alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Kenapa Paper Cut Terasa Sangat Sakit? Ini Penjelasannya Menurut Sains!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc0f3d0b8408861dd18b440/kenapa-paper-cut-terasa-sangat-sakit-ini-penjelasannya-menurut-sains

Kenapa Paper Cut Terasa Sangat Sakit? Ini Penjelasannya Menurut Sains!

Kenapa Paper Cut Terasa Sangat Sakit? Ini Penjelasannya Menurut Sains!

Enak-enak membolak-balik halaman buku, tiba-tiba “srak!”. Aw! Kertas menyobek kulit, cairan merah segera keluar dari ujung jari. Secara instan, rasa sakit pun mulai merebak. Inilah yang disebut dengan paper cut.

Sebenarnya luka yang ditimbulkan paper cut tergolong kecil, tetapi rasa sakitnya luar biasa. Pernahkah kamu bertanya-tanya kenapa bisa seperti itu? Padahal penyebab luka hanyalah secarik kertas, bukan silet ataupun pisau. 

Ingin tahu apa yang menyebabkan paper cut terasa sakit hingga berhari-hari? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

1. Ada banyak ujung saraf di jari kitaKenapa Paper Cut Terasa Sangat Sakit? Ini Penjelasannya Menurut Sains!
Alasan pertama kenapa paper cut menyakitkan adalah karena ada lebih dari 2.500 ujung saraf di sana. Bukan hanya itu, jarak antara setiap saraf pun berdekatan sehingga reaksi yang ditimbulkan pun signifikan. 

“Ujung jari adalah bagaimana kita mengeksplor dunia, bagaimana kita melakukan tugas-tugas kecil. Jadi masuk akal jika kita memiliki banyak ujung saraf di sana. Hal ini bekerja seperti mekanisme keamanan,” kata Hayley Goldbach, ahli dermatologi dari University of California, Los Angeles kepada BBC.

2. Luka yang ditimbulkan akan terbuka berhari-hariKenapa Paper Cut Terasa Sangat Sakit? Ini Penjelasannya Menurut Sains!
Pada umumnya, luka yang ditimbulkan oleh goresan kertas tidak dalam sehingga tidak mengeluarkan banyak darah. Ada kabar baik dan buruk tentang hal ini. Kabar baiknya, luka tersebut tidaklah parah dan membuat kita ketakutan.

Kabar buruknya, sistem saraf yang terluka akan terus terekspos hingga beberapa hari. Kenapa demikian? Dilansir dari Scientific American, hal ini terjadi karena tidak ada penggumpalan darah yang bisa membantu menutupinya. Alhasil, ketika tersentuh, luka tersebut pun terasa sakit.

3. Luka paper cut sebenarnya tidak beraturanKenapa Paper Cut Terasa Sangat Sakit? Ini Penjelasannya Menurut Sains!
Jika dilihat sekilas, luka yang ditimbulkan paper cut terlihat bersih. Namun nyatanya tidak. Paper cut akan menghasilkan luka yang tidak beraturan. Bagaimana bisa? Ternyata jika diperbesar, ujung kertas memiliki permukaan yang bergerigi, mirip seperti gergaji. Maka, tak heran jika rasa sakitnya pun lebih besar daripada saat teriris pisau. 

4. Bahan kimia dari kertas akan menginfeksi lukaKenapa Paper Cut Terasa Sangat Sakit? Ini Penjelasannya Menurut Sains!
Tahukah kamu apa bahan yang diperlukan untuk membuat kertas? Di antaranya adalah kayu dan bahan kimia. Keduanya ketika masuk ke dalam jaringan yang terbuka akan menyebabkan rasa sakit dan bahkan iritasi. Terlebih lagi, kondisi luka yang terus terbuka membuatnya mudah terekspos oleh bakteri dan partikel asing lainnya. 

5. Kita terus memerhatikan luka tersebutKenapa Paper Cut Terasa Sangat Sakit? Ini Penjelasannya Menurut Sains!
Jari adalah bagian tubuh yang sangat sering kita gunakan. Itulah kenapa kita lebih sering memerhatikannya, terlebih jika sedang ada luka. Respons tubuh selanjutnya adalah menghindarkan luka tersebut dari apa pun yang mengancamnya. 

Tak hanya itu, kita juga masih harus menggunakan organ gerak tersebut untuk beraktivitas sehari-hari. Ketika melakukannya, kulit kita akan tertarik dan tertekan sehingga menunda proses penyembuhan.

6. Bagaimana jika paper cut terjadi di bagian tubuh lainnya?Kenapa Paper Cut Terasa Sangat Sakit? Ini Penjelasannya Menurut Sains!
Pernahkah kamu mengalami paper cut yang bukan di jari? Tentu sangat jarang, kan?

Ketika hal itu terjadi di bagian tubuh lainnya, ada dua kemungkinan. Di tempat yang tidak memiliki banyak saraf seperti perut, lengan, dan punggung, paper cut tidak akan terlalu sakit. Sedangkan pada bibir, area genital, dan telapak kaki yang punya banyak ujung saraf, tentu akan terasa sakit 

7. Cara mengurangi rasa sakit akibat paper cut Kenapa Paper Cut Terasa Sangat Sakit? Ini Penjelasannya Menurut Sains!
Kamu sedang terkena paper cut saat ini? Tenang saja, ada beberapa cara untuk mengurangi rasa sakitnya kok. Pertama, sesaat setelah kulitmu terbuka, segera cuci dengan air bersih. Pastikan semua darah terbasuh dengan baik. 

Kemudian, kamu bisa mengobatinya dengan obat merah atau minyak tradisional. Keduanya baik untuk mempercepat penyembuhan. Terakhir, jangan lupa tutup luka dengan perban atau plester. Cara tersebut ampuh untuk mengurangi gesekan dan tekanan yang akan memperburuk keadaan. 

Jika kamu adalah korban dari paper cut, tak perlu berlebihan menanggapinya, ya! Sugesti dirimu bahwa itu adalah luka kecil, jangan sampai ia menghambat aktivitasmu sehari-hari!


Sumber : https://www.idntimes.com/science/exp...mpaign=network

---



×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di