KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Hewan Peliharaan /
7 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Mengadopsi Kucing Liar
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc12d70a727686f903d84d0/7-hal-yang-harus-kamu-siapkan-sebelum-mengadopsi-kucing-liar

7 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Mengadopsi Kucing Liar

Nggak perlu punya kucing ras yang mahal. Kucing liar yang sering mondar mandir di sekitar rumah kalian aja udah cukup bikin gemes. Ngelus-ngelus atau ngasih makan mereka aja rasanya nggak cukup. Karena nggak tegaan, kadang kita pingin bawa mereka pulang dan jadiin mereka hewan peliharaan resmi di rumah. 

7 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Mengadopsi Kucing Liar

Eits, mengadopsi kucing liar itu nggak semudah membawa mereka masuk ke rumah kalian dan membiarkan mereka hidup di sana, Gan SIs. Kucing liar juga butuh perhatian khusus, dan ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum resmi menyambut mereka ke dalam keluarga kalian.

Pastinya, pertama-tama kalian harus pastiin yah kalau kucing liar itu beneran kucing jalanan dan bukan kucing orang yang lepas, juga belum diadopsi sama orang lain. Kalo udah, baru deh kalian bisa persiapkan hal-hal di bawah ini :


1. Siapkan tempat bersembunyi

7 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Mengadopsi Kucing Liar

Kalau kalian sering main-main sama kucing, kalian pasti tau deh kalo mereka itu demen banget ngumpet di tempat-tempat sempit, seperti di dalam kardus atau nyempil di antara bantal. Semua kucing butuh tempat persembunyian pribadi, terutama kucing liar, karena mereka nggak terbiasa berbagi tempat sama orang atau hewan lain. Nah, sebelum kalian membawa kucing liar ke rumah kalian, pastiin dulu rumah kalian punya tempat-tempat persembunyian yang aman bagi si kucing supaya si kucing juga merasa aman dan nyaman berada di lingkungan barunya.
 

2. Periksakan ke dokter hewan

Kita nggak tahu gimana kondisi kesehatan kucing yang udah lama hidup di jalanan tanpa rumah dan perawatan. Bisa jadi mereka di tubuh mereka bersarang parasit, seperti tungau dan kutu, yang emang sering dimiliki sama kucing liar. Jadi, sebelum mengadopsi mereka, untuk kebaikan para pemiliknya dan kebaikan si kucing itu sendiri, segera bawa ke dokter hewan.  
 
7 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Mengadopsi Kucing Liar


3. Persiapkan segala kebutuhannya

Sebelum resmi menjadi orang tua baru bagi seekor kucing jalanan, pastikan kalian udah menyiapkan segala kebutuhannya. Kebutuhan yang terpenting adalah kotak pasir dan makanan. Menurut Dr. Sara Ochoa, dokter hewan dan konsultan dari DogLab, hal pertama yang akan dilakukan kucing saat sampai di rumah kita adalah membuang kotoran. Jadi, pastikan kalian udah menyediakan kotak kotoran mereka  di tempat yang mudah dijangkau.

7 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Mengadopsi Kucing Liar

Ada juga hal-hal lain yang bisa kalian beli untuk mereka, seperti mainan, snack, dan kalung, tapi semua itu bisa ditunda, makanan dan kotak pasir adalah yang harus segera kalian beli.


4. Persiapkan hewan peliharaan lainnya

Kalau Gan Sis udah punya peliharaan di rumah, seperti kucing lain atau anjing, kalian juga harus mempersiapkan mereka nih sebelum membawa “anggota” baru ke dalam rumah. Terutama kalau peliharaan Gan Sis yang sekarang kurang bisa berinteraksi dengan baik sama hewan lain.

7 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Mengadopsi Kucing Liar

Ajak mereka jalan-jalan dan main sama hewan lain untuk membiasakan mereka. Kalau butuh bantuan, Gan Sis juga bisa memanggil trainer khusus. Selain membiasakan peliharaan kalian yang sekarang, kalian juga harus membiasakan si pendatang baru. Pastikan semua hewan peliharaan kalian bisa bergaul dengan baik, dan awasi interaksi mereka di hari-hari pertama.
 

5. Persiapkan budget

7 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Mengadopsi Kucing Liar

Memang mudah buat kepikiran untuk mengadopsi seekor kucing, tapi kita harus melihat juga apakah kita punya budget yang cukup buat bener-bener merawat mereka. Menurut Dr. Geof DeWire, dokter hewan dari PrettyLitter, mengadopsi hewan peliharaan sama seperti melahirkan anak—biayanya nggak sedikit. Pastikan kalian udah punya budget yang cukup untuk memberikan perawatan yang layak bagi mereka, mulai dari makanan, sampai biaya-biaya pengobatan yang nggak terduga.
 

6. Hadapi dengan sabar

Kalian mungkin semangat buat menyambut si kucing jalanan ke rumah kalian. Tapi, kalian juga harus pikirin dong perasaan si kucing. Kucing yang biasa hidup di jalanan mungkin merasa nggak nyaman selama masa-masa transisi mereka. Meski kalian udah menyediakan tempat untuk tidur, makan, dan menghujani dia dengan kasih sayang, si kucing masih bisa merasa takut.

7 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Mengadopsi Kucing Liar

Membuat kucing terbiasa di dalam keluarga yang baru itu butuh waktu, dan kesabaran adalah kunci. Jadi, jangan keburu frustrasi ya sama tingkah kucing yang mungkin belum terlalu ramah sama kalian.
 

7. Bersiap merubah gaya hidup

Kucing jalanan, terutama dengan latar belakang yang kurang baik, mungkin punya tingkah laku yang nggak biasa, dan berbeda dari kucing-kucing rumahan lainnya. Kalau kalian bener-bener serius ingin merawat si kucing, kalian harus siap buat menghadapi tingkah laku mereka ini, dan mungkin melatih kebiasaan-kebiasaan tertentu dari awal.

7 Hal Yang Harus Kamu Siapkan Sebelum Mengadopsi Kucing Liar

Selain itu, nggak semua kucing itu bisa cocok dengan semua keluarga. Misalnya, sebagian kucing mungkin cocok dengan rumah yang dihuni anak-anak, dan sebagian lain nggak. Beberapa kucing juga nggak akan cocok dengan gaya hidup tertentu dari si pemiliknya. Jadi, kalau kalian punya masalah dalam melibatkan si kucing di kehidupan rumah kalian, kalian harus siap mengubah gaya hidup tertentu.
 

Sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
siapika dan 10 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
ane malah suka ngasih makan kucing-kucing liar disekitar rumah ane...
emang enggak ane pelihara sih, ane cuma rutin aja ngasih mereka makan...
ya berbagi lah sama kucing-kucing liar...
biar mereka baik sama kucing ane... nggak bakal di nakalin kalau kucing ane main keluar emoticon-Ngakak
mmm lebih praktisnya langsung dibawa kendokter hewan dulu kali ya gan
mmm nice sih ini infonya! kemarin sempet mau adopsi, tapi takut kenapa2 deh. jadintau harus ngapaij kalo mau adopsi


Quote:


bener banget sih gan kalo ini! kalo ada virus yang nyebar kan berabe
menurut ane sih di periksain dulu ajaa, apa dia sehat atau enggak. sama di mandiin yang pasti!
yang wajib pertama menurut ane bawa ke dokter hewan sihya, namanya kucing liar dari luar kita gatau tadinya mereka gimana
tetep aja bandel hahahaha


Quote:


Betul gannnnn dan walaupun udah disediain tempat tp ttp sukanya sembarangan
Tapi rata2 stray cats itu emg susah utk di didik gan krn udah kebiasaan suka ngubek2 sampah alias jorok
Ane sih cukup liat aja soalnya alergi bulu kucing wkwkwk
Nice info gan, jadi tau tips-tipsnya
gada dokter hewan di daerah rumah ane, gimana dong
ane punya kucing jalanan di rumah, dan menurut ane lucu banget sih jadi punya temen main, daripada beli kan ya lumayan wkwkwk emoticon-Big Grin
pengennn bgt adopsi kucing liar, apalagi selama ini org cuma mau adopsi ras aja dan jijik sama kucing domestik emoticon-Frown kasiaannn, tp gabisa pelihara huhu ga dpt ijin
ane engga punya kucing sih tapi bisa di bilang itu kucing ane karena hampir tiap hari ada di rumah ane, kucing dome, ane ga pernah kasih masuk, jarang-jarang tapi sering ane kasih makan, mau ngayap ya ngayap aja sebebas nya emoticon-Ngakak
Joroknya itu yang bikin males gan, beberapa hari yang lalu orang rumah ada yang bawa pulang kucing liar, di pelihara di rumah, udah dikasih tempat juga buat bab, namun ya tetep aja dia masih sembarangan ketika bab dan malah bikin ribet jadinya.
nah perlu siap2 ini lah yaaaa... nice.. informasi yang bagus nih buat dibacaaa... nice bangettt... threadnyaaa kerennn... boleh nih sering2 bagi2 thread kaya gini... keren abissss... ditunggu yes gan thread2 lainnya...
Kucing q tempat persembunyinya dibelakang kulkas, mungkin hangat kali yah emoticon-Malu
untung kucingnya masih kecil kalau gede pasti ngk muat tuh emoticon-Ngakak (S)
oalah

bgtu toh persiapanya emoticon-Belgia
Pengalaman nih pernah nolong mpus di got, sekarang jadi temen maen trus suka ngikut ke mana2, paling parah ya ngikut ane kuliah emoticon-Cape d...
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di