alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Inspirasi /
buat yang merasa kuliah salah jurusan masuk sini gan!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dc090aa6df231664b01fb4f/buat-yang-merasa-kuliah-salah-jurusan-masuk-sini-gan

buat yang merasa kuliah salah jurusan masuk sini gan!

kasus seperti ini sudah sangat banyak gan di indonesia, menurut ane ada banyak faktor yang mempengaruhi, seperti menuruti mau orang tua, milih jurusan dengan gengsi tinggi seperti kedokteran, teknik dan akutansi, ikut-ikut temen, bahkan supaya bisa satu kampus sama pacar, hehe.

biasanya orang-orang seperti ini hampir bisa dipastikan tidak nyaman dengan kegiatan perkuliahan, karena ketika seseorang tidak berminat dengan suatu topik, dapat dipastikan rasa ingin tahu seseorang terhadap topik tersebut sangat rendah, dan dampaknya menurut ane pengetahuan seseorang tentang topik tersebut akan sangat kurang, jika dibandingkan dengan teman-temannya yang meminati topik tersebut, dan hal ini akan membuat seseorang tersebut merasa minder gan.

Jujur ane sempet ada disituasi ini dulu, ane kuliah jurusan teknik mesin di salah satu PTN, alesan ane memilih jurusan itu dulu supaya bisa tembus SNMPTN dan gak usah repot-repot ikut SBMPTN lagi, soalnya kata salah satu lembaga yang menyedikan jasa simulasi SNMPTN kemungkinan ane lolos  di jurusan itu lumayan besar, dan PTN nya termasuk salah satu PTN favorit, karena dulu ane mikirnya yang penting kuliah di PTN favorit, ane ambil lah pilihan itu, ehh, ternyata lolos gan, padahal beda mesin 2 tak sama 4 tak aja dulu ane belom paham, wkwkwkwk.

dan selama ane kuliah ane sadar banget gan, rasa ingin tahu ane tentang topik-topik kuliah ane sangat kurang banget, dan sempet minder juga sama temen-temen ane yang basic nya dari SMK ataupun yang emang seneng banget sama mesin-mesinan, ya meskipun kuliah di teknik mesin bukan cuma tentang bengkel-bengkelan doang, banyak yang dipelajarin disini, mulai dari  bahas  turbin, kompresor, material, produksi seperti bubut, milling, ataupun konstruksi seperti menghitung tegangan pada poros dan masih banyak lagi lah gan, tapi tetep gak ada yang bikin rasa ingin tahu ane muncul gan, kuliah ya sekedar ngincer nilai bagus doang, asal bisa ngerjain soal dari dosen yang ane gak tau maksud dan esensinya. padahal menurut ane,  untuk para sarjana yang nanti akan turun ke dunia kerja bisa mengerjakan soal doang gak cukup gan.

nah, buat agan-agan yang merasa senasib sama ane, ane mau nyoba ngasih tips gan, bagaimana ane masih bisa bertahan sampai sekarang udah masuk semester 7, doain satu semester lagi lulus gan, hehehe. berikut tips nya gan:

1. Temukan kenyamanan dengan teman-teman satu jurusan agan

buat yang merasa kuliah salah jurusan masuk sini gan!

tips ini sangat berpengaruh sama ane gan, ketika agan-agan merasa nyaman dengan lingkungan pertemanan agan, kecenderungan agan untuk meninggalkan lingkungan tersebut semakin kecil, dulu ane pernah kepikiran buat pindah jurusan, tapi merasa gak siap karena sudah merasa nyaman dengan teman-teman dan lingkungan ane, jadi ane memustukan buat tetap bertahan sampai sekarang gan, hehehe.

2.  Ikuti kegiatan-kegiatan non akadmik dan keorganisasian

buat yang merasa kuliah salah jurusan masuk sini gan!

efek dari kuliah di jurusan yang agan tidak minati kemampuan agan untuk disiplin ilmu tersebut bisa dibilang sedikit kurang, tapi di perkuliahan agan gak cuma bisa belajar hal yang berkaitan dengan disiplin ilmu yang agan ambil, ada banyak hal yang bisa dipelajari di dunia mahasiswa, salah satunya adalah soft skill, shoft skill adalah kemampuan interpersonal dan lebih mengarah pada karakteristik serta bagaimana cara kamu bersikap, berinteraksi, dan berkomunikasi dengan orang lain. menurut ane softskill merupakan imu yang sangat umum dan dapat mudah dipelajari dengan cara banyak berinteraksi dengan orang dan mencoba terjun langsung dalam suatu organisasi, disetiap kampus pasti ada banyak wadah organisasi untuk mahasiswa, mulai tingkat himpunan sampai BEM, UKM dan masih banyak lagi. ilmu-ilmu yang akan agan-agan dapat saat mengikuti kegiatan tersebut seperti, cara berkomunikasi yang baik dengan orang lain, adaptasi, mampu bekerja sama, problem solving, kepemimpinan dan masih banyak lagi. soft skill tentu sangat berguna saat agan akan terjun ke dunia kerja ataupun ketika agan ingin menjadi pengusaha, dengan mengikuti saran ane diatas setidaknya agan-agan punya kemampuan yang bisa ditonjolkan untuk menutupi kurang nya kemampuan agan di disiplin ilmu yang agan pelajari.

3. Orang tua

buat yang merasa kuliah salah jurusan masuk sini gan!

ini juga salah satu yang membuat ane bisa bertahan sampai sekarang gan, dulu orang tua ane udah biayain kuliah ane selama beberapa semester, kalo ane pindah jurusan lagi otomatis orang tua ane harus mengeluarkan biaya lebih gan, dan merepotkan orang tua bukan jadi pilihan ane gan, hehehe.

4. Tangung jawab dengan pilihan yang sudah diambil

buat yang merasa kuliah salah jurusan masuk sini gan!

saat ane milih jurusan dulu, itu atas keinginan ane dan tanpa paksaan siapapun, untuk alasan ane kenapa memilih jurusan yang bukan passion ane sama sekali udah ane jelasin diatas. alasan kenapa ane masih lanjut ya karena rasa tangung jawab dengan pilihan yang sudah ane ambil, menurut ane ketika kita sudah mengambil suatu pilihan ya kita harus selesaikan masalahnya, bahkan ane merasa buat agan-agan yang memilih jurusan kuliah karena faktor ikut-ikut ataupun dipaksa orang lain gak ada alesan untuk menyalahkan orang lain, karena menurut ane pada dasarnya yang bisa membuat pilihan agan sendiri, ketika agan terpengaruh ataupun dipaksa dengan orang lain seperti orang tua, teman atau bahkan pacar, ya menurut ane itu salah agan, kenapa bisa terpengaruh dan mau dipaksa mengikuti orang-orang disekitar agan, bukannya memilih mengikuti kata hati agan, hehehehe, mungkin yang bermasalahnya dengan orang tua agan bisa jelasin baik-baik dan jelasin argumen agan, tapi ya beda kasus sama agan-agan yang bener-bener dipaksa orang tua, buat kasus ini mungkin tips-tips dinomor sebelumnya bisa jadi solusi.

mungkin segini dulu gan tips dari ane,disini ane gak nyoba untuk mengarahkan agan-agan yang udah salah jurusan untuk tetap bertahan, tapi buat agan-agan yang masih bimbang tips-tips diatas bisa jadi solusi, toh kalo agan mau pindah ke jurusan yang agan minati juga gak salah, justru sangat bagus buat agan sendiri kedepannya, balik lagi gan, pilihan ada di tangan agan sendiri, dan yang agan harus ingat, di setiap pilihan pasti ada konsekuensi dan agan harus siap menanggung apapun konsekuensinya.

kalo ada tips tambahan ataupun argumen lain silahkan tulis dikolom komen gan, kita diskusi bareng aja, semoga bermanfaat gan.

Sumber tulisan:
1.pemikiran sendiri
2.https://www.quipper.com/id/blog/tips-trick/soft-skill-wajib-demi-masa-depan/





×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di