CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Komodo, Jejak Purba yang Istimewa
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5db784b228c991358b47dac0/komodo-jejak-purba-yang-istimewa

Komodo, Jejak Purba yang Istimewa

Komodoku sayang komodoku mahal


Komodo, Jejak Purba yang Istimewa



Assalamualaikum Agan ganteng dan Sista cantik ...


Ketemu sama ane, emak cantik pada masanya. Emak kerjaan cuma di rumah aja, sesekali pengin piknik. Buka list tujuan wisata, salah satunya ke Pulau Komodo. Eh, baca berita katanya biaya wisata ke sana mahal. Udah gitu jadi wisata eksklusif. Duh, baru kepengin kesana udah gagal duluan. Budgetnya lumayan mencekik.


Komodo, Jejak Purba yang Istimewa
Sumber : Google


Mengapa bisa begitu ya ....
Pulau Komodo merupakan habitat asli satwa Komodo ( varanus komodoensis ). Pulau yang terletak di kepulauan Nusa Tenggara, tepatnya di sebelah timur Pulau Sumbawa dan dipisahkan oleh selat yang bernama Selat Sape. Secara administratif, pulau ini masuk wilayah kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (Wikipedia.com). Pulau ini masuk dalam jajaran salah satu Taman Nasional. Keren ya, Gansist.


Hebatnya lagi nih, ya, pada tahun 1991 Pulau komodo termasuk dalam salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Dilanjutkan pada tahun 2012 dinobatkan sebagai salah satu New 7 Wonders.


Sebagai warga negara Indonesia bangga dong ya, salah satu wilayahnya masuk dalam 7 keajaiban dunia. Pulau Komodo tenar seantero dunia. Sebagai salah satu satwa yang dilindungi, Komodo di habitat aslinya sangat dijaga oleh warga setempat. Sehingga Pulau Komodo menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik. Selain menikmati keindahan alam di pulau tersebut, banyak juga edukasi yang kita dapatkan.


Komodo, Jejak Purba yang Istimewa
Sumber : Tribunnews.com


Akan tetapi baru-baru ini pemerintah melalui Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat menyatakan bahwa pulau komodo menjadi salah satu wisata ekslusif pada Januari 2020 dan menjadi wilayah tertutup ( Tempo, 29/3/2019). Tentu saja dibarengi dengan harga tiket wisata yang fantastis. Seketika jiwa ane menjerit Gansist. Belum kesana sudah kaget duluan lihat berapa biaya untuk 1 orang, yang mencapai nominal 14 juta per kepala.


Sebenarnya apa sih tujuan pemerintah menaikan harga tiket wisata semahal itu, dan pemberian status ekslusif untuk Pulau Komodo? Bukankan dengan biaya yang murah justru menarik banyak minat wisatawan untuk kesana, sehingga pemasukan untuk daerah lebih banyak?


Ada beberapa poin yang menurut ane menjadi sebab pulau komodo menjadi wisata ekslusif, diantaranya adalah :


1. Komodo termasuk satwa langka dan dilindungi
Komodo termasuk binatang purba yang keberadaannya mulai langka, habitatnya pun tidak rata pada tiap wilayah, hanya pada wilayah tertentu saja, salah satunya adalah di Pulau Komodo, oleh sebab itu patut diperlakukan sebagai satwa yang istimewa.


Komodo, Jejak Purba yang Istimewa
Sumber : idntimes.com


2. Habitat komodo terancam
Semakin banyak jumlah wisatawan, akan semakin banyak yang mengunjungi pulau Komodo. Dengan semakin banyaknya manusia yang datang ke habitat asli Komodo, maka keberadaan Komodo akan terancam dan tergantikan dengan manusia.


Komodo, Jejak Purba yang Istimewa
Sumber : journal.momotrip.co.id


3. Penyelundupan komodo ke luar negeri
Adanya penyelundupan bayi Komodo yang diungkapkan oleh Polda Jatim, ke luar negeri dengan harga Rp. 500 juta per ekor ( kompas.com ). Angka yang fantastis dan menggiurkan. Hal ini akan berdampak berkurangnya populasi Komodo di habitat aslinya.


Komodo, Jejak Purba yang Istimewa
Sumber : tempo.com


4. Perburuan liar
Kawasan pulau komodo masih alami, alam beserta suaka margasatwanya hidup berdampingan. Tetapi bukan tidak mungkin ada perburuan liar hewan yang menjadi sumber makanan utama bagi Komodo, terutama rusa. Menurut Viktor Laiskodat, populasi rusa menurun sehingga Komodo kekurangan pangan dan saling memangsa satu sama lain. Hal ini jelas berpengaruh terhadap populasi Komodo itu juga.


Komodo, Jejak Purba yang Istimewa
Sumber : the-scientist.com


Melihat banyaknya alasan yang menjadi sebab, ane sangat setuju jika Pulau Komodo menjadi tempat wisata eksklusif, kawasan tertutup dan dengan harga tiket yang mahal.

Dengan hal ini diharapkan keberadaan Komodo sebagai hewan yang dilindungi lebih aman, habitat alami tetap terjaga dan warga asli pulau tersebut juga dapat hidup nyaman tanpa banyaknya pihak luar yang mencampuri. Tentu saja, mahalnya tiket juga akan mempengaruhi perekonomian warga asli Pulau Komo
do.

Cukup sekian coretan kecil dari ane, jika bermanfaat silahkan ambil. Terima kasih dan bye ... bye ....


emoticon-Big Kissemoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh VitaArkana
Halaman 1 dari 2
Atur aja deh gan.. kalau itu demi kebaikan kita bersama...

emoticon-Mewek
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Quote:


Bener banget Kak. Semoga untuk kebaikan bersama
profile-picture
cor7 memberi reputasi
asal demi kebaikan bersama dan tidak disalahgunakan sih oke oke saja kalau dijadikan eksklusif
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Quote:


Betul, manfaatnya juga dirasakan warga sana juga
profile-picture
raveta memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Tidak digunakan untuk kepentingan pribadi sih,
tapi lebih ke kepentingan masyarakat indonesia
sayang hlo, jarang2 negara punya hewan pra sejarah
kerennnn ini mah
emoticon-Betty emoticon-Betty emoticon-Jempol
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
sekarang liburan kesana jadi mahal ya gan
tapi urusan konservasi komodo sih bagus sebenarnya, semoga ada solus alternatif lain
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Quote:


Setuju banget, satwa purba nan istimewa komodo itu, cuma serem aja bentuknya sih
Quote:


Iya gan. Katanya pulau terdekat Pulau Komodo, pulau rinca masih bisa dikunjungi. Mungkin tarif nya masih normal
Balasan post VitaArkana
Quote:


iya semoga saja manfaat nya bisa dirasakan untuk kebaikan warga disana
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Untung tuh hewan purba ninggalin jejak di Indo yak, coba kalo di Dubai, biaya masuknya bukan 14 juta kali emoticon-Cape deeehh
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Quote:


Bisa berkali-kali nya 14 juta Kak
Save Komodo.
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Demi melihat komodo, mahal tak masalah emoticon-nyantai
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Quote:


Amankan emoticon-Recommended Seller
profile-picture
AdelineNordica memberi reputasi
Quote:


Iya lah, kan ga tiap minggu juga kesana, sekali-kali mehong gak apa-apa
Quote:


emoticon-Angpauemoticon-Angpau
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
kemaren tuh ya pas ipen ini, pada up semua cerita komodo

sampe kenawa mimpi aduh ah sereemmm ha ha a
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Quote:


Berasa main film Jurassic Park yaaa
Quote:


Ini emot nya imut banget
Gambar no 3 itu komodo apa nyambek?
Selamat pagi, mak
profile-picture
VitaArkana memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di