk
Kurangnya perawatan gigi dan membiarkan gigi begitu saja dapat membuat noda gigi tampak jelas di mata. Belum lagi ditambah umur yang semakin bertambah tua.

9. Kebanyakan fluor10 Penyebab Gigi Kuning, Bisa karena Genetis atau Kebiasaan Buruk
Kandungan fluor secara tidak langsung dapat menjadi faktor utama penyebab gigi menguning. Kandungan ini bisa didapatkan lewat konsumsi makanan, seperti air, jus, suplemen dan lainnya yang dikonsumsi ketika masih kecil.

10. Rendah higienitas10 Penyebab Gigi Kuning, Bisa karena Genetis atau Kebiasaan Buruk
Masalah paling mudah penyebab gigi kuning: jarang menyikat gigi. Plak yang menempel dan terus menumpuk akan menyebabkan timbulnya warna kuning di gigi. Hal ini dapat dihindari dengan cara rutin membersihkan gigi.

Gigi menguning memang tampak menjijikkan, tapi semua itu sebenarnya bisa kamu atasi jika sudah mengetahui faktornya. Akan lebih baik jika metode pemutihan gigimu datang dari cara yang natural, seperti rajin menggosok gigi ketimbang memaksakan diri menggosok gigi dengan kuat. Jika perlu, datanglah ke dokter gigi yang profesional untuk dibersihkan.


Sumber : https://www.idntimes.com/health/medi...mpaign=network

---



×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di